Pesona Kuil Wat Arun, Ikon Kota Bangkok |Kuil Terkenal Di Bangkok Thailand
Kuil Wat Arun

Pesona Kuil Wat Arun, Ikon Kota Bangkok |Kuil Terkenal Di Bangkok Thailand. Thailand dengan mayoritas penduduk beragama budha ini, tentu menyimpan banyak kuil kuil budha yang indah yang mempunya nilai sejarah yang tinggi. Ada lebih dari 30 ribu kuil kuil budha yang masih aktif di negara gajah putih ini hingga sekarang dan salah satunya adalah kuil legendaris Wat Arun atau di sebut juga Kuil Fajar.

Kuil Wat Arun letaknya di kota Bangkok tepatnya di tepi sungai Chao Phraya. Dan kuil ini adalah salah satu landmark paling terkenal di Bangkok Thailand dan di sebut juga sebagai ikonnya negara gajah putih itu.

Bentuk dari kuil ini sendiri ditafsirkan sebagai stupa seperti pagoda yang bertahtakan faience yang berwarna warni. Menara menara yang berdiri berwarna putih seperti mutiara ini merupakan kuil paling tinggi di Thailand dengan total tinggi lebih dari 70 meter berdiri kokoh menjulang tinggi.

Menara utama menjuang tinggi / Indobritpedia.com
Menara utama menjuang tinggi / Indobritpedia.com

Keindahan kuil ini sangat mencolok jika di lihat dari tepi sungai Chao Phraya, terutama pada malam hari lampu keemasannya berkilau dan terlihat sangat megah. Apabila pada saat matahari mulai terbenam, menara stupa nan berkilau ini membentuk seluet cakrawala yang sangat menakjubkan.

Wat arun malam hari / Werapat Apirojananan

Terdapat 4 menara berukuran lebih kecil yang berdiri di setiap sudut mengitari menara stupa utama. Kita bisa berjalan naik ke atas dengan tangga di sekitar menara.

Tangga tangga yang curam / Indobritpedia.com

Ada beberapa tangga untuk menuju ke puncak menara stupa namun para pengunjung hanya di perbolehkan sampai di teras menara bawah. Tangga menuju puncak lebih curam dan panjang dan terlihat sangat bahaya untuk di naiki. Dan para pengunjung tidak di perbolehkan untuk naik ke atas.

Tangga curam menuju puncak yang di tutup / Indobritpedia.com

Setelah sampai di atas, kamu bisa berjalan di lorong sempit yang mengitari menara utama ke berbagai sudut sambil mengamati arsitektur arsitektur menara yang imajinatif secara visual secara detail. Dan dari atas ini kita bisa melihat pemandangan cakrawala Bangkok dari berbagai sudut sudut yang berbeda. Salah satunya kita bisa melihat sungai Chao Phraya yang sibuk dengan kapal kapal lalu lalang. Menara menara yang berdiri di setiap sudut pun dari atas terlihat lebih jelas dan terasa dekat.

Sungai chao Phraya di lihat dari kuil / HanHisham

Arsitektur menara yang indah dan unik ini ternyata di hiasi oleh ubin ubin keramik dan serpihan kecil porselen yang berwarna warni. Mozaik porselen berbagai warna mengisi setiap sudut sudut menara, celah dan dinding dinding yang membentuk berbagai macam bentuk yang indah.

Salah satu detail menara yang menakjubkan / Indobritpedia.com

Tidak ketinggalan juga patung patung di sekitar menara dan salah satu patung yang paling menonjol di menara utama adalah 4 patung dewa hindu yang sedang menunggangi gajah putih yang terletak di hampir di puncak menara.

Patung dewa hindu di puncak menara stupa / Indobritpedia.com

Di sekitar menara menara yang menyerupai stupa itu terdapat pula aula aula tempat untuk beristirahat, sembahyang, patung patung budha, patung para prajurit dari tiongkok, gajah dan banyak lagi di sekitarnya.

Setelah menyelusuri kuil, kamu bisa mampir ke area perbelanjaan tepatnya di samping kuil. Di sana para penjual menjual suvenir suvenir dari bangkok atau thailand dengan harga lebih murah di banding di khaosan road lho.

Suvenir / Indobritpedia.com

Kuil ini bukan hanya untuk wisatawan saja untuk di kunjungi, namun Wat Arun adalah kuil yang masih aktif dan di gunakan untuk sembahyang. Jadi jika kamu ingin mengunjunginya, berpakaian lah yang sopan terutama untuk kamu wanita untuk menghormati orang orang setempat yang sedang sembahyang.

Pesona Kuil Wat Arun, Ikon Kota Bangkok \ Kuil Terkenal Di Bangkok Thailand