Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai tiongkok
Copyright © indobritpedia.com

Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China. Dr. Sun Yat Sen lahir di guangdong china 12 november 1866. Adalah seorang revolusioner dan pendiri republik tiongkok atau china dan kontributor sejarah modern tiongkok. Dr. Sun di anggap sebagai bapak tiongkok modern, baik di daratan tiongkok atau pun di taiwan yang berperang melawan pemerintahan kekaisaran Dinasti Qing yang akhirnya di runtuh kannya dan akhirnya mendirikan republik tiongkok sekarang.

Tepatnya di French Concession shanghai, di sana terdapat bekas kediaman Dr sun dan istrinya tinggal dulu. Namun sekarang beberapa ruangan rumah tersebut di jadikan museum yang menyimpan barang barang Dr. Sun semasa hidup nya beserta istrinya. Dan rumah bagian lainnya di jadikan tempat pameran tempat tinggal pasangan tersebut. Seperti kamar tidurnya, ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, dan teras depan yang semuanya masih di lengkapi dengan barang barang rumah tangga mereka.

Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China
Ruangan ruangan yang di jadikan museum Copyright © indobritpedia.com

French Concassion adalah daerah di shanghai yang pernah di duduki oleh orang orang perancis dan hampir semua bangunan bergaya eropa perancis. Sama hal nya dengan museum sekaligus bekas kediaman Dr. Sun Yat Sen di shanghai ini. Bergaya eropa 2 lantai yang berdiri di antara bangunan bangunan mewah perancis di sekelilingnya.

Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China
Tampak depan di bekas kediaman Dr. Sun bergaya eropa Copyright © indobritpedia.com

Terdapat patung Dr. Sun Yat Sen persis di depan rumah yang bercorak merah dan tembok abu abu. Dari tahun 1918 sampai 1925 Sun Yat Sen dan istrinya Soon Ching Ling tinggal di rumah tersebut yang di sumbangkan oleh beberapa orang tiongkok canadian yang mendukung revolusi tiongkok. Namun istri Sun Yat Sen terus tinggal sampai tahun 1937 setelah kematian nya ketika tentara jepang menduduki shanghai.

Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China
Sun Yat-sen and Soong Ching-ling wedding photo (1915) Copyright © indobritpedia.com

Koleksi yang ada di ruangan ruangan rumah lantai 2 itu meliputi photo photo Sun Yat Sen pada masa muda sampai tua, photo photo dengan para pejabat dan orang orang penting dunia, photo dengan istri Sun Yat Sen dan photo pada saat beliau di makamkan di nanjing china.. Buku buku Sun Yat Sen, pistol kecil yang di gunakannya dan pedang, alat alat medical yang di gunakan olehnya di macao dan guangzhou, kuncir rambut atau taucang, telescope, sun yat sen suit ( mao suit ), dan banyak lagi.

Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China
Taucang pada jaman dinasti Qing Copyright © indobritpedia.com

Pada masa revolusi Sun Yat Sen sekitar tahun 1911, ia mengintruksikan untuk semua orang tiongkok untuk memotong taucang mereka dan berhenti mengenakan pakaian gaya manchu. Dan salah satu taucang tersebut terdapat di dalam museum ini. taucang atau kuncir rambut ini di lambangkan dengan gaya lama dinasti Qing yang buruk dan pemikiran yang konservatif.

Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China
Dr. Sun Yat Sen outfit Copyright © indobritpedia.com

Pada upaya Sun Yat Sen untuk mengubah pakaian yang cocok menjadi lebih modern, Dr. Sun mengembangkan setelan baju yang menggabungkan aspek milter, seragam siswa, dan bergaya barat namun tidak sepenuhnya mengadopsinya. Pada akhir tahun 1920 para pejabat nasional di haruskan memakai nya.

Baca juga :

Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China
Bagian rumah yang memamerkan perabotan Copyright © indobritpedia.com

Bagian rumah lainnya terdapat teras yang menghadap ke halaman hijau yang cukup luas. Terdapat kursi dan meja untuk bersantai. Di bagian rumah inilah yang terdapat kamar kamar tempat tinggal Dr. Sun dan istrinya. Dengan kasur, bantal, kursi, buku buku dan perabotan rumah tangga lainnya yang masih terpajang. Di rumah bagian ini peraturannya lebih ketat di mana para pengunjung tidak boleh mengambil photo di dalamnya.

Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China
Kereta tua yang terpajang di pinggir rumah Copyright © indobritpedia.com

Sekitar 8 tahun setelah Ny. Soong meninggalkan rumah yang terletak di xiangshan road no. 7 shanghai tersebut, dan pada saat tiongkok mengalahkan jepang, Ny. Soong menawarkan rumah tersebut untuk tempat memorial Dr. Sun secara permanen. Tepat nya pada tahun 1988 rumah tersebut di buka untuk umum dan memberikan kekaguman yang mendalam untuk para pengunjung.

Cara pergi ke museum dengan menggunakan subway: Line 13 dan stop di stasiun Middlle Huahai Road dan keluar di exit 1 dan jalan ke arah selatan sepanjang sinan road. Anda akan melihat tulisan untuk menuju ke museum. Dan Line 10 dan stop di stasiun xintiandi dan keluar ke exit 6 menuju ke fuxing park. Museum terletak di gerbang barat fuxing park. Museum Sekaligus Bekas Kediaman Dr. Sun Yat Sen Di Shanghai China.