Produk Makeup Untuk Pemula Dan Fungsi Nya Yang Perlu Di Miliki

Produk Makeup Untuk Pemula Dan Fungsi Nya Yang Perlu Di Miliki. Jika kamu seorang pemula dan tidak tahu banyak tentang produk make up, artikel ini kemungkinan cocok untuk kamu. Ada banyak produk make up yang di ciptakan di luar sana yang mempunyai fungsi masing masing dan peran yang penting dalam ber make up. Seperti di bawah ini, adalah produk produk make up yang wajib untuk kamu pemula untuk mengenalnya.

Rekomendasi artikel :10 Kuas make up untuk pemula wajib punya agar riasan maksimal

Produk Makeup Untuk Pemula Dan Fungsi Nya Yang Perlu Di Miliki

1. FACE PRIMER

Jenis make up yang wajib di miliki sebelum aplikasi jenis make up lainnya di wajah. Salah satu make up terbaik dan masih terbilang baru di pasaran.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu
Beli :Too Faced dari Sephora

Fungsi : Agar make up bertahan lebih lama entah itu di dalam cuaca panas, dingin, lembab, dan kering. Mengurangi tampilan pori pori dan garis garis halus yang akan membuat kulit tampak halus dan rata. Aplikasikan primer setelah moisturizer. Tinggalkan sebentar supaya meresap dan kering sebelum mengaplikasikan make up selanjutnya, yaitu foundation.

2. FOUNDATION

Adalah jenis make up yang di gunakan di seluruh wajah. Jenis make up paling dasar untuk langkah pertama saat bermake up. Biasanya ada beberapa macam bentuk yaitu cairan, krim, padat dan mousse ringan yang lembut. Fungsi :

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu

  • Menutupi kekurangan dan menutupi noda di kulit. Dan paling penting, menciptakan warna seragam dengan warna kulit kita.
  • Gunakan kuas kuas untuk foundation. Ada banyak jenis kuas untuk mengaplikasikan foundation. Beberapa orang masih nyaman dengan menggunakan jari mereka untuk aplikasi. Taruh sedikit produk di belakang tangan, lalu ambil langsung dengan kuas atau jari, lalu sebarkan dengan merata ke seluruh wajah dan leher jangan lupa. Atau buat dot dot di wajah dan baurkan dengan kuas.

3. BB CREAM

BB Cream adalah singkatan dari Blemish Balm dan ini adalah jenis kosmetik bisa di bilang untuk all in one. Biasanya sudah mengandung pelembab, primer, foundation dan SPF. Kadang terdapat pemutih dan anti penuaan. Bila kamu orang yang sibuk dan mencari jenis kosmetik yang simple dan semuanya ada di 1 wadah, BB cream mungkin menjadi pilihannya. Cocok di gunakan untuk setiap hari sebelum beraktifitas karena sangat menghemat waktu.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu
Beli :BB Cream NYX dari Sephora

Fungsi : Hampir sama seperti foundation yaitu untuk menutupi noda, meratakan kulit, jerawat dll. Biasa nya mereka berbentuk krim, jadi bisa di gunakan dengan kuas, sponge atau jari. Kamu bisa menambahkan nya berulang ulang untuk hasil fuller coverage.

4. FACE POWDER

Adalah kosmetik yang di gunakan setelah foundation yang memberikan hasil matte. Merupakan kosmetik dasar sebelum menerapkan blush, bonzer dan powder lainnya. Berbentuk bubuk dan padat. Hasil bisa translucent atau mempunyai warna sama dengan warna kulit kita.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu
Credit:Joe Hsu

Fungsi : Memberikan hasil matte di wajah, mengurangi kilau dan menyamarkan noda di kulit. Gunakan dengan kuas untuk powder, atau beautyblender.

