Pasar Pernikahan Di Shanghai, Orang Tua Mencarikan Jodoh Untuk Anak
Dr. Sun Yat-sen's Mausoleum © Matthew Stinson

Tempat Pemakaman Sun Yat Sen Di Nanjing China, Proklamator Tiongkok. Dr. Sun Yat Sen adalah pahlawan revolusi china modern yang melawan pemerintahan kekaisaran dinasti Qing yang buruk, korup, dan pemikiran yang konservatif. Beliau berhasil menjatuhkan kekaisaran dinasti Qing yang pada akhirnya mendirikan negara republik china atau tiongkok. Tepatnya pada tahun 1911 dan revolusi ini mengakhiri pemerintahan sistem monarki selama 2000 tahun menuju ke pemerintahan baru dan modern.

Pasar Pernikahan Di Shanghai, Orang Tua Mencarikan Jodoh Untuk Anak
Photo Sun Yat Sen di ambil di museum Sun Yat Sen di shanghai Copyright © indobritpedia.com

Tempat peristirahatan terakhir Sun Yat Sen terletak di puncak gunung ungu yang ada di nanjing china. Pemakaman di bangun pada tahun 1926 sampai 1929. Dr. Sun di lahirkan di guangdong 12 november 1866 dan meninggal pada tahun 1025 di beijing. Sebelum di makamkan di nanjing, Dr. Sun di makamkan di tempat sementara di beijing. Pada 28 mei 1929, peti mati tiba di nanjing dan di makamkan di pemakaman yang di anggap sebagai makam yang mengagumkan dalam sejarah arsitek di negara china itu.

Tempat Pemakaman Sun Yat Sen Di Nanjing China, Proklamator Tiongkok
Photo pemakaman Sun Yat Sen di nanjing di ambil di museum Sun Yat Sen shanghai  Copyright © indobritpedia.com

Sebelum ke puncak gunung menuju ke pemakaman, pertama di sana terdapat alun alun, shop dan bus bus yang mengantarkan pengunjung dari kaki gunung. Siapkan energi anda karena untuk sampai di puncak, kita harus berjalan yang sedikit menanjak dan naik tangga menuju ke puncak. Jarak dari alun alun bawah menuju ke pemakaman sekitar lebih dari 700 m.

Baca juga :

Tempat Pemakaman Sun Yat Sen Di Nanjing China, Proklamator Tiongkok
Jalan datar yang sedikit menanjak menuju ke pemakaman     Copyright © indobritpedia.com

Dari alun alun bawah di sana terdapat gerbang paifang di mana gerbang untuk menuju pemakaman. Memasuki gerbang, terdapat jalan datar namun sedikit menanjak. Jalan datar  ini di apit oleh pohon pohon pinus dan cypress yang berdiri secara teratur. Di ujung jalan datar ini terdapat gerbang ber atap ( frontispiece )yang mempunyai 3 pintu melengkung yang masing masing terdapat gerbang. Namun yang di buka hanya 2 gerbang saja.

Tempat Pemakaman Sun Yat Sen Di Nanjing China, Proklamator Tiongkok
Gerbang masuk yang mempunyai 3 pintu yang melengkung.  Copyright © indobritpedia.com

Di dalam gerbang ini terdapat pavilion yan terdapat prasasti yang didirikan oleh kuomintang untuk mengenang Dr. Sun Yat Sen. Melewati pavilion selanjutkan terdapat  tangga yang sedikit curam dan cukup lebar untuk menuju ke tempat paling tinggi yaitu pemakaman Sun Yat Sen yang berada di puncak gunung ungu.

Baca juga :

Tempat Pemakaman Sun Yat Sen Di Nanjing China, Proklamator Tiongkok
Aula di mana makan sun yat sen berada                               Copyright © indobritpedia.com

Memasuki tempat aula itu terdapat patung yang terbuat dari marmer putih italia, patung Sun Yat Sen. Duduk di tengah aula dengan tinggi hampir 5 meter. Memakai baju panjang memangku buku yang terbuka dengan mata menghadap ke depan pintu masuk. Pintu masuk makam berlokasi di belakang. Terdapat patung putih marmer Dr. Sun Yat Sen yang berbaring di atas peti segi empat di mana tempat bapak nya orang orang tiongkok ini istirahat untuk selamanya. Dan jasa beliau akan di kenang sampai kapan pun oleh orang orang tiongkok di dunia.

Tempat Pemakaman Sun Yat Sen Di Nanjing China, Proklamator Tiongkok
Patung Sun Yat Sen di dalam aula               Copyright © Xuxuan Wang

Jika anda mempunyai waktu lebih, di gunung ungu ini selain tempat pemakaman Sun Yat Sen terdapat tempat yang wajib di kunjungi dan tidak jauh dan hanya perlu naik bus yang di sediakan di sekitar alun alun. Seperti linggu pagoda, xiaoling mausoleaum of ming dynasty. Tempat Pemakaman Sun Yat Sen Di Nanjing China, Proklamator Tiongkok.