12 Jenis Produk Skincare Dan Fungsi Nya | Rangkaian Perawatan Wajah

14 Jenis Produk Skincare Dan Fungsi Nya | Rangkaian Perawatan Wajah. Setiap wanita di dunia ini pasti mendambakan kulit yang indah dan sehat. Tentunya ini bisa di peroleh jika kita melakukan rutinitas perawatan kulit secara rutin tiap harinya bukan? Tidak perlu melulu pergi ke salon salon kecantikan yang bisa menguras kantong. Jika kita mau kita bisa mendapatkan kulit sehat itu dari rumah dan dengan produk yang tepat sesuai jenis kulit kamu tentunya. Namun jika kamu di luar sana masih bingung dengan jenis jenis produk skincare apa saja yang di butuhkan, artikel ini cocok untuk kamu baca.

14 Jenis Produk Skincare Dan Fungsi Nya | Rangkaian Perawatan Wajah

1. MAKE UP REMOVER

Untuk memudahkan pembersihan wajah, pertama mulailah dengan menghapus semua make up yang menempel di wajah dengan Make Up Remover.  Dengan menggunakan Make Up Remover ini kita pun bisa terbantu dengan lebih mudah untuk membersihkan wajah sebelum mencuci muka dengan sabun. Ini adalah langkah pertama yang seharusnya di lakukan setiap hari nya. Karena selain untuk membersihkan kulit wajah, Make Up Remover juga membantu membersihkan kotoran, debu yang menempel di kulit setelah aktifitas diluar.

Fase pemulihan kulit di mulai pada malam hari pada saat kita istirahat. Jadi jika kamu tidak membersihkannya setiap malam, kotoran kotoran, bekas bekas make up dan skincare sebelumnya akan menempel dan menyumbat pori pori dan jadilah komedo, jerawat dan bahkan flek hitam pun terbentuk. Maka gunakan lah Make Up Remover agar pembersihan lebih mudah dan maksimal sebelum melakukan langkah selanjutnya.

2. EYE REMOVER

Kulit di sekitar area mata sangatlah sensitive dan tipis. Jika kamu menggunakan eye make up seharusnya gunakanlah Eye Remover sendiri untuk menghilangkan make up yang ada di sekitar mata seperti untuk menghapus  eye liner, eye shadow dan maskara.

Eye Remover di rancang khusus untuk keamanan kulit mata kita yang sensitive dan mempunyai bahan bahan khusus yang aman dan cocok untuk nya. Bahan bahan khusus ini di buat untuk memastikan bahwa mikroorganisme yang berbahaya tidak tumbuh dan berkembangbiak. Gunakanlah kapas dan usapkan pelan pelan dengan satu arah. Hindari cara mengucek kucek kulit mata dengan kapas karena ini bisa membuat kulit cepat keriput.

3. CLEANSING OIL

Di malam hari, setelah menghapus make up dengan Make up Remover, pompakan beberapa Cleansing Oil ini ke telapak tanganmu. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa sisa make up yang membandel dengan cara yang lebih dalam dan lembut. Cleansing Oil ini terkenal di negara asia terutama di jepang dan korea. Mereka biasanya menggunakan Cleansing Oil sebagai metode pembersihan ganda atau double cleansing yang di gunakan sebelum sabun cuci muka.

Kamu bisa menggunakan Cleansing Oil ini 2 kali sehari di pagi hari dan malam hari untuk membersihkan make up dan kotoran. Di pagi hari kita bisa menggunakan Cleansing Oil ini untuk membersihkan minyak seperti sebum yang di produksi pada saat kita istirahat dan sekaligus membersihkan lebih dalam lagi sisa sisa kotoran, produk skincare yang masih menempel di malam hari dan menyiapkan kulit untuk menerima skincare di pagi hari.

Dengan menggunakan Cleansing Oil, kotoran di wajah seperti make up, keringat, debu, sebum, spf dan sebagainya pun bisa di bersihkan dengan cara yang lebih lembut tanpa membuat kulit kamu kering dan kusam. Fungsi lainnya menggunakan Cleansing oil juga bisa membuat kulit lebih halus, cerah dan juga menambah daya penyerapan kulit yang lebih maksimal. Baca juga 8 urutan pemakaian skin care pagi hari yang benar agar kulit glowing

Untuk kamu yang mempunyai kulit berminyak mungkin bertanya tanya apakah Cleansing Oil masih bagus untuk di gunakan? Yes, masih bagus jika kamu menggunakan jenis Cleansing Oil untuk kulit berminyak. Cleansing Oil untuk kulit berminyak ini bisa menghilangkan sebum dan kotoran sekaligus mempertahankan kelembaban kulit.

