Pantai Tanjung Aan

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018. Masih segar di ingatan kita bahwa pada bulan juli dan bulan agustus 2018, saat itu lombok di guncang gempa yang cukup besar. Rentetan gempa pun sempat menguncang lombok hingga ratusan kali. Bahkan pulau bali pun ikut merasakan gempa lombok yang menggemparkan semua orang itu . Dan sudah pasti, gempa yang mencekam itu menghancurkan banyak bangunan bangunan di beberapa daerah di lombok. Para pelancong baik dari mancanegara dan domestik pun harus membatalkan perjalanan ke lombok saat itu juga.

Karena saat itu kami pikir gempa sudah reda dan tidak terdengar lagi di berita berita tv maupun online, kami pun berencana untuk mengunjungi lombok tepatnya di tanggal 29 september dengan pesawat wings air dan mendarat pada pukul 7 malam. Hanya menempuh 30 menit dari bandara ngurah rai ke Bandar Udara Internasional lombok yang sekarang mempunyai nama baru Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Masjid.

Pertama kali menggunakan wing air
Pertama kali menggunakan Wings Air

Saat kami mendarat dan menginjakan kaki di bandara international lombok tersebut, ada rasa sedikit takut dan was was yang menyelimuti kami. Namun kami mencoba untuk tetap tenang dan di tambah di lihat di sekitar bandara tidak ada kerusakan yang terlihat. Apalagi, lokasi bandara lombok sedikit jauh dari lokasi gempa yang berpusat di daerah lombok utara.

Di luar bandara terlihat banyak sekali orang orang yang menawarkan jasa transportasi. Entah itu untuk borongan maupun menggunakan meteran. Kami pun memilih untuk memakai taxi meteran karena kami tidak tahu harga yang pas untuk menuju ke hotel kami. Saat itu kami menginap di katamaran resort. Hotel kami berada di lombok barat di jalan raya senggigi tepatnya di mangsit dekat dengan pantai senggigi. Lokasi ini sedikit lebih dekat dengan lokasi gempa.

Saat itu hari sudah malam. Dari dalam taxi, saya melihat lihat sekitar di perjalanan dan terlihat sepi dan gelap hanya beberapa kendaraaan yang melewati jalan raya itu. Bangunan bangunan di sekitar pun terlihat masih berdiri dan tidak banyak kerusakan yang terjadi. “Kerusakan banyak terjadi di daerah lombok utara dan beberapa di sekitar senggigi” kata supirnya. Sepintas kami pun sedikit was was karena kami akan menginap di daerah senggigi. Namun kami mencoba untuk tenang dan selalu waspada.

Sekitar 40 menit dari bandara, sampailah taxi kami di kota mataram. Tanda tanda gempa pun mulai terlihat namun tidak begitu banyak. Terlihat tenda tenda di depan rumah dan rumah rumah yang masih terlihat hidup. Dan tidak lama sampailah kami di daerah sengigi. Jalanan di senggigi terasa berlika liku dan naik turun. Ini di karenakan kawasan senggigi di kelilingi oleh bukit bukit yang indah yang memagari pantai pantai di sekitar senggigi.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa

LOMBOK BARAT

Pagi setelahnya kami berjalan kaki di sekitar resort. Bukit bukit indah terlihat jelas di siang hari berdiri mengitari resort kami. Pantai yang terletak di belakang resort tepatnya di depan hotel restoran pun, terlihat sepi. Ternyata benar kata supir itu, bahwa jejak gempa di senggigi lebih banyak di banding di daerah kota mataram. Di sekitar resort ( di luar resort area ) bata bata bekas reruntuhan bangunan tergeletak di tepi jalan raya yang sepi.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Pantai di belakang resort katamaran  atau di depan restoran

Banyak villa villa, hotel, restoran, kafe dan rumah rumah penduduk yang retak, bahkan rusak. Banyak dari mereka terlihat di tinggal oleh penghuninya yang membuat nya seperti bangunan bangunan kosong. Itu kenapa daerah ini lebih sepi di banding kan dengan area lombok tengah selatan. Namun tidak semua orang meninggalkan area ini. Sudah ada warung warung kecil yang sudah buka saat itu dan orang orang sudah mulai memperbaikinya.

Kafe yang rusak

Tenda tenda pengungsian pun terlihat namun tidak banyak yang berdiri di lapangan yang luas tepatnya di bawah bukit bukit yang tidak begitu rindang namun masih ada pohon pohon terutama pohon kelapa yang menumbuhi bukit bukit itu. Kemungkinan memang saat itu, sedang musim kemarau di lombok.