5. CONCEALER

Kosmetik yang menyerupai foundation, namun lebih tebal dan sangat pigmented. Menyediakan berbagai macam warna untuk menyerupai kulit kita dan bisa bertahan lama.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu
Credit:Karen Marie

Fungsi : Untuk menutupi ketidaksamaan warna kulit dan untuk menutupi noda di kulit dengan hasil yang lebih detail. Biasanya di gunakan di bawah mata dan noda noda lainnya yang tidak ingin di lihat di wajah. Lakukan dengan cara  di tepuk tepuk. Ada beberapa jenis concealer dan bentuk :

  • Concealer cair : Jenis Concealer ini sering kita jumpai. cocok di gunakan untuk all jenis kulit. Jika kamu mempunyai jerawat, concealer cair cocok untuk kamu karena dia tidak akan membuat jerawat lebih parah karena bentuk nya yang cair. Gunakan dengan kuas, jari atau sponge.
  • Concealer krim : Kemasan biasanya berbentuk seperti pot dan pallete. Menghasilkan lebih coverage dari concealer cair. Bagus di gunakan untuk jenis kulit normal, kering dan kombinasi. Jika kamu mempunyai jerawat, hindari concealer ini karena bisa kemungkinan akan menjadi parah.
  • Concealer stick : Bentuknya seperti lipstik yang bagus di gunakan untuk menutupi lingkaran mata dan noda di wajah. Untuk kulit berjerawat hati hati menggunakan concealer ini, karena bentuknya yang tebal bisa menyumbat pori pori dan membuat jerawat lebih parah.

6. BRONZER

Produk Make Up Untuk Pemula Dan Fungsi Nya Yang Perlu Di Miliki
Credit:Shannon Yeh

Apabila kamu merasa wajah terlihat pucat, aplikasikan bronzer untuk memberikan sedikit coklat dan menambahkan kilau emas tanpa harus pergi berjemur di bawah sinar matahari. Membantu memberikan wajah terlihat lebih hangat dan tidak pucat. Aplikasikan di area tulang pipi, garis rambut, hidung dan dagu dengan kuas powder yang lembut dan lebih pendek agar bisa mengendalikannya lebih baik dalam penempatan. Gunakan sebelum blush.

7. KONTUR

Jenis kosmetik ini fungsinya untuk memberikan ilusi wajah lebih ramping dan menonjolkan tulang di wajah. Mempunyai warna beberapa lebih gelap dari kulit. Biasanya berbentuk padat, krim dan pencil dengan hasil matte. Bisa juga di gunakan untuk merubah bentuk wajah yang di inginkan.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu

Aplikasikan kontur di area tulang pipi, sisi hidung, rahang, dan dahi untuk menghasilkan tampilan yang lebih tajam. Gunakan angle brush, kuas powder yang lebih ramping, atau beautyblender tergantung jenis konturnya.

8. HIGHLIGHTER

Fungsi dari make up yang satu ini adalah untuk menambahkan cahaya dan menghasilkan tampilan glow di sudut tertentu di wajah. Berbentuk cair, krim dan bubuk. Kadang mengandung shimmer kadang tidak.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu
Credit:Maria Morri

Setelah memakai kontur, aplikasi highlighter tepat di atasnya agar hasil kontur terlihat lebih menonjol dan sekaligus memberikan kilau. Di aplikasikan di tulang pipi, tulang alis, atas alis, sudut dalam mata, hidung, tengah bibir atas, dan di pusat dahi.

9. BLUSHER

Fungsinya di gunakan untuk memerah pipi agar terlihat lebih segar dan lebih muda. Mereka biasanya berbentuk gel, krim, shimmer, padat, dan tint.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu

  • Gel : Bagus di aplikasi menggunakan jari agar lebih terkontrol.
  • Krim :  Ambil dengan kuas sedikit produk, lalu ambil tisu untuk mengurangi produk berlebihan, setelah itu aplikasikan ke apel pipi sedikit demi sedikit, lalu gunakan sponge untuk membaurkan nya.
  • Shimmer : Gunakan kuas blush dengan sikat yang padat dan lembut. Ambil produk sedikit dengan kuas, lalu senyum untuk menemukan apel pipi, tepukan produk dan lanjutkan ke atas tulang pipi.
  • Padat : Bagus di gunakan untuk semua jenis kulit. Di gunakan dengan kuas blush dengan sikat yang padat dan lembut. Ambil produk sedikit dengan kuas, lalu senyum untuk menemukan apel pipi, tepukan produk dan lanjutkan ke atas tulang pipi.
  • Tint : Tepuk tepukan ke pipi, lalu gunakan sponge yang lembab untuk membaurkannya. Hati hati apabila menggunakan jenis ini dan gunakan sedikit demi sedikit karena akan sulit untuk memperbaikinya setelah di aplikasikan.