4. EXFOLIATOR

Exfoliator adalah proses pembersihan atau pengangkatan sel sel kulit mati yang menempel di permukaan wajah agar tekstur kulit lebih rata dan lebih cerah bersinar. Banyak di antara kita yang jarang bahkan sama sekali tidak memasukan rutinitas Exfoliator ini sebagai rutinitas skincare kita. Padahal Exfoliator sangat lah penting untuk di lakukan.

Untuk melakukannya tidaklah sering, hanya 2 kali seminggu saja sudah cukup. Kenapa Exfoliator penting? Karena kulit kita secara alami mengalami pelepasan sel sel kulit mati setiap 30 hari bahkan lebih untuk memberi ruang bagi sel sel baru. Kadang sel sel kulit mati ini tidak semuanya melakukan pelepasan dengan sendirinya, dan jadi lah kulit yang tidak rata seperti bercak bercak kering, bersisik dan pori pori kulit yang tersumbat karena nya. Nah maka dengan Exfoliator ini bisa membantu untuk menghilangkan sel sel kulit mati tersebut untuk menghindari masalah kulit yang tidak sehat.

Selain membersihkan sel sel kulit mati, melakukan Exfoliator juga bisa meningkatkan kualitas penyerapan produk prioduk skincare lainnya. Ini di karenakan kulit lebih bersih bebas dari sel kulit mati yang menyumbat di dalam pori pori.

5. FACE WASH

Setelah make up semua luntur dengan Make up remover atau dengan Cleansing oil, atau jika hari itu kamu menggunakan Exfoliator, sekarang waktu nya cuci muka dengan sabun muka. Membersihkan make up terlebih dahulu bisa memudahkan untuk melakukan pembersihan dengan Sabun muka ini. Dan selalu ingat gunakan pembersih sesuai jenis kulit kamu ladies. Karena jika kita salah menggunakan sabun muka untuk jenis kulit kita, itu bisa mendatangkan masalah baru di kulit wajah kita.

Pembersih berbusa cocok untuk kamu yang mempunyai kulit kombinasi dan berminyak yang bisa sekaligus melembabkan kulit dan membersihkan sebum, kotoran dan juga bakteri di kulit.

Pembersih dengan exfoliator cocok untuk semua jenis kulit namun hindari untuk kulit sensitive dan extra kering karena bisa membuat nya iritasi. Pembersih muka ini di kenal dengan pembersih 3 in 1 karena bisa sekaligus exfoliate kulit, dan juga membersihkan kotoran di kulit dan merupakan pembersih terbaik untuk membersihkan make up.

6. TONER

Toner adalah langkah akhir untuk rutintas pembersihan kulit wajah agar mendapatkan kulit yang lebih bersih dan bebas dari kotoran. Dengan kata lain toner berfungsi untuk mempersiapkan kulit wajah bersih untuk menerima skincare lanjutan agar bisa meresap ke kulit dengan lebih sempurna.

Hanya dengan menggunakan Make up Remover, Cleansing Oil dan sabun cuci muka saja tidaklah 100% bersih. Maka gunakan toner setelah cuci muka untuk membersihkan kulit dari sisa sisa kotoran yang masih menyumbat di dalam pori pori dan residu lainnya setelah membersihkan muka dengan rangkaian di atas.

Gunakan kapas yang lembut dan menyapukannya dengan satu arah dari dalam ke arah keluar wajah. Ini bertujuan untuk menghindari kerutan di wajah. Dan hindari area kulit sekitar mata.

Selain sebagai langkah akhir pembersihan, Toner juga bisa mengecilkan pori pori dan mengembalikan keseimbangan PH alami kulit yang terganggu setelah melakukan pembersihan dengan sabun dan bahan kimia.

7. ESSENCE

Essence adalah produk skincare dengan formula terkonsentrasi untuk menargetkan masalah kulit seperti kerutan, garis garis halus, kulit kusam dan tidak rata. Essence dan Serum hampir sama, namun Essence biasanya lebih cair dan kurang terkonsentrasi daripada Serum.  Mengandung bahan aktif yang bisa meregenerasi kulit yang bisa membantu mengoptimalkan pergantian sel alami kulit dan juga bisa menambah kelembaban di kulit. Jika di gunakan secara teratur, kulit akan terlihat lebih muda, cerah, halus dan juga garis garis halus pun berkurang.

Essence sendiri adalah produk skincare yang terkenal di korea dan menjadi basis rutinitas skincare para wanita korea dan jepang dan tidak begitu terkenal di terapkan di negara negara barat. Mereka biasanya langsung menggunakan Serum setelah Toner. Gunakan Essence setelah Toner dan sebelum Serum untuk menambah lapisan hidrasi di kulit agar skincare selanjutnya pun meresap lebih mudah.

