Kunjunganku Ke Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China
Kota air Qibao Copyright © indobritpedia.com

Kunjunganku Ke Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China. Kota kuno Qibao adalah kota kuno yang masih berdiri tidak jauh dari central shanghai yang menggambarkan shanghai pada masa lalu. Hanya sekitar 17 km dari central shanghai menuju ke kota tua ini. Kota ini bagus di kunjungi jika kamu sedang penasaran dengan kota air yang ada di china tanpa perlu melakukan perjalanan dan jauh yang menguras banyak waktu.

Qibao dalam bahasa china berarti tujuh harta. Di namai Qibao karena terdapat cerita dari masyarakat setempat bahwa di Qibao terdapat tujuh harta yang tersimpang di sekitar kota tua ini. Kota kuno Qibao di lewati oleh 2 kanal dengan rumah rumah jaman dinasti yang masih terawat dengan baik hingga sekarang. Selain itu terdapat kuil, toko toko dan kafe yang berjajar di gang gang kecil yang menjual suvenir, kerajinan tangan dan cemilan cemilan khas shanghai.

Kunjungan kali ini saya lakukan sebelum saya mengunjungi venice nya shanghai, zhujiajiao, di mana kita harus melakukan perjalanan 1 jam dengan bis lalu berjalan kaki 15 menit menuju ke kota airnya. Namun untuk mengunjungi tempat ini, kamu hanya perlu naik metro line 9 dan stop di stasiun Qibao. Hanya memakan waktu sekitar 30 menit dari sentral shanghai dan hanya ganti 1 kali line, kamu sudah bisa menghilangkan rasa penasaran kamu tentang kota air kuno yang ada di china.

Namun saya tidak mengharap banyak akan mendapatkan tempat duduk di kereta saat itu terutama di central. Kita semua tahu bahwa china mempunyai populasi paling banyak di dunia. Dan di manapun kamu berada, kamu akan melihat banyak orang di mana mana tanpa terkecuali di dalam kereta ini. Jadi kereta selalu penuh. Jujur, semenjak di shanghai saya jarang sekali mendapatkan tempat duduk. Itu mungkin karena saya tidak suka berebut dengan mereka.

Setelah 30 menit berdiri di kereta akhirnya sampailah di stasiun Qibao. Dari stasiun qibao saya keluar dan masih perlu berjalan sekitar 10 menit menuju ke kota kuno nya. Untuk menemukan kota tua ini tidak susah, karena di sana terdapat gerbang khas china dan pagoda namun tidak terlalu tinggi berdiri di tengan tengan halaman.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Sebuah Pagoda berdiri di depan pintu masuk kota tua Qibao Copyright © indobritpedia.com

Tidak lama berjalan di sekitar pagoda, saya pun berjalan mengikuti kerumunan orang yang sedang berjalan menuju ke arah belakang pagoda. Di jalan yang sempit ini, banyak berjejer toko toko tua yang terletak di kanan dan kiri jalan. Toko toko ini menjual makanan dan barang barang seni buatan mereka dan suvenir.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Jalan sempit yang di apit oleh toko toko menuju ke kota air Qibao Copyright © indobritpedia.com

Setelah berjalan menyusuri gang sempit yang hanya kira kira panjang 100 meteran lebih, di sana terdapat area yang cukup lebar dan di kelilingi rumah rumah tradisional tentunya dengan makanan dan suvenir yang di jual. Dari area ini langkah saya pun langsung menuju ke kerumunan orang yang sedang berjalan di atas tangga itu.

BACA JUGA :

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Area yang lebar dan tangga jembatan yang terlihat dari kejauhan Copyright © indobritpedia.com

Ini adalah pengalaman pertama kali saya melihat kota air di china yang sering saya lihat hanya di  film film china. Jembatan jembatan batu tua yang melengkung, rumah rumah bercat merah tua dengan atap yang di design khas jaman dinasti yang berjejer di tepi kanal, dan lantern lantern khas china bergantung di rumah rumah kuno itu.

Rumah rumah tradisional yang berdiri berjejer di tepi kanal itu, saya perhatikan bukan lah tempat tinggal penduduk, namun rumah rumah itu sudah di jadikan restoran restoran china.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Rumah tua yang di jadikan restoran di tepi kanal kota tua Qibao Copyright © indobritpedia.com

Tentu kunjungan ini tidak sampai hanya di disini saja. Saya lalu pergi menyeberangi jembatan utama ini dan mengikuti jalan sempit mengikuti pengunjung lainnya dan mengitari area di gang gang kecil. Di gang gang ini saya menemui banyak toko toko yang berjualan cemilan cemilan lokal. Ini adalah surganya jajanan khas shanghai.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Voew dari jembatan. Gang sempit yang ramai di kunjungi oleh pengunjung dan di apit oleh toko toko cemilan aneh aneh yang belum pernah saya temui Copyright © indobritpedia.com

Setiap pojok dan toko toko menjual cemilan di mana menurut saya jajanan itu terlihat sangat asing dan tidak pernah terlihat di mana pun. But mumpung saya di sini, saya memutuskan untuk mampir di salah satu tempat makan karena memang sudah waktu nya makan siang.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Saya kurang tahu apa itu. Oh yang sebelah sana ada sosis lainnya kurang tahu Copyright © indobritpedia.com

Jajanan yang saya pesan saat itu yaitu seperti burger namun dengan roti yang renyah seperti keripik dan berisi irisan daging sapi yang empuk, dan juicy. Cukup enak! Selain itu saya juga memesan mie dengan kuah yang pedas. Kelihatan nya sederhana namun saat di cicipi lumayan enak. Ini semua cukup untuk mengganjal perut sampai makan siang nanti atau mungkin makan malam.

