khaosan road tempat backpacker bangkok

Tempat Backpacker Bangkok Khaosan Road – Pengalaman Jalan Jalan. Jika kamu berlibur ke bangkok, kamu pasti akan mendengar yang namanya Khaosan Road. Yup, ketika ke bangkok mengunjungi Khaosan Road adalah suatu keharusan dan merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Khaosan Road adalah suatu area di pusat kota bangkok yang populer bagi para backpacker. Di sini kamu akan bertemu banyak backpackers muda mudi yang berasal dari berbagai belahan dunia, termasuknya dari indonesia salah satunya seperti saya 🙂

Banyak sekali yang bisa kamu jumpai disini. Di jalan yang hanya 1 km panjangnya ini di penuhi oleh pub pub, penginapan penginapan murah, warung warung makan, restoran, penjual suvenir, pedagang pedangan kaki lima, street food, tempat tempat pijat dan banyak lagi yang membaur jadi satu dengan harga harga yang murah murah di banding area lainnya di bangkok. Jika kamu ingin mencari Suvenir kamu tidak perlu kemana mana cukup di sini semuanya ada dan lengkap.

suvernir di khaosan road turis sedang memberli
Salah satu Suvenir yang ada di Khaosan Road / © indobritpedia.com

Untuk makanan kamu bisa dapatkan menu makanan terkenal dari thailand seperti pad thai yang di jual oleh pedagang pedangang kaki lima di sekitar Khaosan Road dengan harga sekitar 35 ribuan. Lalu ada beraneka minuman jus buah, jagung bakar, ayam bakar, seafood bakar, jamur bakar, dan banyak lagi.

pad thai sepiring
Pad thai / Via flickr / Zorg Lin

Namun bukan Khaosan Road bangkok ya jika di sana tidak ada sesuatu yang aneh yang bisa di temui. Disini kamu bisa jumpai pedagang kaki lima yang menjual dari berbagai macam serangga yang menurut saya menggelikan sekali untuk di makan. Jika kamu suka dengan makanan aneh dan menantang, kamu bisa coba serangga serangga ini.

makanan serangga di khaosan road
Berbagai macam jenis serangga / © indobritpedia.com

Serangga serangga ini seperti kalajengking hitam, beberapa jenis ulat, kecoa, cicak, laba laba, walang, baby frog dan banyak jenis serangga lainnya yang saya tidak tahu namanya. Mereka semua sudah matang dan masih dalam keadaan utuh dan di siap di santap. Berani coba ???😂

makanan ekstrim kalajengking
Kalajengking hitam berani coba? / © indobritpedia.com

Dan baru baru ini pas kemarin saya ke bangkok lagi, di sana ada abang muda jual makanan yang lebih extrim lagi yaitu “Buaya Panggang” Pernah makan buaya panggang?? What ? Yes kamu bisa temui di Khaosan Road juga 😂. Mungkin jika kita menemukan buaya panggang yang sudah di potong potong dalam satu wadah, mungkin agak sedikit normal ya tidak menggelikan, namun yang di Khaosan Road ini buayanya masih utuh dan hanya dalaman dan kulit saja yang sudah di kelotok.

buaya panggang khaosan road
Buaya asli lho ya / © indobritpedia.com

Buaya ini di gantung di depan gerobak dengan mulut yang menganga dengan gigi gigi taring sampai buntutnya masih ada. Kalau di kira kira ukuran buaya sekitar 2 meteran lebih. Dan ini otomatis mengundang para pejalan kaki atau pengunjung untuk melihatnya lebih dekat. Buayanya ini belum dimasak ya, jadi jika kamu ingin membelinya pedagangnya langsung mengambil bagian dari dagingnya lalu di panggang langsung di situ. Harga sekitar 300 Baht, kalau di rupiah sekitar 140 ribuan.

