Panduan Cara Beretika Di Inggris Untuk Menyesuaikan Budaya Setempat
Credit:Garry Knight

Panduan Cara Beretika Di Inggris Untuk Menyesuaikan Budaya Setempat. Orang orang inggris sangat menjunjung tinggi kesopanan dan rasa hormat di dalam kehidupan mereka sehari hari dan mereka terkenal akan hal ini. Mereka juga mengharapkan orang lain entah dari mana asal kita untuk melakukan hal yang sama seperti mereka.

Sebelum sampai di inggris, alangkah baik nya kita mengetahui budaya mereka dan etika yang seharusnya kita lakukan di sana. Karena kadang kadang tindakan kita atau kata kata yang kita anggap biasa, bagi mereka kadang di anggap tidak sopan. Nah tips di bawah ini cocok untuk anda untuk mulai mengenalnya.

Panduan Cara Beretika Di Inggris Untuk Menyesuaikan Budaya Setempat

1. PADA SAAT BERTEMU ORANG PERTAMA KALI

Seperti di indonesia, pada saat bertemu dengan orang baru kita bersalaman, namun tidak terlalu kencang dan tataplah mata mereka pada saat bersalaman namun jangan terlalu lama untuk menatapnya. Biasanya orang orang inggris pada saat pertama kali bertemu orang baru, mereka terlihat kaku dan tidak terlalu memberikan kesan akrab atau lebih gampang nya menjaga jarak.

Panduan Cara Beretika Di Inggris Untuk Menyesuaikan Budaya Setempat
Credit:Howard Russell

Cara mereka berbicara pun kesannya sangat formal dan kaku dan tidak mudah untuk langsung akrab saat bertemu. Namun lama kelamaan saat mereka sudah mengetahui satu sama lain, mereka akan sedikit lebih relax.

Baca Tradisi orang inggris paling terkenal unik dan aneh yang masih ada.

2. CARA MEMBERI SALAM DI ACARA FORMAL

Pada saat anda mendatangi acara formal, cara memberikan salam kepada orang baru yaitu dengan bersalaman sambil menguncapkan  ” How do you do” Ingat ini bukan lah pertanyaan, namun kata kata salam. Dan untuk menjawabnya anda tinggal mengulangi kata seperti mereka ” How do you do” Sambil menatap mata mereka dan jangan terlalu lama karena ini akan membuat mereka tidak nyaman.

Panduan Cara Beretika Di Inggris Untuk Menyesuaikan Budaya Setempat
Credit:reynermedia / Ilustrasi

3. PADA SAAT MENGUNJUNGI RUMAH SESEORANG

Apabila anda mendapat undangan untuk mengunjungi rumah seseorang, bawalah oleh oleh kecil seperti bunga, wine, champagne, atau cokelat dan langsung berikan setelah anda tiba di rumah mereka. Pada saat undangan ini untuk acara makan malam, jangan langsung duduk di tempat duduk.

Namun tunggulah yang punya rumah untuk menyilahkan anda duduk di tempat dimana mereka pilih untuk anda. Jangan datang lebih awal dari waktu yang sudah di tentukan oleh pengundang karena kemungkinan yang punya rumah belum siap untuk menyiapkan makan malam. Dan ini tidaklah sopan bagi mereka dan juga jangan terlambat.

4. LEPASKAN SEPATU DAN TOPI

Di inggris kadang masih menggunakan sepatu di dalam rumah. Untuk lebih sopannya pada saat memasuki rumah seseorang, tanya kan kepada yang punya rumah apakah sepatu perlu di lepaskan atau tidak. Dan apabila anda mengenakan topi, lepaskan topi pada saat memasuki ruangan dan rumah seseorang ( Untuk pria )

Rekomendasi :

