Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Shanghai Museum Bangunan tampak dari luar

Koleksi Shanghai Museum – Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China. Jika kamu ingin mengetahui tentang sejarah china lebih dalam, kamu wajib mengunjungi museum shanghai ini. Terletak di People’s Square di distrik Huangpu. Di bangun dengan bangunan unik yang menyerupai Ding. Ding adalah semacam panci perunggu kuno china yang berdiri dengan beberapa kaki, penutup dan pegangan di 2 sisi nya. Museum besar ini di kenal sebagai salah satu museum modern bertaraf international pertama di china.

Mempunyai total 4 lantai dan ada lebih dari 11 ruang galeri yang masing masing menyimpan barang barang berharga yang berbeda beda. Ada lebih dari 120.000 benda benda bersejarah dari umur 5000 tahun lebih hingga dinasti terakhir Qing. Kamu akan di manjakan dengan barang barang langka seperti barang dari keramik, karya kaligrafi, perunggu, batu giok, patung, seni minoritas, lukisan, perabotan, stempel, koin koin china kuno dan juga barang seni luar negeri.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Galeri karya seni luar negeri / © Indobritpedia.com

Semua benda benda sejarah tersebut tersebar di setiap lantai yang terdapat di ruang ruang  galeri yang di pisah dan nyaman untuk para pengunjung untuk menjelajahinya. Ruang ruang galeri itu sebagai berikut.

Koleksi Shanghai Museum – Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China

1. GALERI PERUNGGU

Peninggalan benda benda dari perunggu kemungkinan adalah yang paling mengesankan yang pernah ada di china. Pada jaman dinasti Shang, china merupakan salah satu penghasil barang perunggu yang paling baik dan terampil. Mereka membuat berbagai macam benda seperti senjata, peralatan, perabatan rumah tangga dan peralatan dapur. Dan salah satu dari mereka sekarang di pajang di museum ini.

Seperti benda perunggu Ding ini yang di buat pada 1046- 771 SM yang di datangkan dari propinsi shaanxi. Berukuran dengan tinggi 93 cm dan berat lebih dari 200kg. Berdiri dengan 3 kaki kuda yang menggambarkan gaya khas ding bulat pada dinasti Zhou barat. Di ukir dengan penuh artistik dan dua pegangan di sisi nya. Di dalam vessel ini terdapat tulisan kaligrafi dengan 290 china karakter yang di gunakan hingga sekarang.

SHANGHAI MUSEUM
Ding [ image source ]

2. GALERI PATUNG

Di galeri ini kamu bisa temukan patung patung kuno terutama patung patung buddha. seperti patung buddha Sakyamuni yang terbuat dari batu, Heavenly King, Dewi Kwan Im, Bodhisattwa dari batu, kepala Kashyapa terbuat dari kayu dari dinasti Tang, patung seorang pemain kecapi di buat dari tanah liat dari dinasti Han timur, group 3 buddha Amitabha dari perunggu dan masih banyak lagi.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Grup 3 buddha Amitabha [ image source ]

3. GALERI KERAMIK

Ada lebih dari 500 buah karya seni keramik yang di pamerkan di sini. karya seni bersejarah ini di buat dari berbagai dinasti yang pernah ada di china. Mulai dari neolitik china sampai dinasti Qing. Keramik keramik mempunyai motif dan corak yang berwarna warni yang indah. Ada juga keramik berwarna dan mengkilap dari dinasti Tang. Mereka mempunyai bentuk, jenis dan ukuran yang berbeda beda. Seperti pot pot, mangkuk, piring, teko, hiasan dan banyak lagi.

Salah satunya adalah guci keramik ini. Dengan tinggi hampir 30 cm dan diameter hampir 24 cm dengan berat 7 kg. Dinding luar guci di lapisi engobe putih dan di aplikasikan dengan glasir transparan di atasnya. Warna hitam mengisi setiap celah motif sebagai tanah. Ini merupakan motif bunga yang di dominasi peony.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
[ image source ]

4. GALERI LUKISAN KUNO

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Galeri lukisan [ image source ]

China terkenal akan seni lukisan tradisional nya yang anggun. Lukisan china kuno bersejarah ini adalah salah satu seni lestari tertua yang ada di dunia. Memasuki ruangan ini, kita di manjakan dengan lukisan lukisan tradisonal china kuno yang indah itu. Ada lebih dari 120 karya seni lukisan yang di buat oleh senimal terkenal dari dinasti Tang hingga jaman modern. Mereka di lukis di atas kertas dan juga sutera yang di pajang di dalam kaca tebal.

5. GALERI KALIGRAFI

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Salah satu karya seni kaligrafi di museum / © Indobritpedia.com

Sama hal nya dengan lukisan kuno china, china juga terkenal akan kaligrafi nya yang artistik. Ini adalah bentuk tulisan expresi artistik yang di tuangkan ke dalam bentuk nyata. Di museum shanghai ini, mereka mengumpulkan seni seni kaligrafi yang unik dan berkesempatan untuk melihat seni yang indah yang berumur ribuan tahun lebih hingga ke dinasti terakhir qing.