Dan untuk penginapan di Khaosan Road fasilitas bermacam macam seperti dorm, guest house, hotel bintang 1 sampe bintang 3 dengan fasiltas kolam renang. Saya sendiri sudah pernah 2 kali tinggal di daerah Khaosan Road saat mengunjungi bangkok. Pertama saya tinggal di hotel namanya “Khaosan Palace Hotel.” Lokasinya pas banget di jalan Khaosan itu. Kamar saya ternyata tepat di samping jalannya dimana letak pub pub dengan musik keras berada.

Dan musik musik keras ini mulai di mainkan sekitar jam 6 sore dan berlangsung hingga jam 1 malam. Saya agak nyesel sebenarnya tinggal di penginapan ini karena saya harus menunggu jam 1 malam untuk bisa tidur karena musik pub yang bisa terdengar keras dari kamar saya.

Semakin malam keadaan Khaosan Road semakin gila dan ramai yang di penuhi oleh para muda mudi backpackers yang sedang hangout menikmati malam mereka.

khaosan malam hari ramai ppengunjung
Keadaan Khaosan Road malam hari penuh sesak backpacker anak anak muda / © indobritpedia.com

Pagi hari saya pergi sarapan di lobby hotel dengan harga sekitar 70 ribu bisa makan apa saja. Setelah itu saya langsung menuju ke kolam renangnya dan little kafe yang terletak di rooftop untuk bersantai dan tiduran. At least kolam renang dan rooftopnya bagus dan relaxing dengan pemandangan indah kota bangkok walaupun malamnya kurang tidur 😐.

hotel di khaosan road kfasilitas kolam renang
Area Rooftop Hotel / © indobritpedia.com

Saat siang hari, keadaan sekitar hotel dan Khoasan Road lebih sepi dan normal normal saja karena pub dan toko toko tutup di malam hari menjelang pagi. Siang hari Khaosad Road di penuhi oleh kendaraan yang melewatinya. Beberapa bar dan restoran masih buka siang hari namun tanpa musik yang keras.

Dan penjual suvenir dan pedagang kaki lima kebanyakan baru akan menggelar dagangan mereka sekitar jam 4 sorean di tepi jalan Khaosan roadnya. So di Khaosan Road antara siang dan malam hari keadaannya sangat berbeda guys. Jadi jika kamu ingin mengunjungi Khaosan Road, sorean lebih bagus karena semua penjual sudah buka dan mulai ramai.

khaosan road siang hari
Keadaan Khaosan Road di siang hari / © indobritpedia.com

Dan penginapan kedua saya saat itu saya tinggal di D&D Inn. Lokasi kamar kamar hotel bintang 3 ini lebih mending dan sepi di banding Khaosan Palace. Lokasinya tepat di Khaosan road, namun lokasi hotel kamar kamarnya agak masuk jadi bukan langsung di tepi jalan Khaosannya seperti hotel sebelumnya. Di penginapan ini tidak terdengar musik sama sekali, namun hanya sedikit suara orang orang saja. Buat saya tidak masalah.

Namun jika kamu ingin cari penginapan murah namun yang tidak begitu bising, mending cari penginapan yang sedikit minggir dari Khaosan Roadnya. Mungkin dekat dekat khaosan Road bukan tepat di Khaosan Roadnya. Untuk penginapan hotel 3 ini saya bayar sekitar 350.000 per malam dengan fasilitas kolam renang dengan ukuran yang cukup lebar guys. So jika kamu sedang mencari hotel murah untuk tinggal di bangkok, Khaosan Road adalah pilihan yang tepat.