BACA JUGA :

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Roti renyah yang berisi daging sapi yang lembut dan juicy. Kamu mau ? Copyright © indobritpedia.com

Setelah saya menghabiskan cemilan, saya pun langsung menuju ke tempat bagian lainnya di mana orang orang lokal ini tinggal. Masih melalui gang gang sempit yang penuh dengan makanan makanan cemilan. Tidak seperti di sekitar jembatan utama itu di mana bangunan tua itu di jadikan restoran restoran di samping kanal.

Di bagian ini, di tepi kanal terlihat rumah rumah tua yang masih sangat natural dan tidak di buat buat. Terlihat barang barang mereka seperti sepeda, jemuran baju, kursi dan orang orang yang masih tinggal di rumah rumah itu yang sedang melakukan aktifitas.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Rumah rumah tua yang masih di huni masih terlihat natural Copyright © indobritpedia.com

Tidak jauh dari rumah penduduk itu, terdapat lonceng perunggu raksasa yang terletak di dalam sebuah bangunan tua beratap kuning. Tepatnya di pojok perempatan saluran air itu. Ini adalah peninggalan dinasti Ming yang konon tidak ada yang tahu lonceng perunggu ini berasal.

Lonceng perunggu ini merupakan salah satu cerita dongeng tujuh harta yang ada di Qibao. Selain lonceng juga ada sebuah kitab emas sutra teratai yang di tulis oleh kanselir kekaisaran dari abad 10, pohon ajaib china tua, kapak batu giok, sebuah emas, dan sepasang sumpit batu giok. Namun menurut sejarah, sebenarnya yang pernah ada hanya ada 4 yaitu, kitab emas sutra teratai, pohon ajaib china tua, sebuah emas dan lonceng perunggu ini. Namun yang masih ada hingga hari ini yaitu lonceng perunggu dan kitab suci. Dan itu semua berasal dari dinasti ming.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Lonceng perunggu yang terdapat di tempat beratap kuning tepatnya di perempatan sungai Copyright © indobritpedia.com

Saya pun penasaran dengan lonceng itu dan ingin melihat dari jarak dekat yang konon memang kedatangannya yang misterius. Saya harus memutar dan mencari jalan untuk dapat sampai di seberang sana. Dan akhirnya saya menemukan jembatan yang saya kira jembatan yang bisa saya lalui dan mengarah ke area lonceng itu. Di area ini terlihat sepi dari pada jembatan sebelahnya. Namun sebelum sampai di lonceng perunggu itu, saya melewati sebuah kuil.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Jembatan menyeberang ke arah kuil. Jembatan yang kesepian Copyright © indobritpedia.com

Tentu saya tidak melewatkan untuk menghampirinya. Hanya beberapa menit berdiri di dalam kuil, saya menyadari bahwa kuil ini seperti nya baru dan bukan kuil tua yang berusia ratusan tahun yang kebanyakan ada di china. Jadi saya tidak terlalu tertarik untuk menjelajahinya lebih jauh.

Tidak jauh dari kuil itu, terdapat sebuah kebun yang rindang dan banyak di tumbuhi oleh bambu bambu kecil. Dan di belakang bambu bambu inilah lonceng misterius itu berada. Berukuran sangat besar yang menggantung. Terdapat lubang layaknya lonceng namun lonceng misterius ini diam di tempat, tidak bisa di gerakan atau di ayunkan.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Lonceng misteri Copyright © indobritpedia.com

Kota tua Qibao merupakan kota air paling kecil yang ada di shanghai. Hanya butuh 2 jam saja sudah cukup untuk mengitari kota kuno ini. Di bangun dari tahun 960-1126 yang pada saat itu kekaisaran dinasti Song yang menguasai china. Lalu pada saat kekaisaran dinasti Ming tahun 1368 – 1644, kota kuno ini menjadi pusat bisnis yang makmur. Sampai pada jaman dinasti Qing tahun 1644 – 1911.

Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China Dan Kunjunganku
Pemandangan indah dari lonceng perunggu dari seberang sungai Copyright © indobritpedia.com

Hingga sekarang kota kuno Qibao terkenal untuk area wisata dan hanya satu satu nya kota kuno yang ada di shanghai yang dekat dengan sentral shanghai yang penuh dengan bangunan bangunan pencakar langit super tinggi. Dan kota air ke dua, Zhujiajiao yang di sebut juga sebagai venice nya shanghai yang membutuhkan perjalanan 1 jam dari central. Dan menurut saya, Zhujiajiao lebih bagus dan lebih besar di banding Qibao. So jika kamu ada waktu lebih saya sarankan pergi ke kota air Zhujiajiao ini. Kunjunganku Ke Kota Air Qibao Yang Penuh Legenda Di Shanghai China.