10. EYE BROW PENCIL, GEL, DAN PADAT

Fungsi nya untuk membentuk dan mengisi alis agar terlihat subur, tebal dan kuat. Ada beberapa jenis yaitu pencil, gel, dan padat. Walaupun fungsi dan tujuan produk ini sama, namun mereka mempunyai kelebihan masing masing :

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu
Credit:Maria Morri 
  • Pencil : Untuk mengisi alis yang tipis agar terlihat subur, tidak rata agar terlihat rapi, dan membentuk lengkungan agar terlihat lebih indah dan membingkai.
  • Gel : Bagus di gunakan untuk membentuk alis dan mengisi alis yang tipis.
  • Padat : Bagus di gunakan apabila kamu sudah mempunyai alis yang tebal dan ingin sedikit menambahkan ketebalan.

11. EYE PRIMER

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu
Beli:Urban Decay Dari Sephora

Fungsi : Sama halnya dengan face primer yaitu agar eyeshadow dan concealer bisa bertahan lebih lama dan melekat di tempatnya. Menciptakan permukaan kulit kelopak mata yang halus dan mencegah minyak yang terjadi secara alami yang bisa merembes ke eye shadow dan merusaknya. Gunakan sebelum pemakaian eye shadow dan concealer. Di aplikasikan di kelopak mata dan bawah mata.

12. EYE SHADOW

Bagian dari kosmetik yang paling rumit saat di gunakan karena area nya yang kecil dan dan mempunyai banyak bagian. Namun bagian paling fun dari kosmetik lainnya karena warnanya yang berwarna warni. Pemakaian eyeshadow, membuat mata terlihat lebih hidup, segar dan glamor.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu

Bentuk dari eyeshadow biasanya berupa bubuk, padat, krim, cair, pensil, dan mousse. Dan mereka biasanya sangat pigmented. Karena area nya yang rumit, kecil dan berwarna warni, kita membutuhkan banyak kuas mata untuk menggunakan eyeshadow. Baca Kuas kuas eyeshadow beserta fungsi masing masing.

  • Warna eyeshadow paling terang di gunakan di tulang alis agar terkesan terangkat.
  • Warna eyeshadow yang sedikit gelap dari warna pertama biasanya di aplikasikan di kelopak mata.
  • Warna eyeshadow sedikit gelap dari yang kedua biasanya di aplikaskan di lipatan mata untuk mengkontur lipatan mata.
  • Warna eyeshadow paling gelap dari lainnya, biasanya di aplikaskan di sudut luar mata.

13. EYELINER

Berbentuk beberapa jenis dan sering di gunakan untuk membuat winged eyeliner dan garis di bulu mata bagian atas dan bawah. Di bawah ini adalah jenis fungsi masing masing:

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu

  • Eyeliner cair : Kemasan nya biasanya seperti botol kecil dengan kuas kecil yang tipis bersamaan dengan tutupnya. Atau kemasan jenis lainnya seperti spidol. Sering di gunakan untuk membuat winged eyeliner yang tegas dan biasanya di aplikasikan di bulu mata bagian atas. Hati hati apabila menggunakan eyeliner cair ini karena akan susah di perbaiki apabila sudah di aplikasikan.
  • Eyeliner padat : Membutuhkan kuas untuk mengaplikasikannya. Kuas biasanya berukuran kecil dengan serat yang kuat. Jika kamu menginginkan hasil yang lebih lembut, buram, dan gampang di baurkan dengan eyeshadow lainnya dan tidak terlalu tegas seperti menggunakan eyeliner cair, jenis eyeliner padat baik di gunakan. Selain itu jenis ini lebih gampang di aplikasikan.
  • Eyeliner pensil : Bentuk nya seperti namanya, pencil. Biasanya produk nya mudah di aplikasikan dan tidak keras, mudah di smudge, dan di baurkan. Eyeliner jenis ini paling simple, cepat dan bagus di gunakan jika ingin membuat smokey eye karena gampang di smudge. Cocok di gunakan di garis mata bawah dan atas.
  • Eyeliner gel : Bentuknya padat dan kental biasanya terdapat di pot kecil bersamaan dengan kuas nya. Eyeliner jenis gel biasanya bisa bertahan lama. Ambil produk dengan kuas, lalu ambil tisu untuk mengurangi produk yang berlebihan, aplikasikan dari sudut mata bagian dalam, ke arah keluar.