Resort resort mewah di tepi pantai yang kami lalui pun terlihat sepi pengunjung. Bahkan area tempat menjamu tamu yang berada di outdoor pun masih terlihat berantakan belum ada yang merawatnya setelah gempa.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Kolam renang di resort mewah tepi pantai yang sepi

Hari berikutnya kami berencana ingin menjelajahi lombok ke arah utara dari senggigi menuju ke area perbukitan yang lebih tinggi lagi. Untuk menjelajahi nya, kami menyewa motor dengan harga 100 ribu per day langsung dari hotel agar lebih mudah untuk menjelajahinya.

Well, kamu juga bisa menyewa motor dari luar hotel dan itu malah lebih murahan dibanding langsung dari hotel nya. Namun hotel kami sedikit jauh dari pusat senggigi dan harus naik taxi untuk datang ke kantor nya. Jadi saat itu kami tidak punya banyak waktu dan mencari solusi yang lebih efisien.

Tanjakan di jalan raya senggigi pun mulai terasa hanya sekitar beberapa menit dari hotel kami. Bukit bukit indah membentang menjulang tinggi di sepanjang jalan aspal yang terlihat terawat dan halus. Perbukitan dan lembah lembah yang menuju ke lombok utara ini merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan propinsi nusa tenggara barat, lombok barat selain senggigi. Terdapat spot spot yang terkenal yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Sekitar 5 menit dengan motor dari senggigi mangsit, kami berhenti di salah satu bukit yang terdapat villa kosong tanpa penghuni yang mereka namai villa hantu. Villa hantu ini berada di tanjakan dan tikungan yang tajam yang berada di bukit malimbu. Tidak seperti namanya yg seram, namun ternyata pada saat kami masuk, villa kosong ini ternyata menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Salah satu sudut villa

Dengan laut birunya yang membentang luas lengkap dengan pasir putih nya, bukit bukit dan lembah lembah hijau serasa memagarinya dan hamparan pohon pohon kelapa yang berjumlah puluhan bahkan ratusan menambah kecantikannya yang berdiri bersampingan dengan garis pasir putih pantai setangi yang berada persis di bawah villa tanpa penghuni ini. Terlihat masih sangat natural dan belum banyak bangunan bangunan di sekitar. Hanya beberapa villa villa private yang tidak begitu banyak di antara rimbunan pohon pohon kelapa yang hijau itu.

Pantai setangi di bawahnya

Dinding dinding villa pun banyak coretan coretan anak anak muda yang menghiasi villa yang mempunyai 2 lantai  ini. Bisa di bayangkan bagaimana jika villa ini sudah jadi dan sudah pasti akan membuat pemiliknya betah di rumah. Setiap hari bangun pagi di suguhkan dengan pemandangan yang eksotik ini. Suara deburan ombak laut dan angin spoi spoi nya melengkapi suasana damai dan tenang setiap harinya. Namun sayang, villa ini tidak bisa di lanjutkan pembangunannya alias mangkrak karena letak lokasi nya yang berbahaya.

Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan terus menuju ke arah utara di sepanjang jalan raya senggigi. Jalanan masih berliku dan tanjakan pun masih terasa di sini. Sekitar 1 km dari villa hantu, kami menemukan tikungan yang tidak kalah tajam dan menanjak.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Pemandangan dari tikungan bukit malimbu

Menurut peta yang saya lihat, bukit ini adalah bukit malimbu yang merupakan tikungan yang paling populer oleh pengunjung  yang ingin mengabadian pemandangan bukit malimbu dengan kamera mereka. Saat itu sengatan panas matahari sangat menyakiti kulit, namun itu tidak mengurungkan niat kami untuk berhenti sesaat untuk mengabadikan dan meresapi keindahan alam yang begitu mengagumkan ini walau hanya beberapa menit saja.

Saya yakin, tikungan ini adalah tikungan paling sibuk di mana para turis yang melewati tikungan yang di garis biru ini, akan berhenti dan memarkirkan motor, sepeda, dan mobil mereka sejenak di sini. Namun saat itu hanya kami saja yang berada di bukit ini karena masih sepi pengunjung setelah gempa yang melanda lombok 2 bulan yang lalu.

Bukit malaka

Tidak ketinggalan juga di bukit malaka yang terletak beberapa km dari bukit malimbu ke utara. Sebuah tikungan yang terletak di sebelah kiri dari senggigi yang merupakan bukit kedua yang bagus untuk mengambil photo keindahan alam dan bisa melihat 3 pulau andalan lombok, yaitu gili trawangan, gili meno, dan gili air. Mereka bertiga terlihat sejajar yang saling berdekatan satu sama lainnya yang terletak di antara hamparan lautan yang luas yang seolah olah memisahkan diri dari pulau lombok.