Di sekitar Khaosan Road kamu bisa temui banyak tuk tuk, taxi yang siap mengantarkan kamu kemanapun kamu mau pergi . Saran mending jangan naik tuk tuk karena mereka menerapkan harga seenak mereka dan drive like crazy di jalan raya. Saat saya di sana saya selalu menggunakan Grab lebih enak dan nyaman.

tuk tuk di khaosan di siang hari
Tuk Tuk di khaosan Road / Via Flickr / Ken Marshall

Sekitar 6 kali saya naik Grab tidak pernah ada masalah dan bisa bayar cash atau kredit card. Gampangnya jika kamu mau naik Grab, kamu berdiri di tepi jalan raya dan set lokasi di situ. Saat itu Grab yang saya tumpangi, lokasi mereka selalu sedang berada di jalan raya yang hanya beberapa meter saja dari saya. So sangat nyaman dan mudah

Di sekitar Khaosan Road terdapat banyak tempat tempat wisata utama di bangkok yang wajib di kunjungi. Beberapa dari mereka bisa di tempuh dengan berjalan kaki saja. Tempat wisata yang dekat Khaosan Road adalah seperti The Emerald Buddha dan Grand Palace yang lokasinya gabung jadi satu tempat. Jarak hanya sekitar 15 menit berjalan kaki tergantung berapa lama kamu berjalan. Kalau saya cewek hanya sekitar 15 menit saja.

the emerald buddha bangkok yang indah
The Emerald Buddha hanya berjalan kaki dari Khaosan Road / © indobritpedia.com

Karena saking populernya dua tempat wisata ini, banyak sekali pengunjung saat itu sampai sampai harus berdesak desakan untuk menjelajahinya walaupun areanya cukup lebar. Jadi saat itu saya kurang mengeksplor dan menikmatinya di tambah panasnya matahari yang sangat menyengat. Jadi saya hanya sekitar setengah jam di sana dan langsung menuju ke Wat Pho.

grand palace bangkok thailand
Grand Palace bersebelahan dengan The Emerald Buddha / © indobritpedia.com

Kuil What Pho juga dikenal dengan buddha berbaringnya yang hanya 10 menit berjalan kaki dari Grand Palace. Disini keadaannya jauh berbeda dengan Grand palace dan Emerald Buddha. Di sekitar kuil Wat Pho ini keadaannya lebih tenang, tidak banyak pengunjung, dan adem. Jadi bisa leluasa mengambil photo dan mengeksplor area kuil dengan santai.

Itu adalah salah satu contoh tempat tempat wisata yang dekat dengan Khaosan Road. Dan ada banyak kuil kuil ukuran lebih kecil lainnya yang hanya bisa di tempuh berjalan kaki saja dari Khaosan Road. Jadi tinggal di Khaosan Road bukan hanya serba murah, namun manfaat lainnya juga dekat dengan tempat tempat wisata utama di bangkok yang hanya di tempuh dengan berjalan kaki tanpa perlu ribet naik kereta, atau taxi.

wat pho buddha perbaring kuil
Wat pho atau di kenal Buddha Berbaring / © indobritpedia.com

Perlu di ingat ya guys, jika kalian mau melakukaan visiting kuil kuil ini, kamu harus memakai baju yang sopan. Seperti untuk wanita rok minimal sampai lutut, dada tertutup dan lengan tidak melihatkan pundak. Dan laki laki celana panjang atau pendek dan atasan kemeja panjang atau pendek.

Jika tidak memakai baju sopan, mereka tidak akan memperbolehkan masuk dan tidak ada tawar menawar di sana. Namun beberapa tempat biasanya menyediakan kain untuk menutupinya. Namun banyak dari kuil kuil ini, kamu harus membeli kain tersebut untuk menutupinya bukan untuk di pinjamkan.

dress code memasuki kuil di bangkok
Peraturan memasuki salah satu kuil di bangkok dekat dengan Khaosan Road / © indobritpedia.com

Saat saya jalan jalan melihat lihat sekitar daerah Khaosan Road, kira kira 15 menit away, saya menemukan kafe yang tidak biasa. Kafe kecil ini adalah Kitty Cat Kafe yang di penuhi oleh kucing kucing yang imut imut dan lucu lucu. Waktu itu pas gerimis so saya masuk saja dan bermain dengan kucing kucing ini.

