Naik Kereta Cepat First Class Dari Nanjing Ke Shanghai China
High Speed Train CRH / © Indobritpedia.com

Naik Kereta Cepat Di China FIRST CLASS Dari Nanjing Ke Shanghai. Setelah urusan selesai di nanjing, kamipun pulang menuju ke shanghai. Kami memutuskan untuk njajal kereta First Class menggunakan jenis kereta CRH ( China Railway High-speed ) di mana hanya di tempuh 1,5 jam dari nanjing ke shanghai wow! Harga tiketnya saat itu 229 RMB dan kalau di rupiahkan menjadi sekitar 481 ribuan. Harga ini untuk sekelas First Class terbilang cukup murah dan terjangkau. Ya, memang ongkos untuk transportasi di china terbilang murah. Namun untuk apartemen sangatlah mahal saat ini terutama di kota kota besar china seperti shanghai.

Kereta jenis ini berada di Nanjing South Railway Station. Lokasi nya ini tidak begitu jauh dari pusat nanjing. Stasiun ini hanya menampung kereta kereta api dengan kecepatan tinggi dan hanya top top class saja yang stop di sini. Jadwal kereta kami adalah jam 20:00 malam dan sampai jam 21:30 di shanghai tepatnya di Shanghai Hongqiao Railway Station.

Bangunan megah baru nan modern itu terlihat mengkilau keemasan di malam hari. Itu terlihat dari taxi kami saat di perjalanan. Katanya nih stasiun ini adalah salah satu stasiun terbesar di dunia dan terbesar di asia lho, dengan total 5 lantai. Di sana terdapat 2 area pintu masuk untuk menuju ke departure hall.

kereta cepat china first class
Nanjing South Railway Station tampak dari luar / © Indobritpedia.com

Stasiun ini sistemnya hampir menyerupai bandara bandara pada umumnya di mana kita membutuhkan paspor dan tiket untuk memasukinya. Tanpa itu, kamu tidak bisa masuk. Di china hampir semua fasiitas publik menggunakan paspor untuk menggunakannya. Terdapat petugas penjaga di pintu masuk yang membantu mengecek dokumen dan harus melakukan screening barang bawaan kita.

Next, di sana terdapat eskalator berderet cukup banyak untuk naik ke lantai berikutnya dari ground floor. Ini adalah lantai untuk tempat departure nya. Di sekitar departure hall terdapat toko toko yang berderet di sisi kanan dan kiri hall. Terlihat layaknya bandara saja ya.. Cukup jauh juga untuk menempuh ke sisi yang satunya. Di lantai ke dua dari departure hall terdapat tempat makan ala cafe yang nyaman. Kamu bisa minum atau makan di sana sambil menunggu kereta datang.

Naik Kereta Cepat First Class Dari Nanjing Ke Shanghai China
Area departure seperti bandara / © Indobritpedia.com

Wow memang benar stasiun ini sangat sibuk dan banyak orang orang di area tunggu. Ini terlihat jelas pada saat kami ke lantai atas area kafe. Jujur saya tidak pernah melihat orang mengumpul di sebuah ruangan dengan begitu banyak seperti ini 😄

Naik Kereta Cepat First Class Dari Nanjing Ke Shanghai China
Area tunggu yang di penuhi orang orang / © Indobritpedia.com

Sekitar 19:30 panggilan untuk nomor kereta kami ke shanghai pun sudah di umumkan di layar besar. Kami bergegas dari kafe menuju ke pintu keluar ke platform kereta. Biasanya di china terkenal mereka suka berebut masuk dan aku sedikit kaget. Di sini mereka antri dengan tenangnya tanpa harus dorong dorongan. Oh, ternyata pada saat saya check, kita harus memasukan tiket kita lagi di pintu keluar menuju ke platform. Kalau tidak, aku jamin semua orang berlarian berhamburan tidak ada aturan 😂

Dari pintu keluar terlihat kereta kereta cepat dari berbagai jenis lainnya yang berhenti maupun yang sedang meninggalkan platform.

