Kompleks kuil Wat Pho / © Indobritpedia.com

Tempat Wisata Bangkok Thailand, Kuil Budha Wat Pho Wajib Di Kunjungi. Pertama memasuki aula yang di huni oleh sebuah patung tokoh budha ini, kamu akan terpana dengan sosok patung emas yang berbaring hampir memenuhi ruangan yang cukup lebar. Ukurannya yang luar biasa besar ini bahkan hampir tidak bisa di ambil photo secara keseluruhan.

Adalah kuil Wat Pho yang di kenal dengan kuil budha berbaring yang letaknya di kota bangkok yang hanya 10 menit berjalan kaki dari Grand Palace. Total panjang patung ini adalah 46 meter membujur dari sisi aula ke sisi yang lainnya dengan tinggi 15 meter dengan bagian kepala hampir menyentuh atap plafon. Dengan ukuran yang sangat menakjubkan ini, patung budha berbaring ini di nobatkan sebagai patung budha terbesar yang ada di negara gajah putih thailand ini.
Patung budha berbaring dengan panjang 46 meter / © Indobritpedia.com

Adalah kuil Wat Pho yang di kenal dengan kuil budha berbaring yang letaknya di kota bangkok yang hanya 10 menit berjalan kaki dari Grand Palace. Total panjang patung ini adalah 46 meter membujur dari sisi aula ke sisi yang lainnya dengan tinggi 15 meter dengan bagian kepala hampir menyentuh atap plafon. Dengan ukuran yang sangat menakjubkan ini, patung budha berbaring ini di nobatkan sebagai patung budha terbesar yang ada di negeri gajah putih thailand.

Adalah kuil Wat Pho yang di kenal dengan kuil budha berbaring yang letaknya di kota bangkok yang hanya 10 menit berjalan kaki dari Grand Palace. Total panjang patung ini adalah 46 meter membujur dari sisi aula ke sisi yang lainnya dengan tinggi 15 meter dengan bagian kepala hampir menyentuh atap plafon. Dengan ukuran yang sangat menakjubkan ini, patung budha berbaring ini di nobatkan sebagai patung budha terbesar yang ada di negara gajah putih thailand ini.
Patung budha dengan tinggi 15 meter / © Indobritpedia.com

Posisinya, Ia berbaring dengan lengan kanan menopang kepalanya dan kedua kaki membujur miring merapat bersama dengan lebar telapak kaki 3 meter dan panjang telapak kaki 4,5 meter. Di kedua telapak kaki budha terdapat simbol simbol keberuntungan yang masing masing di dalam panel panel dengan jumlah 100 lebih. Dan di setiap telapak kaki tengah terdapat lingkaran yang mewakili chakra atau titik energi.

osisinya, ia berbaring dengan lengan kanan menopang kepalanya dan kedua kaki membujur miring merapat bersama, dengan lebar telapak kaki 3 meter dan panjang telapak kaki 4,5 meter yang bertahtakan mutiara. Di kedua telapak kaki budha terdapat simbol simbol keberuntungan yang masing masing di dalam panel panel dengan jumlah 100 lebih. Dan di setiap telapak kaki tengah terdapat lingkaran yang mewakili chakra atau titik energi.
Telapak kaki patung budha dengan lebar 3 meter dan panjang 4,5 meter / © Indobritpedia.com

Masih di dalam aula itu, selain patung raksasa ini, terdapat mangkuk mangkuk yang terbuat dari perunggu dengan total jumlah 108 yang terletak di belakang patung emas budha berbaring di koridor yang berjejer hampir ke pintu keluar. Para pengujung bisa memasukan koin koin ke dalam mangkuk mangkuk itu yang diyakini membawa keberuntungan.

Koin koin itu para pengunjung bisa memperolehnya dari seorang petugas yang duduk tidak jauh dari mangkuk mangkuk itu dengan cara membelinya. Dengan cara kita membeli koin koin ini kita juga bisa membantu para biksu untuk menjaga kuil tersebut.
Mangkuk mangkuk perunggu / © Indobritpedia.com

Koin koin itu para pengunjung bisa memperolehnya dari seorang petugas yang duduk tidak jauh dari mangkuk mangkuk itu dengan cara membelinya. Dengan cara kita membeli koin koin ini kita pun bisa membantu para biksu untuk menjaga kuil tersebut.

Dan sebelum kita memasuki aula yang terdapat patung berbaring ini, kita akan di suguhkan dengan komplek kuil yang menakjubkan indahnya di mana banyak sekali bangunan bangunan menyerupai stupa dengan berbagai ukuran dan bangunan bangunan yang di jadikan aula untuk berbagai kegunaan.

bangunan kuil di wat pho
Salah satu bangunan di kompleks kuil / © Indobritpedia.com

Perlu di ketahui bahwa komplek kuil telah di renovasi dan di perluas secara besar besaran oleh raja Rama III termasuk patung budha berbaring itu pada tahun 1832 dengan total memakan waktu 16 tahun lebih untuk menyelesaikannya.

kompleks kuil wat po bangkok
Kompleks kuil / © Indobritpedia.com

Bukan hanya memperluas dan merenovasi kuil, raja Rama III juga membangun komplek kuil Wat Pho sebagai pusat pendidikan pertama yang ada di thailand seperti pendidikan agama budha, peribahasa, adat istiadat, sejarah, leksikografi dan banyak lagi. Serta mendekorasi dinding dinding kuil dengan ilustrasi marmer dan prasasti prasati untuk berbagai mata pelajaran dan ini sudah di akui oleh UNESCO sebagai program memori dunia. Pengajaran medis seperti obat obatan tradisional dan pijat tradisional thailand yang masih di praktekan dan di ajarkan di kuil Wat Pho. Dan ternyata dari sinilah awal mula tempat lahirnya pijat tradisional thailand yang terkenal itu.