Bukit malaka, spot bagus untuk mengambil photo

LOMBOK UTARA

Motor kami terus melaju ke arah utara di mana kerusakan akan gempa yang paling parah terjadi di lombok. Jejak jejak gempa terlihat sangat kuat di sini di banding area sebelumnya. Rumah rumah dan bangunan bangunan dari batu bata banyak yang rusak bahkan ada yang roboh. Dari kanan kiri jalan banyak bata bata bekas reruntuhan bangunan yang bertumpukan di sini.

Rumah rumah rusak parah

Rumah rumah yang rusak, terlihat sepi di tinggal penghuninya. Suasana di desa ini pun masih sepi. Di saat bersamaan saya merasa sedih melihat ini semua di depan mata saya langsung. Tidak bisa di bayangkan bagaimana duka saudara saudara kita ini yang tinggal di sini.

Walaupun desa ini terletak di sekitar bukit bukit, banyak juga lahan lahan kosong yang lebar dan rata. Kebanyakan lahan lahan yang rata dan kosong ini, di jadikan tempat untuk pengungsian oleh penduduk pada saat terjadinya gempa. Itu terlihat dari adanya tenda tenda darurat yang berdiri di beberapa lahan kosong. Tempat untuk air bersih dan dapur umum pun terlihat di sekitarnya.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Tenda tenda darurat yang mereka gunakan untuk tinggal sementara pasca gempa

Setelah melewati itu semua, kami memasuki sebuah desa yang terletak tidak jauh dari pantai sira di lombok utara. Ya, pantai inilah tujuan kami melewati desa desa yang terdampak gempa paling parah ini. Rumah rumah banyak yang hancur terutama rumah rumah yang terbuat dari batu bata. Rumah yang terbuat dari kayu hampir roboh dan kadang sudah tidak berdiri lagi. Walaupun rumah rumah mereka hancur, anak anak berusia 6 – 8 tahunan terlihat masih bisa bermain gembira, tertawa dan berlarian kesana kemari di sekitar reruntuhan bangunan.

Rumah hancur sampai sampai kulkas di tepi jalan

Dengan bantuan google map, kami melewati jalan jalan kecil untuk menuju ke pantainya. Suasana di desa ini terlihat rindang dan alami yang masih banyak di tumbuhi pohon semak semak belukar terutama pohon pohon kelapa yang tinggi tinggi. Kerbau kerbau coklat yang tidak begitu gemuk itu pun kadang terlihat di suatu lahan dan menggerombol sedang mencari makan.

# Pantai sira

Akhirnya sampailah kami di pantai sira. Terlihat perahu perahu nelayan untuk menangkap ikan yang berjumlah sekitar 10 perahu itu pun terparkir di tepi pantai yang di tinggal oleh pemiliknya. Sunyi dan senyap tanpa orang di sekitar. Hanya suara suara burung berkicau dan deburan ombak yang tenang yang hanya terdengar saat itu.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Pantai sira yang sepi senyap tidak ada orang satu pun

Di sekitar tepi pantai terdapat lahan hijau yang rindang yang di tumbuhi oleh pohon pohon kelapa dan rumput rumput liar. Private private villa yang terdapat di salah satu lahan hijau nan rindang itu pun, terlihat sepi tanpa pengunjung. Dari sini kami bisa melihat secara jelas salah satu 3 gili itu. Kami menebak pulau kecil yang berada di seberang pantai sira ini, adalah gili air.

# Pantai senggigi

Setelah pantai sira, kami kembali ke senggigi dan mampir ke pantai senggigi lombok barat. Ini adalah pertama kalinya kami ke pantai senggigi. Tidak begitu terkesan saat kami mengunjungi pantai yang lumayan terkenal ini. Sampah sampah banyak bertebaran di mana mana. Well, maklum kemungkinan karena pasca gampa dan penduduk setempat tidak begitu menjaga nya karena tidak banyak pengunjung saat itu. Namun somehow, keindahan pantai ini masih terlihat.

Masih sepi

Resort resort yang menghadap ke pantai pun sepi senyap seperti tidak ada kehidupan sama sekali. Kolam kolam renang yang terletak di depan resort pun terlihat kering kerontang tanpa air di kolam.