Menggunakan Essence pun bisa membantu memaksimalkan kerja semua produk produk skincare selanjutnya agar bekerja lebih efektif dan meresap lebih dalam lagi. Kulit sehat dan kuat adalah kulit yang cukup terhidrasi. Dan kulit yang basah dan lembab itu  lebih mudah untuk menyerap produk skincare dengan lebih maksimal. Lihat Cara mengaplikasikan essence ( SK-11 FTE )

8. SERUM

Nah setelah Essence, kamu langsung bisa aplikasikan serum. Serum sendiri adalah jenis produk perawatan kulit yang berbentuk gel dan lotion yang mempunyai bahan super aktif untuk memberikan nutrisi ke kulit kita. Biasanya serum mempunyai harga yang paling mahal dari jenis produk perawatan kulit lainnya.

Ini di karenakan bahan bahan yang terkandung di dalamnya mempunyai bahan aktif yang jauh lebih tinggi dan tentunya harga pun semakin mahal. Serum sendiri ini terbuat dari molekul molekul yang sangat kecil sehingga bisa menembus masuk jauh ke dalam kulit dengan cepat dan mudah.

Serum di rancang untuk untuk menargetkan masalah masalah kulit tertentu seperti keriput. Pemakaian Serum juga bisa melembabkan kulit dan jika di gunakan secara teratur kulit kita bisa terlihat lebih muda, segar, kencang, sehat, dan tektur kulit pun lebih rata. Hanya beberapa tetes saja Serum cukup di gunakan untuk seluruh muka. Terpenting, gunakanlah Serum setelah muka benar benar bersih dari apapun agar produk bisa meresap dengan lebih maksimal.

9. PELEMBAB

Produk kecantikan yang paling populer dan mempunyai fungsi sebagai pelembab kulit dan merawat kulit yang kering agar lebih halus dan tidak kering. Bukan itu saja fungsi dari pelembab, ia juga bisa melindungi kulit dari lingkungan luar yang mungkin bisa membuat kulit kita kering, rapuh dan iritasi.

Jenis pelembab sendiri menpunyai banyak jenis, mulai dari pelemab untuk kulit kering, berminyak, kombinasi, normal dan sensitive. Jadi pastikan kita memakai pelembab yang cocok untuk jenis kulit kita. Khusus untuk orang yang mempunyai jenis kulit berminyak pilihlah pelembab yang Oil Free dan pelembab Noncomedogenic yang tidak akan menyumbat pori pori. Di gunakan setelah Serum.

10. FACE OIL

Face Oil adalah pelembab yang menggabungkan lilin, air dan minyak. Apapun jenis kulit kamu, menggunakan Face Oil cocok untuk di gunakan untuk melembabkan kulit yang sangat efektif terutama jika kamu mempunyai kulit kering. Face Oil ini mengandung nutrisi yang bisa membantu membuat lapisan kulit agar lebih resilient dan sehat.

12 Jenis Produk Skincare Dan Fungsi Nya | Rangkaian Perawatan Wajah

Biasanya terdapat di dalam botol kecil dan di gunakan hanya beberapa tetes saja. Kamu bisa gunakan Face Oil sebelum pelembab agar pelembab langsung menyerap ke kulit. Atau di gunakan setelahnya agar pelembab dan produk produk sebelumnya bisa terkunci. Atau kamu juga bisa gunakan Face Oil dengan cara di campurkan 2 atau 3 tetes langsung dengan krim pelembab atau serum.

Selain sebagai pelembab, Face Oil dari minyak Vitamin C juga bisa membantu menyamarkan bekas luka. Caranya pijat kulit yang terdapat luka sesering mungkin dengan Face Oil ini. Dan untuk kamu yang kulit berminyak carilah Face Oil dari Tea Tree Oil.

11. SUNSCREEN

Penggunaan Sunscreen atau tabir surya sangat lah penting. Di gunakan setiap hari untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang bahaya apapun musimnya. Lapisan ozon kita yang semakin menipis itu bisa membuat kulit kita beresiko lebih tinggi terkena sinar matahari yang berbahaya. Maka dari itu entah di musim dingin, panas, hujan, mendung, bahkan di rumah pun kita harus selalu menggunakan tabir surya di siang hari untuk melindungi wajah kita.

12 Jenis Produk Skincare Dan Fungsi Nya | Rangkaian Perawatan Wajah

Sekarang banyak sekali pelembab pelembab yang sudah di campur dengan SPF yang memudahkan kita dan menyingkat waktu. Namun gunakanlah pelembab yang cocok untuk jenis kulit kamu tentunya. Penggunaan SPF juga bisa mencegah bintik bintik di wajah dan jerawat di muka.