Dalam bahasa thailand bangunan seperti stupa ini namanya Phra Chedi Rai. Di dalam puluhan Phra Chedi Rai yang berukuran lebih kecil ini terdapat abu anggota keluarga kerajaan yang di simpan di dalamnya dan Phra Chedi Rai dengan ukuran lebih besar menyimpan relik relik budha.

dalam aula utama ini terdapat patung budha duduk di tengah di salah satu koridor aula. Patung budha berlapis emas paduan tembaga ini duduk di atas alas emas dan kristal yang bertingkat tiga. Patung budha ini berasal dari jaman Ayutthaya dan di pindahkan ke sini oleh raja Rama I.
Kompleks kuil. Phra Chedi Rai ukuran kecil dan besar / © Indobritpedia.com

Salah satu bangunan indah yang di jadikan aula dengan gaya atap atapnya yang berkilau emas tembaga adalah aula Phra Ubosot ini. Di bangun oleh raja Rama I dengan gaya Ayutthaya dan di perbesar oleh raja rama III dalam gaya Rattanakosin.  Ini adalah bangunan yang paling di sucikan di komplek kuil tersebut dan di gunakan sebagai aula utama untuk melakukan ritual budha.

Di dalam aula utama ini terdapat patung budha duduk di tengah di salah satu koridor aula. Patung budha berlapis emas paduan tembaga ini duduk di atas alas emas dan kristal yang bertingkat tiga. Patung budha ini berasal dari jaman Ayutthaya dan di pindahkan ke sini oleh raja Rama I.

aula di dalam kuil wat pho bangkok
Pada saat ada acara keagamaan di dalam aula Phra Ubosot / © Indobritpedia.com

Dan juga di bawah alas budha terdapat beberapa abu raja Rama I sehingga masyarakat bisa memberikan penghormatan pada saat bersamaan. Kita para pengunjung boleh memasukinya, namun duduklah di lantai dengan tenang karena aula ini adalah tempat suci yang terdapat patung budha dan abu raja Rama I.

Wat Pho juga terkenal sebagai rumah bagi lebih dari seribu patung budha. Jumpai patung patung budha di sekitar kuil dengan jumlah sekitar 400 patung patung budha. Ada 150 patung budha di dalam salah satu aula dan lebih dari 200 berada di sisi luar. Patung budha ini ada yang berdiri dan ada juga yang duduk bersila. Di jejer secara teratur di atas alas berlapiskan emas yang serasi di tepi tembok.

patung di kuil wat pho
Patung budha berjejer di luar aula / © Indobritpedia.com

Wat Pho mempunyai nama resminya Wat Phra Chetuphon Wimon Mangkhalaram Rajwaramahawihan dan kuil ini merupakan salah satu kuil tertua di bangkok bahkan sudah berdiri sebelum kota bangkok dijadikan ibu kota oleh raja Rama I.

Suasana di sekitar kuil Wat Pho begitu tenang dan sepi dan tidak begitu ramai dan padat seperti halnya Grand Palace. Ini di karenakan Grand Palace lebih terkenal di banding Wat Pho. Jadi kita bisa keliling melihat lihat dengan santai.

candi di kuil wat pho bangkok
Kompleks kuil yang tenang / © Indobritpedia.com

Ada hal yang perlu di perhatikan sebelum kita mengunjungi wat pho, yaitu Dress Code yang harus kamu kenakan. Karena Wat Pho adalah kuil budha yang aktif, kita di haruskan memakai pakaian yang sopan. Dress Code itu seperti untuk wanita dengan atasan yang menutup dada dan bahu dengan celana panjang atau rok minimal sampai lutut. Untuk pria, di haruskan memakai celana panjang dan kemeja dengan lengan pendek atau panjang. Serta sepatu yang mudah di lepas karena setiap kali kita ingin memasuki aula aula kuil, kita di haruskan melepaskan sepatu kita.

kompleks kuil wat pho bangkok
Kompleks kuil / © Indobritpedia.com

Jika kamu tinggal di daerah Khaosan road, kamu tinggal berjalan kaki saja menuju ke Wat Pho. Bahkan kamu akan melewati Grand Palace sekaligus. Jadi pergilah pada pagi atau siang hari untuk mengunjungi 2 tempat ini sekaligus karena jam 15.30 Grand Palace sudah tutup dan Wat Pho tutup pada pukul 18.30.

Tempat Wisata Bangkok Thailand, Kuil Budha Wat Pho Wajib Di Kunjungi