14. MASKARA 

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu

Kemasan nya biasanya seperti botol kecil dengan kuas di dalam nya bersamaan dengan penutupnya. Mempunyai banyak variasi kuas yang mempunyai fungsi masing masing. Namun dengan kata lain maskara di buat bertujuan untuk memberikan bulu mata lebih tebal, isi, panjang dan melengkung. Dan kabar baiknya terdapat banyak brand yang juga menjual jenis maskara waterproof yang bisa bertahan apabila terkena air.

15. LIPSTIK

Penggunaan lipstik sangat penting dalam tatanan rias. Namun selalu perhatikan dan cocokan dengan make up yang anda pakai saat itu. Bibir di anggap sebagai bagian tubuh yang sensual, dengan menggunakan lipstik kita terlihat lebih menarik di lihat dan membuat kita tampil lebih percaya diri.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu

  • Lipstik pelembab  : Jika kamu mempunyai bibir kering gunakan jenis lisptik ini agar lipstik terlihat lembut, halus dan sehat. Selain membuat lipstik terlihat lebih sehat, lipstik ini juga membuat bibir terlihat basah dan mengkilap namun tidak terlalu.
  • Lisptik satin dan sheer : Hampir sama seperti lipstik pertama yang masih mengandung pelembab, glossy dan berkilau. Mengandung banyak minyak yang mungkin harus  kita aplikasikannya berulang ulang ke bibir.
  • Lipstik matte : Jenis lipstik ini membuat bibir terlihat halus, lebih muda dan  tidak mengkilau. Kekurangan jenis lisptik ini sedikit membuat bibir kering. Untuk menghindarinya, campurkan produk vitamin E atau lidah buaya.
  • Lipstik krim : Tidak mengkilap namun terlihat halus di bibir. Gunakan lipgloss setelah nya untuk hasil yang lebih bagus.
  • Lipstik pearl dan frosted : Jenis lipstik ini, bibir akan terlihat sangat mengkilat dan memantulkan cahaya. Namun secara bersamaan bibir akan terlihat berat, retak dan kering. Untuk menghindarnya di sarankan menggunakan pelembab bibir sebelum menggunakannya.

16. SETTING SPRAY FOR FACE

Fungsinya untuk mengunci semua make up yang sudah di aplikasikan di wajah agar bertahan lama dan tidak gampang meleleh. Hindari setting spray yang mengandung alkohol karena bisa membuat kulit kering.

Produk Make Up Dan Fungsi Masing Masing Untuk Pemula Wajib Tahu
Beli :Make Up For Ever Dari Sephora

Setting spray hampir sama dengan face primer yang di gunakan sebelum make up. Namun perbedaaan nya karena setting spray berbentuk cair dan primer berbentuk gel atau krim. Dengan kata lain fungsi dari setting spray yaitu sebagai topcoat untuk langkah akhir setelah selesai merias wajah.

Yup, itu lah produk produk makeup untuk pemula dan fungsi nya yang perlu di miliki. Sering sering lah mempraktekannya agar bisa menguasai nya lebih cepat. Jangan lupa gunakan kuas make up untuk wajah dengan kuas nya masing masing untuk aplikasi produk. Dan gunakan kuas untuk eye shadow dengan benar karena mengaplikasi eye shadow sedikit rumit dan membutuhkan kuas yang tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here