Kota Air Zhujiajiao Berumur 1700 Tahun, Venice Shanghai Wisata Populer
Copyright © Sergio Tittarini

Kota Air Zhujiajiao Berumur 1700 Tahun, Venice Shanghai Wisata Populer. Apabila kita menyinggung yang namanya kota air, pasti kita akan langsung tertuju ke kota venice di italia. Tidak perlu jauh jauh ke eropa sana, apabila kamu pas sedang di china, terutama shanghai, di sana terdapat beberapa kota air yang terkenal. Namun kali ini kita akan membahas tentang kota air yang paling bagus di shanghai namanya zhujiajiao.

Venesia China, Kota Air Zhujiajiao Tempat Terkenal Wisata Di Shanghai
Copyright © indobritpedia.com

Letak zhujiajiao tepatnya di distrik qingpu daerah pinggiran kota shanghai sebelah selatan sungai yangtze. Kota antik ini sering di sebut juga dengan venice nya shanghai di mana kota ini di kelilingi oleh kanal kanal yang berlika liku. Rumah rumah kuno dari dinasti Ming dan dinasti Qing masih berdiri tepat di samping nya hingga sekarang.

Venesia China, Kota Air Zhujiajiao Tempat Terkenal Wisata Di Shanghai
Copyright © indobritpedia.com

Terdapat 36 jembatan jembatan kuno yang terbuat dari batu yang melengkung menyeberangi kanal kanal ini. Kota air ini di dirikan lebih dari 1700 tahun silam pada saat china masih dalam sistem monarki. Hingga sekarang, kota yang tenang dan damai ini masih terawat sangat baik dan merupakan kota air terbaik yang ada di shanghai. Karena banyak nya sungai sungai yang mengitari kota ini, perahu adalah alat transportasi di sana.

Mulai lah berjalan di tepi kanal yang rindang nan berliku, kamu akan terasa seperti berjalan di ribuan tahun yang lalu dan seperti berjalan di dalam lukisan lukisan china yang sering kita jumpai. Rumah rumah tua yang berderet yang masih di huni, jembatan jembatan tua yang melengkung menyeberangi sungai, beserta gondola gondola sederhana yang lalu lalang di bawah nya. Dan melihat penduduk setempat yang masih sangat tradisional yang sedang melakukan aktfitas nya di rumah rumah tua itu.

Venesia China, Kota Air Zhujiajiao Tempat Terkenal Wisata Di Shanghai
Gondola lalu lalang di saluran air di kota air zhujiajiao           Copyright © indobritpedia.com

Ini adalah pemandangan yang jarang kita temui di dunia ini di mana sekarang semua nya serba canggih dan modern. Banyak juga toko toko yang menjajakan suvenir, bar, dan restoran restoran di tepi sungai dan di gang gang kecil. Dan pasti nya semua nya terdapat di bangunan bangunan era dinasti.

BACA JUGA :

Venesia China, Kota Air Zhujiajiao Tempat Terkenal Wisata Di Shanghai
Copyright © indobritpedia.com

Ada beberapa tempat yang menonjol di sini yang bisa kita lihat yaitu Fangseng Bridge. Di antara 36 jembatan yang terdapat di zhujiajiao, jembatan fangseng adalah jembatan paling panjang, besar dan tinggi yang ada di sekitar kota air ini dan sekaligus terbesar di shanghai. Di bangun pada tahun 1571 dan terletak di pintu masuk utama.

Venesia China, Kota Air Zhujiajiao Tempat Terkenal Wisata Di Shanghai
Fangseng Bridge dan restoran Copyright © indobritpedia.com

Banyak gondola gondola kecil yang terdapat di sungai sungai yang bisa mengantarkan pengunjung untuk mengitari kota air ini. Cara yang bagus untuk menjelajahi nya. Terdapat 2 jenis transportasi, yaitu untuk jarak dekat dan jauh. Untuk jarak dekat memakan waktu 10 menit perjalanan dan bisa naik dan turun di dek kanal . Dan jarak jauh yang akan mengantarkan ke seluruh kota.

Lalu ada kantor pos jaman dinasti Qing yang masih terawat. Di dalam kantor pos tua ini kamu bisa melihat surat surat kuno yang di tulis di atas bambu dan kartu kartu pos tua. Lalu ada Kezhi yuan di kenal juga dengan kebun keluarga Ma. Adalah taman klasik yang menyuguhkan pemandangan yang tenang dan terpencil. Taman seperti ini jarang di temui di china karena paduan antara arsitek china tradisional dan western.

Venesia China, Kota Air Zhujiajiao Tempat Terkenal Wisata Di Shanghai
Kezhi garden Copyright © Colin J

Apabila kamu hanya mempunyai waktu hanya 1 hari di shanghai namun ingin melihat kota air kuno di china, zhujiajiao pas untuk di kunjungi karena lokasi nya yang tidak jauh dari pusat shanghai. Transportasi yang cepat yaitu menggunakan bus yang dekat dengan people park di huangpu shanghai ( central shanghai ). Bus ini akan menuju langsung ke zhujiajiao ( express ). Terminal bus ini tepatnya di Pu’an road yang bersebelahan dengan shanghai concert hall. Bukan pu’an road yang bersebelahan dengan Times Square.

Venesia China, Kota Air Zhujiajiao Tempat Terkenal Wisata Di Shanghai
Bus menuju ke Zhujiajiao Copyright © indobritpedia.com

Nanti kamu akan menemukan tempat informasi turis di sana, seperti rumah kecil di tengah tengah jalan. Tanya kan kepada petugas kalau kamu ingin ke zhujiajiao. Mereka akan memberitahukan kamu bus mana yang benar. Sebenarnya bus itu terparkir di depan tempat informasi turis itu. Namun jika kamu tidak bisa baca tulisan china, lebih safe nya tanya kan saja kepada petugas.

Venesia China, Kota Air Zhujiajiao Tempat Terkenal Wisata Di Shanghai
Terminal bis di zhujiajiao Copyright © indobritpedia.com

Memakan waktu 1 jam untuk sampai di terminal zhujiajiao. Kadang bus akan berhenti di bus stop daerah dekat dengan zhujiajiao apabila ada penumpang yang ingin berhenti. Namun jangan takut karena bus ini berhenti di terminal terakhir dan kamu akan melihat banyak nya bus bus yang parkir di sana. Sesampai terminal bus, kamu hanya perlu berjalan kaki 15 menit untuk menuju ke kota air ini. Apabila bingung arah kemana, tanyakan saja ke staff staff bus di sana. Mereka pasti akan membantumu. Kota Air Zhujiajiao Berumur 1700 Tahun, Venice Shanghai Wisata Populer