Sekitar 25 an kucing yang nunggu di kafe ini. Kamu cukup beli minum saja dan kamu boleh bermain dengan mereka. Kamu juga bisa beli cat treat di kafe ini dan kasihkan ke mereka. Pada saat itu kafe ini kosong hanya saya saja pengunjung saat itu so saya bisa leluasa hehe.

kafe kucing penuh dengan kucing kucing
Kucing kucing yang manis dan gemesin siap bermain dengan kamu 😍 / © indobritpedia.com

Di Khaosan Road tidak ada skytrain seperti area area pusat kota bangkok lainnya. Jadi untuk kemana mana kamu harus naik taxi atau tuk tuk atau Grab. Dan naik bis bila kamu sudah hafal jalanan kota bangkok. Namun beruntung di dekat tempat backpacker bangkok Khaosan Road ini terdapat dermaga yang terletak di sungai Chao Phraya yang hanya 800 meter atau 10 menit berjalan kaki dari Khaosan Road.

phra arthit pier bangkok dermaga dekat khaosan road
Phra Arthit Pier / © indobritpedia.com

Dari dermaga ini terdapat perahu perahu yang menuju ke sebuah dermaga yang terdapat skytrain yang bisa kamu naiki untuk keliling kota bangkok dengan lebih mudah dan murah. Nama dermaga dekat Khaosan Road adalah dermaga Phra Arthit. Dari dermaga Phra Arthit ini kamu tinggal beli tiket Chao Phraya Express Boat menuju ke Sathorn Pier. Dari dermaga Sathorn terdapat stasiun kereta Saphan Taksin yang bisa di tempuh beberapa menit berjalan kaki saja. Nah dari sini kamu bisa mulai bisa menggunakan skytrain keliling kota bangkok dengan lebih mudah.

Saphan Taksin station, BTS Skytrain / Via Flickr / David McKelvey

Dengan mengarungi Sungai, kita pun juga bisa melihat lihat galeri yang ada di tepian sungai Chao phraya kota bangkok. Dan juga kamu bisa melihat perahu perahu berbagai model wisatawan yang lalu lalang di sungai yang lebar dan sibuk ini. Bentuk mereka berbeda beda dan unik. Lebih bagus saat malam hari karena perahu atau kapal menyalakan lampu hias mereka yang gemerlap.

perahu turis di bangkok sungai chao phraya
Perahu perahu wisatawan di sungai Chao Phraya / © indobritpedia.com

Selain itu, dari dermaga Phra Arthit kamu bisa keliling tempat tempat wisata di bangkok yang terletak di tepi sungai Chao Phraya dengan menggunakan Express Boat. Kamu tinggal beli saja tiket menuju tempat wisata yang kamu inginkan. Pembelian tiket masih dengan cara manual, jadi kamu perlu ke desk dan bilang kepada petugas di sana.

Tempat tempat wisata itu seperti kuil Wat Arun, Wat Pho dan Grand Palace jika kamu tidak menempuhnya dengan berjalan kaki. Lalu ada China Town, Asiatique, Flower Market, Wang Lang Market, Museum Siam dan banyak lagi.

naik perahu wisata di bangkok
Di atas Chao Phraya Express Boat menuju ke tempat tempat wisata sekitar sungai Chao Phraya / © indobritpedia.com

Pada saat saya mencari lokasi dermaga Phra Arthit ini ternyata sedikit membingungkan guys. Lorong kecil yang saya kira hanya tempat para penjual suvenir, ternyata adalah lorong untuk menuju ke dermaganya. Saya sampai harus tanya orang di sana padahal saya berdiri tepat di depat lorong menuju dermaga itu 😂. Ikuti saja arah google guys, dan lihat atas ada tulisan arah menuju ke dermaga yang berada depan lorong kecil itu tepatnya bersebelahan dengan travel agent.

Tempat Backpacker Bangkok Khaosan Road – Pengalaman Jalan Jalan