6. GALERI STEMPEL

Di Museum Shanghai pameran stempel kuno adalah pertama yang ada di china. Mempunyai lebih dari 500 stempel dari jaman dinasti dinasti di china. Di buat dari berbagai bahan, ukuran dan bentuk. Salah satunya adalah stempel dengan prasasti Chun An Jun yang dibuat dari bahan giok 475- 221 SM. Lalu ada stempel yang di buat dari batu pada jaman dinasti Qing. Stempel ini terkenal adanya lukisan, kaligrafi dan ukiran stempel.

Stempel dengan bentuk kura kura ini adalah dari Han barat pada 206 SM – 8 M. Stempel dari bahan perak ini adalah stempel resmi yang di berikan kepada jendral agung guanghan pada akhir dinasti Han barat.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Stempel dari prasasti jendral agung Guanghan [ image source ]

7. GALERI GIOK

Seperti yang kita ketahui, china mempunyai reputasi yang sangat baik tentang batu giok. Di Shanghai Museum kamu bisa melihat giok giok terbaik mereka dari berbagai dinasti. Selain sebagai dekorasi, giok juga di sebut sebagai simbol kekayaan dan kekuasaan atau di personifikasikan sebagai moralitas kesempurnaan.

Seperti patung giok tokoh di bawah ini dengan tinggi 10 cm dari jaman niolitik sekitar 2500- 2200 SM. Sosok nya terlihat mistis dengan tektur giok nya yang sangat jernih dan di ukir dengan sangat baik. Ia memakai topi datar dan 2 anting dengan kedua tangannya di silangkan di dada. Ini di yakini sebagai seorang penyihir yang sedang melakukan ritual keagamaan dan sedang berkomunikasi dengan roh.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Patung giok [ image source ]

8. GALERI PERABOTAN DINASTI MING DAN QING 

Di ruang ini kamu bisa membayangkan seperti kembali pada jaman dinasti Ming dan Qing itu. Perabotan perabotan peninggalan mereka di pajang di sini. Salah satu nya adalah kursi kayu lipat dari dinasti Ming yang terbuat dari kayu huanghuali. Lemari pajangan yang di ukur dengan rumit pada dinasti Qing. Rak lemari ini sangat populer pada dinasti Qing yang mempunyai paduan antara gaya barat klasik. Lalu ada meja klasik dari dinasti ming dengan kaki yang lebih pendek. Ini menggambarkan pada kehidupan orang kuno china ketika orang orang duduk di tanah.

Lalu ada papan berdiri yang di kenal pada jaman pertengahan dinasti Qing. Ini adalah dekorasi rumah yang sangat mewah yang terdiri dari lima panel rosewood. Di buat dari berbagai bahan dan teknik yang berbeda beda. Papan bagian depan di buat dari bahan batu giok putih, safir, karang, lapiz lazuli, dan batu akik. Bagian belakang di buat dengan batu batu yang di cat emas, bambu, pinus dan plum. Di lihat secara details, karya seni ini bisa dibilang merupakan hasil karya orang yang mempunyai keahlian yang luar biasa saat itu.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Papan mewah [ image source ]

9. GALERI NASIONAL MINORITI

Etnis minoriti di china adalah orang orang yang berasal dari non Han di china. Di galeri ini kita akan melihat peninggalan peninggalan dari khas suku suku minoritas masing masing yang ada di china. Mulai dari kostum khas mereka, sulaman, topeng, peralatan dapur, tas, alat gendong, perhiasan, robe manchu dari dinasti Qing dan masih banyak lagi.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Kostum dari berbagai suku minoriti / © Indobritpedia.com

Contoh salah satu topeng itu adalah dari tebet. Ini adalah topeng tukang sihir yang di gunakan untuk ritual keagamaan. Topeng ini di kenal dengan Yamantaka Vajrahaja yang menggambarkan seorang dewa yang mengenakan tengkorak di kepala. Mempunyai bentuk 3 mata yang di pengaruhi oleh Siva hindu. Terdapat 2 tanduk banteng yang di hias dengan awan emas dengan 2 lonceng kecil di telinga yang dapat menghasilkan suara pada saat di gunakan dalam pertunjukan.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Topeng Tebet sebelah kiri / © Indobritpedia.com

10. GALERI MATA UANG

Di sini pengunjung bisa melihat lebih dari 7000 mata uang kuno bersejarah dari jaman perunggu hingga ke jaman modern dari semua jenis mata uang. Seperti dari kertas, dan koin. Salah satu koin itu adalah tiance fubao dengan lubang kotak di tengahnya yang di buat dengan tembaga dan besi dan di gunakan selama 5 dinasti di china dan selama 10 kerajaan.

Koleksi Shanghai Museum - Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China
Koin kuno [ image source ]

Museum ini cukup besar. Kamu membutuhkan waktu minimal sekitar 2 jam untuk menjelajahi semuanya. Dan lebih asyiknya lagi, memasuki museum ini tidak di pungut biaya alias gratis. Jika kamu datang ke museum ini tanpa pemandu, kamu bisa menyewa alat pemandu di sana yang akan menjelaskan setiap benda yang ada di sana. Di luar museum terdapat park atau taman hijau yang indah yang di kelilingi oleh bangunan bangunan tinggi shanghai.

Koleksi Shanghai Museum – Museum Besar Kelas Dunia Pertama Di China