Selain sebagai kecantikan untuk menjaga kulit kita dari kerusakan, keuntungan lain memakai tabir surya juga bisa menghindari terkena kanker kulit yang berbahaya untuk kesehatan kita.

12. MASKER WAJAH

Pemakaian masker yang tepat bisa membantu membersihkan wajah yang lebih dalam yang bisa mengangkat kotoran, minyak berlebih, kulit mati yang menumpuk, serta membuat kulit halus, melembabkan dan mengecilkan tampilan pori pori. Ini adalah jenis skin care yang terbilang mewah dan kita membutuhkan waktu lebih dari biasanya untuk melakukannya.

Ada banyak jenis masker di pasaran sana. Mulai dari Clay, Mud dan Arang yang harus di bilas setelahnya dan di ikuti dengan skincare selanjutnya. Masker Sheet di aplikasikan sebelum sisa perawatan kulit dan kemudian memijatkannya apa yang tersisa setelah masker di angkat agar meresap ke dalam kulit di ikuti dengan perawatan selanjutnya.

12 Jenis Produk Skincare Dan Fungsi Nya | Rangkaian Perawatan Wajah

Di sana juga terdapat masker Leave On yang seharusnya di biarkan semalaman. Jika kamu menggunakan jenis masker ini lakukan sebagai langkah akhir rutinitas perawatan di malam hari kamu itu dan tidak perlu menggunakan pelembab lagi. Namun jika kulit kamu sangat kering apply dua duanya. Masker jenis Peel Off biasanya mengandung sejenis alkohol yang bisa mengeringkan kulit. Jadi untuk kamu yang kulit kering hindari pemakaian jenis ini.

Perlu di ketahui bahwa apapun jenis maskernya yang kamu gunakan, gunakanlah masker setelah muka bersih sempurna. Secara ideal kita hanya menggunakan masker 1 kali seminggu bahkan lebih tergantung keadaan kulit.

Masker untuk jenis Clay and Mud cocok untuk kamu yang mempunai jenis kulit berminyak karena ia bisa menyerap minyak berlebih dan ini juga bisa membantu mneyingkirkan sel sel kulit mati yang menumpuk.

Masker dari Cream Based cocok untuk kulit yang kering yang bisa memberikan kelembaban pada kulit dan menghaluskannya. Jadi tentukan jenis masker apa yang cocok untuk jenis kulit kamu.

13. KRIM MATA

Mungkin kita pikir bahwa melakukan rutinitas di atas itu, kebutuhan kulit kita sudah terpenuhi dan sempurna. Eits jangan lupa kita masih ada bagian yang tidak kalah penting nya, yaitu kulit di sekitar mata terutama kulit bawah mata. Kulit di sana lebih tipis dan sensitive, delicate, rapuh, kering, dan menunjukan tanda tanda penuaan garis garis halus yang lebih cepat di banding area lainnya. Serta mudah kelelahan, bengkak dan lingkaran hitam.

Dengan menggunakan krim mata tiap hari nya ini bisa membantu mengatasi masalah masalah itu dan memberikan kelembaban yang nyaman untuk kulit sensitive kita ini.

Setiap krim mata di formulasikan untuk masalah masalah tertentu seperti yang di sebutkan di atas tadi. Namun ada juga yang di formulasikan sekaligus dalam satu produk. Kamu juga bisa gunakan krim mata ini 1 atau 2 kali sehari setelah Toner.

14. MASKER MATA

Kulit di area mata kita mengandung lebih sedikit kelejar minyak dari area lainnya. Itu kenapa kulit di sekitar mata lebih sensitive dan rentan akan garis garis halus, bengkak dan mata panda dengan mudah.

Belum lagi kita seringkali tidak cukup tidur tiap harinya jadi mata pun lelah dan jadilah bengkak dan lingkaran hitam. Maka selain pemakaian Krim Mata yang di gunakan setiap hari nya, pemakaian Masker Mata ini juga bisa membantu lebih untuk memerangi masalah masalah tersebut. Hanya di gunakan 1 hingga 3 kali seminggu bahkan ada Masker Mata yang di pakai setiap hari

Pemakaian Masker Mata bisa menambah kelembaban yang instan dan efek pendinginan dan mengandung bahan penenang yang akan membuat kita relax. Ini tentunya akan memberikan kulit bawah mata terlihat lebih segar, lembab dan yang pasti bisa melambatkan garis garis halus sekitar mata.

Masker mata bentuk nya biasanya menyerupai bentuk tanda koma yang bila di pasang di bawah mata akan pas mengikuti bentuk lengkungan bawah mata. Waktu nya bervariasi tergantung masker nya. Ada yang 20 sampai 30menit atau ada juga yang di biarkan semalaman suntuk.

14 Jenis Produk Skincare Dan Fungsi Nya | Rangkaian Perawatan Wajah