Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
© Indobritpedia.com

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol. Tapa adalah makanan dengan porsi yang kecil kecil dari berbagai jenis makanan spanyol. Makanan ringan atau bisa juga di hidangkan sebagai pembuka ini umum sekali di spanyol dan sering di jumpai di bar bar dan restoran restoran kecil lokal yang di hidangan secara gratis bersamaan dengan minuman apapapun yang kita pesan. Tapas ini di sajikan dalam keadaan dingin dan juga panas.

Hidangan tapas in bukan hanya di spanyol saja ya, namun makanan ini sudah terkenal di penjuru dunia dan di beberapa bar, restoran di spanyol dan di seluruh dunia, tapas sekarang di sajikan dengan lebih sophisticated dan unik. Makanan tapas ini juga bisa di jadikan sebagai menu utama makanan lho. Jadi bukan hanya sebagai makanan cemilan, namun bisa juga di hidangkan untuk full menu.

Dan tentu karena malam ini kami akan makan tapas spanyol, kami tentu memesan minuman supaya lebih komplit dan cocok di lidah saat menikmati tapas yang lezat lezat ini. Saya sendiri pesan red wine Rioja Vega Semi Crianzo dari spanyol.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Red wine and beer / / © Indobritpedia.com.

Tidak lama menunggu orderan pertama untuk pembuka kami pun datang. Kami pilih meet platter yang isinya ada 4 jenis ham atau Jamón dalam bahasa spanish nya yang berbeda beda. Mereka adalah serrano, chorizo, salchichon dan paleta yang di iris dengan super tipis. Ham serrano itu secara harfiah berasal dari sierra atau pegunungan. Jenis ham spanyol kering yang kadang juga di potong secara dadu.

Chorizo adalah sejenis sosis babi yang di fermentasi dan di awetkan dan langsung bisa di makan tanpa perlu di masak. Namun ada beberapa chorizo yang harus di masak dahulu dan tidak di fermentasi. Selain terbuat dari babi, salchichon kadang terbuat dari daging sapi atau daging kuda yang di bumbui dan di awetkan hingga tiga bulan. Dan paleta adalah sejenis ham yang berasal dari kaki depan babi iberia yang semua mempunyai rasa yang asin yang delicious.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Meat platter / © Indobritpedia.com

Hidangan selanjutnya adalah tomato anchovies toast. Ini adalah sepotong roti panggang yang renyah, di potong kotak kotak yang di olesi minyak ikan teri dan bawang putih, pure tomat dan irisan ikan anchovy atau sejenis ikan teri yang gurih dan lembut bersamaan taburan garam di atas nya. Itu bisa makan langsung dengan tangan dan gigit langsung atau di potong dengan pisau.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Tomato Anchovies Toast / © Indobritpedia.com

Yang ke tiga datanglah beetroot salad kami. Isinya seperti yang terlihat ada beetroot atau ubi bit merah yang di kukus atau di rebus dan di hidangkan saat dingin tentunya. Saat di makan ubi bit merah ini mengeluarkan banyak air dan tanpa harus di kunyah banyak di mulut. Di lengkapi dengan irisan mentimun, tomat, bawang bombay, fresh selada, selada ungu dan baby spinach yang di siram dengan sauce balsamic.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Beetroot Salad / © Indobritpedia.com

Lalu kami pun pesan patatas bravas atau patatas a la bravas atau di sebut papas bravas. Merupakan hidangan makanan native spanyol dari madrid. Ini adalah kentang goreng yang sedikit renyah, di potong kecil kecil tidak beraturan. Di campur dengan manchego cheese dan di percantik dengan mayonnaise dan sauce yang sedikit pedas di atasnya. Kadang di restoran lain, mereka menyuguhkan patatas bravas ini dengan sauce yang di pisah dan di celupkan ke sauce nya. Salah satu hidangan panas tapa yang kami pesan.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Patatas Bravas / © Indobritpedia.com

Hidangan tapas panas lainnya yang kami pesan ialah calamari. Starter ini sangat terkenal sekali di restoran restoran barat. Dan sudah menjadi hidangan standar untuk starter di restoran italia. Ini adalah cumi cumi yang di potong menyerupai cincin dan di goreng setelah di campurkan dengan adonan. Adonannya sedikit renyah dan di hidangkan dengan mayonnaise atau sauce sejenis sampingnya. Namun kali ini restoran ini menyuguhkan dengan bell pepper sauce di sampingnya.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Crispy Calamari / © Indobritpedia.com

Tak terasa hanya makan kecil kecil seperti itu namun perut sudah mulai terasa kenyang. But masih ada 2 orderan yang masih ada. Lamb sausage ini saat baru datang bau nya menarik aku untuk tetap makan karena baunya yang khas lamb nya itu. Di taruh di atas mangkuk medium dan di hidangkan dengan cherry tomat dan garlic yohurt. Daging nya pun lembut di mulut dan asin nya pas.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Lamb Sausage / © Indobritpedia.com

Nah akhirnya pesanan terakhir pun datang untuk menemani minuman kami yang masih ada. Ini adalah cheese platter yang isi nya ada berbagai macam jenis cheese. Ada quince cheese yang di potong dadu coklat itu, ada regular cheese, biscuit, buah buahan ada apel, strawberry dan blueberry. Cara makan nya nih dari kiri, lalu ke kanan, dan terakhr di tengah. Di makan di campur dengan lainnya.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Cheese Platter / © Indobritpedia.com
Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol
Cara makannya di campur dengan yang lainnya / © Indobritpedia.com

Bagaimana, kamu suka tidak dengan makanan tapas ini? Kalau kamu bosan dengan makanan itu itu aja, coba deh makan tapas ini yang berasal asli dari spanyol. Konon ada legendanya juga lho! Menurut legenda yaitu raja dari spanyol raja alfonso ke 10 pernah terkena penyakit serius yang memungkinkan nya hanya makan dengan porsi kecil kecil dan sedikit wine. Dan setelah raja sembuh, ia pun mengeluarkan dekrit bahwa tidak ada anggur yang di sajikan di dalam penginapan selain dengan makanan.

Ada waktu waktu umum di spanyol untuk makan tapas. Itu di antara waktu selesai kerja dan makan malam. Di spanyol, makan malam di sajikan bisa hingga larut malam antara jam 9 sampai tengah malam. Jadi di antara jam jam sebelum makan malam orang orang di spanyol sering pergi ke bar untuk minum bersamaan dengan hidangan tapas yang gratis setelah jam kerja sambil menunggu waktu nya makam malam.

Baca juga :

Ada juga waktu terkenal lainnya untuk tapas yaitu di hari hari waktu weekend di tengah hari sebelum saat nya makan siang. Biasanya makan siang di sajikan di antara jam 1 sampai jam 4 sore. Jadi di antara waktu waktu ini, mereka pergi ke bar bertemu teman teman lainnya untuk minum dan bersosial. Dan sudah pasti dengan tapas yang di hidangkan di meja mereka.

Ini adalah gaya hidup orang orang spanyol. Oleh karena itu orang orang spanyol terkenal mempunyai sosialisasi yang tinggi. Well itu mungkin di karenakan cuaca di sana sedikit lebih hangat di banding ke north yang cenderung lebih dingin. Jadi orang orang di sana sering keluar dan bersosialisasi.

Makan Malam Di Tapas Restoran Spanyol Dan Gaya Hidup Orang Spanyol