Jade Buddha Temple - Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok
Jade Buddha Temple / © Indobritpedia.com

Jade Buddha Temple – Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok. Jade Buddha Temple atau Kuil Buddha Giok ini adalah kuil yang terkenal akan adanya 2 patung jade buddha yang berwarna putih yang mengkilau seperti kristal. Patung giok pertama adalah patung buddha giok dengan posisi duduk dengan tinggi 1.92 meter, dan satunya lagi patung buddha giok yang berbaring dengan tinggi kurang dari 1 meter.

Kuil buddha ini mempunyai sejarah lebih dari 130 tahun yang pertama di bangunan pada tahun 1882 pada dinasti Qing. Terletak tepatnya di tengah tengah kota shanghai yang sibuk namun di lokasi yang damai dan sepi. Dan hanya berjalan 7 menit dari stasiun Jiangning Road.

Kuil yang di pagar kuning ini terdapat banyak aula yang melestarikan arsitektur dinasti Song yang mempunyai struktur bangunan yang rumit. Di bangun dengan kayu berkualitas yang di cat dengan warna coklat kemerahan dengan atap hijau gelap yang melengkung di setiap sudut nya. Beberapa aula tersebut di bangun dengan 2 lantai yang menjulang.

Jade Buddha Temple - Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok
Aula aula yang mengitari halaman / © Indobritpedia.com

Aula aula yang elegan itu terletak mengitari halaman yang cukup luas yang terdapat menara panci yang cukup tinggi yang bediri di tengah tengah halaman. Setiap rumah aula terdapat patung patung penting buddha. Namun terdapat satu aula utama di Jade Buddha Temple yang berisi banyak patung tokoh tokoh buddha di dalamnya yang di namai Grand Hall.

Jade Buddha Temple - Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok
Tampak depan Grand Hall / © Indobritpedia.com

Terdapat tangga yang tidak begitu tinggi dan jendela jendela kayu yang hanya di buka di bagian kanan, kiri dan tengah aula. Tepatnya di tengah tengah aula, berdiri 3 patung emas berukuran besar, patung buddha suci yang duduk saling bersampingan menghadap ke pintu masuk bagian tengah. Patung emas bagian tengah adalah patung buddha Sakyamuni, Amitabha sebelah kiri, dan buddha Penyembuhan di sebelah kanan. Ketiga nya mempunya tinggi 4 meter yang duduk dengan ekspresi wajah yang damai.

Jade Buddha Temple - Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok
3 Patung Emas Buddha / © Indobritpedia.com

Dan persis di belakang 3 buddha suci ini terdapat patung emas Dewi Guanyin atau Dewi Kwan Im yang menghadap pintu masuk bagian belakang. Adalah seorang bodhisattva yang mewujudkan welas asih di semua buddha.

Jade Buddha Temple - Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok
Patung Dewi Kwan Im / © Indobritpedia.com

Lalu di sebelah kanan dan kiri aula, berdiri berjejer patung patung dewa Dua Puluh Surga yang di lapisi emas dengan ekspresi yang berbeda beda. Setiap patung dewa terdapat nama di depannya dan di bawahnya terdapat lubang lubang yang biasa para pengunjung memasukan koin masuk ke dalamnya.

Baca juga :

Jade Buddha Temple - Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok
Patung Patung Dewa Dua Puluh Surga / © Indobritpedia.com

Lalu di mana letak 2 patung Buddha giok yang terkenal itu?

Letak patung Buddha Giok dengan tinggi 1,95 m terletak di jade buddha chamber di lantai 2. Dan akan di kenai biaya tembahan 10 yuan untuk mengunjungi nya. Bentuk wajahnya bundar, mata melihat ke bawah, hidung lurus dan mulut menutup. Dengan posisi duduk dengan kaki menyilang, tangan kanan nya jatuh secara alami dan tangan kiri di letakan di kaki kirinya. Serta ukiran ukiran indah di belakangnya.

Jade Buddha Temple - Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok
[ image source ]

Letak patung Buddha giok berbaring yang di ukir setinggi 0.96m terletak di sebelah jade buddha chamber. Atau berhadapan dengan Grand Hall dengan posisi patung membelakanginya. Patung indah ini adalah patung Parinirvana Sakyamuni pada saat berusia 80 tahun.

Di simpan di dalam kaca yang tebal dan ukiran kayu yang indah dan rumit di sekitarnya. Ia berbaring di sebelah sisi kanan dengan tangan kanannya menyanggah kepalanya dan tangan kirinya di letakan di kaki kirinya. Posisi ini di sebut sebagai posisi keberuntungan. Senyum damai di wajahnya itu adalah ekspresi nya pada saat Sakyamuni meninggal dunia.

Jade Buddha Temple - Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok
Patung Giok Sakyamuni [ image source ]

Konon cerita nya pada tahun 1882 pada jamannya dinasti Qing, seorang biksu Hui Gen dari gunung putuo pergi berziarah ke tebet melalu gunung wutai dan gunung emei. Gunung gunung ini adalah gunung suci buddha yang ada di daratan china. Setelah itu, sampai lah di india. Dari india ia melanjutkan lagi perjalanan nya ke burma.

Dan di burma ia membawa 5 patung buddha giok dan di bawa pulang ke china. Namun pada saat di perjalanan melewati shanghai, biksu dari putuo ini meninggalkan 2 patung buddha giok tersebut dan mengumpulkan uang untuk membangun kuil Jade Buddha di shanghai ini.

Namun kuil yang merupakan salah satu kuil utama yang ada di shanghai ini pernah hancur pada saat perang menggulingkan dinasti Qing pada saat masa revolusi china. Dan beruntung 2 patung Buddha Giok ini bisa di selamatkan dari kehancuran kuil. Dan setelah perang, kuil suci ini di bangun kembali dan selesai pada tahun 1918.

Jade Buddha Temple – Kuil terkenal Di Shanghai Dan Patung Buddha Giok