Naik Kereta Cepat First Class Dari Nanjing Ke Shanghai China
Area platform / © Indobritpedia.com

Gerbong kami ternyata terletak paling ujung yaitu di ekornya kereta. Well tidak apa yang penting aku bisa duduk nyaman setelah berhari hari sibuk di nanjing dan ingin pulang ke shanghai relax dan santai. Sekitar 10 menit menunggu datanglah kereta kami dari sisi kanan. Kereta ini berwarna putih mengkilat, baru dan modern dengan dengan kepala lancip di depan dan di belakang. Terdapat tulisan CRH (China Railway High Speed). Kereta jenis ini dari nanjing ke shanghai mempunyai kecepatan max speed 300+ km/h. Cepat ya?

Naik Kereta Cepat First Class Dari Nanjing Ke Shanghai China
Kereta kami menuju ke shanghai gerbong paling belakang / © Indobritpedia.com

Di dalam gerbong terdapat area untuk mengecas hp gratis lengkap dengan meja nya di depan tepatnya di depan pintu masuk kereta dan sebelum masuk ke kursi kursi area. Di sana terlihat beberapa orang berdiri dan duduk di lantai. Kenapa mereka di lantai dan berdiri? Itu karena mereka biasanya ketinggalan kereta mereka sebelumnya dan harus ikut kereta berikutnya namun tanpa tempat duduk.

Naik Kereta Cepat First Class Dari Nanjing Ke Shanghai China
Gerbong first class / © Indobritpedia.com

Saya tahu karena saya pernah telat kereta pada saat menggunakan kereta Second Class dan harus ikut kereta dengan jurusan yang sama namun harus berdiri. But waktu itu pas setengah perjalanan saya melihat ada kursi kosong jadi aku duduk aja di sana heehhe dan untungnya tidak ada yang mencarinya.

Dari luar kereta terdengar bising namun setelah di dalam, suara bising itu hilang seketika karena ruangan ternyata kedap suara jadi lebih sepi dan nyaman. Tempat duduk nya bercorak kain merah yang halus dengan senderan tinggi dan tempat duduk yang lebar. Di depan kursi terdapat tempat untuk nangkring kaki yang lebar dan tidak sempit. Hmm kursi First Class ini cukup nyaman.. Kayaknya aku bisa ketiduran deh kalau lama lama di sini 🙂

kereta cepat china first class
Area cukup lebar buat kaki / © Indobritpedia.com

Tidak lama saat kami duduk, kami di beri makanan cemilan dan 1 botol minuman kecil secara gratis. Isinya ada kacang telor, biskuit, dry fruit dan permen. Lumayanlah buat cemilan di jalan.

Jendela kaca pun cukup lebar untuk mengintip pemandangan di sekitar jalur kereta. Namun saat itu sudah malam hari dan hanya lampu lampu malam saja yang terlihat. Di sekitar atas tempat duduk terdapat tempat untuk menaruh barang bawaan kita. Terdapat pintu otomatis di depan tempat tempat duduk yang menggabungkan ke gerbong lainnya. Di atas pintu slide itu terdapat informasi berapa kecepatan kereta saat itu dan suhu saat itu.

Naik Kereta Cepat First Class Dari Nanjing Ke Shanghai China
Pintu otomatis slide di depan yang menyambungkan ke gerbong lainnya /        © Indobritpedia.com

Tidak begitu terasa 1,5 jam berlalu (saking nyamannya duduk 😂) kereta kami sampai di Shanghai Hongqiao Railaway Station. Stasiun ini adalah stasiun terakhir kereta ini berhenti. Banyak orang orang antri di area platform menuju ke dalam bangunan stasiun. Stasiun Hongqiao ini dekat dengan Shanghai Hongqiao International Airport. Stasiun ini terlihat masih sangat baru dan modern. Dan stasiun ini sama seperti di nanjing yang hanya kereta kereta api cepat saja dan top top class yang ada di sini.

Naik Kereta Cepat First Class Dari Nanjing Ke Shanghai China
Kereta sudah sampai di Shanghai Hongqiao Railaway Station /  © Indobritpedia.com

Menurut pengalaman ku sih kereta cepat china ini dengan jenis CHR bagus, nyaman banget, bersih, teratur, tepat waktu juga, tenang dan smooth di perjalanan. Di tambah stasiun stasiun nya yang terbilang mewah dan baru. Dan kecepatan kereta pun tidak perlu di ragukan lagi. Next artikel akan aku share tentang kereta cepat jenis Second Class di mana saat itu kami terlambat dan harus berdiri deh di depan pintu masuk :(.

Naik Kereta Cepat Di China FIRST CLASS Dari Nanjing Ke Shanghai