Kolam renang pun kering kerontang

LOMBOK TENGAH

# Pantai kuta mandalika

Hari berikutnya, kami berencana ingin pindah dari lombok barat ke lombok tengah selatan tepatnya di kuta lombok. Jarak dari hotel kami menginap kurang lebih 25 menit berjalan kaki ke pantai kuta mandalika. Katanya nih, pantai ini adalah pantai yang akan menandingi pantai pantai yang ada di pulau bali lho!

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Sekitar pantai kuta yang masih sepi

Sesampai kami di sana memang terlihat di sekitar pantai yang sedang di lakukan pembangunan. Pasir putih nya lumayan halus dan lebar seperti pantai kuta bali. Namun ombaknya lebih tenang dan kecil. Terdapat batu karang yang besar yang berdiri di antara hamparan pasir yang terdapat tulisan Kuta Mandalika terpampang jelas dan besar di atasnya. Bukit bukit dengan berbagai ukuran banyak yang berdiri menjorok ke tengah laut.

Lumayan masih ada orang di sekitar di banding pantai sira

Di sisi lain sekitar pantai, terdapat warung warung atau mungkin penjual minuman di tepi pantai yang di bangun dari bahan bambu. Namun masih sepi tidak ada satu pun yang berjualan. Di bagian pantai ini, banyak perahu perahu yang terparkir di tengah tengah laut yang berdekatan dengan bukit bukit yang hampir gundul itu.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Tempat untuk menjual makanan dan minuman belum ada yang buka

Di lombok tengah selatan ini terlihat hampir tidak ada jejak gempa lombok. Bangunan bangunan masih berdiri kokoh. Orang orang terlihat lebih banyak lalu lalang di banding lombok barat dan utara. Namun toko toko dan restoran masih banyak yang tutup. Jalan jalan yang menuju ke pantai pun terlihat sepi. Maklum karena tidak banyak turis asing atau domestik yang belum berani datang ke lombok saat itu. Jadi restoran dan toko toko masih banyak yang tutup.

Jalan menuju ke pantai kuta masih sepi piiiiii….

# Pantai Tanjung Aan

Selain pantai kuta mandalika, kami juga mengunjungi pantai tanjung aan. Pantai tanjung aan, juga tidak kalah cantiknya. Dengan pasir lembut nya dan putih nya yang hampir sempurna ini, menyilaukan mata telanjang saya. Bukit bukit yang hampir gundul itu, berdiri di antara lautan biru yang tenang. Di pantai tanjung aan, turis turis lumayan ramai di banding pantai kuta. Kafe Kafe pun sudah banyak yang buka dan terlihat lebih hidup di sini.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Pantai tanjung aan yang indah dan lumayan ada orang

# Pantai Are Guling

Hari terakhir kami di lombok akhirnya tiba. Kami menyempatkan pergi ke sebuah pantai di sekitar kuta yang mempunyai nama pantai are guling. Menurut saya pribadi, pantai ini hampir sama bentuk dan ukurannya dengan pantai tanjung aan. Bentuk nya seperti bulan sabit dan terdapat bukit di antara sisi pantai yang menjorok ke laut. Pasir putih nya pun lembut dan juga ombak nya yang tenang . Di pantai are guling juga sudah lumayan banyak turis saat itu dan beberapa kafe yang sudah buka.

Liburan Ke Lombok Dan Suasana lombok 2 Bulan Setelah Gempa 2018
Lumayan sudah ada turis di sekitar

Di dalam perjalanan menuju ke pantai pantai itu semua, pemandangan alam lombok yang mengagumkan terlihat di mana mana. Bukit bukit, lembah lembah yang indah, jalan jalan yang berliku naik turun, hamparan tanah kosong yang di tumbuhi rumput dan pohon pohon kelapa pun menambah keindahan pulau lombok yang masih natural ini. Pemandangan puluhan kerbau kerbau yang sedang mencari makan di lahan luas pun sering di temukan di sekitar.

Tidak pernah melihat pemandangan seperti ini sebelumnya. wow!

Saya yakin, menurut pengalaman saya ini dengan melihat sendiri seperti apa indah nya pulau lombok ini, suatu hari, lombok akan menjadi pulau yang tak kalah populer nya dengan bali. Potensi sebagai tujuan wisata sangat tinggi di sini. Melihat dari banyaknya pantai pantai yang cantik cantik, pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan tradisi tradisi budaya lombok suku sasak nya yang masih di jaga dengan baik hingga sekarang. Ini terbukti bahwa masih adanya kampung sasak yang masih bertahan hingga sekarang yang masih menjaga keasliannya.