5. DASAR ETIKA DI MEJA MAKAN

  • Jangan menaruh siku atau lengan di meja makan. Pastikan tangan di bawah meja selalu walaupun pada saat makan jika tangan yang lainnya tidak di gunakan. Menaruh siku atau lengan di meja pada saat makan adalah tabu di inggris.
  • Jangan menaruh hp di meja makan atau texting pada saat makan dan berbicara dengan orang.
  • Di inggris mereka selalu menggunakan pisau dan garpu untuk makan. Pisau selalu di sebelah kanan piring yang artinya pisau di gunakan untuk tangan kanan. Dan garpu di sebelah kiri piring yang artinya di gunakan untuk tangan kiri.
Panduan Cara Beretika Di Inggris Untuk Menyesuaikan Budaya Setempat
Credit:Caleb Dorfman
  • Jangan memulai makan, namun tunggu lah yang punya rumah makan dahulu setelah itu anda bisa makan.
  • Jangan menambah makan kecuali yang punya rumah menawarinya. Bila ingin menambah, bilang “Yes please”,” Just a little bit, please” Namun bila kenyang, anda bisa bilang “That was lovely but im full, Thank you” Ini terdengar lebih baik dan sopan dari pada langsung bilang “No, Thank you”
  • Makanlah dengan mulut tertutup dan tidak berisik dan jangan berbicara pada saat makan.
  • Apabila anda ingin pergi ke toilet, excuse yourself dan diam diam untuk meninggalkan meja. Dan pada saat ke toilet dan makan belum selesai, silangkan garpu dan pisau namun ujung saling berhadapan di atas piring. Ini memberikan tanda anda belum selesai makan.
  • Apabila sudah selesai makan, taruh garpu dan pisau bersama di angka jam 04.20 atau di angka 4 dan 10. Garpu di dalam dan pisau di luar secara sejajar.

Jangan lupa setelah kunjungan, kirim sms kepada yang punya rumah untuk mengucapkan terima kasih atas undangannya dan makan malam nya untuk menunjukan apresiasi. Ini simple, namun penting di lakukan.

6. MEMBERIKAN TIP

Di inggris biasanya orang memberikan tip pada saat mereka makan di restoran sebanyak 10% – 15%. Namun apabila bill sudah termasuk tip, mereka tidak menambahkannya lagi. Apabila service nya tidak bagus dan anda tidak suka, anda bisa untuk tidak memberikan tip.

  • Cara untuk meminta bill lebih bagus dengan kata seperti ini ” May I have the bill, please?” Dari pada langsung bilang “The bill, please”  
  • Dan pada saat memesan makanan di restoran gunakan kata” Please may I have…” dari pada menggunkana kata “Can I have…”

Naik taxi, mereka juga biasanya memberikan tip terutama apabila mereka membantu menurunkan barang atau menaikan barang ke taxi. £1 sampai £2 sudah pantas. Apabila seorang staff hotel membantu mencarikan taxi atau mengangkat barang bawaan, berikan tip £1 – £2 ke dalam tangannya pada saat anda bersalaman dan mengucapkan terima kasih. Jangan di berikan secara terang terangan di depan umum.

Mungkin anda suka :

7. MENJALIN PERTEMANAN

Untuk menjalin pertemanan dengan mereka, biasanya membutuhkan usaha dan waktu untuk menjalinnya. Namun, pada saat mereka sudah tahu anda dan sudah nyaman berteman dengan anda, biasanya akan bertahan lama.

Panduan Cara Beretika Di Inggris Untuk Menyesuaikan Budaya Setempat
Credit:Nick Webb / Ilustrasi

Dan biasanya mereka hanya akan memberikan pelukan dan ciuman pipi pada saat bertemu anda jika mereka merasa sudah akrab dengan anda atau kepada orang orang yang dekat dengan mereka. Sebenarnya orang orang inggris orang nya friendly, namun mereka terlihat dingin apabila belum mengenalnya.

8. CARA BERKELAKUAN DI TEMPAT UMUM

  • Jangan meludah di depan umum, di jalan atau di tempat sampah sekalipun karena itu adalah perilaku yang sangat buruk di inggris. Apabila ingin meludah, pergi ke toilet atau ke tempat sepi dan ludah di dalam tisu. Jika batuk atau menguap, tutup mulut dan bilang “Sorry” apabila ada orang di sekitar setelahnya.
  • Jangan buang angin, sendawa di tempat umum. Namun jika tidak sengaja melakukannya, bilang “Excuse me” Dan jangan membersihkan hidung di depan orang. Mereka jijik apabila ada seseorang melakukan hal ini di depan mereka. Gunakan tisu instead jika perlu melakukannya.
Panduan Cara Beretika Di Inggris Untuk Menyesuaikan Budaya Setempat
Credit:Daniel Oberes / Ilustrasi
  • Apabila di transportasi umum, jangan menatap orang karena itu tindakan yang tidak sopan dan mereka tidak akan nyaman.
  • Tahan pintu untuk orang di belakang anda.
  • Budayakan mengantri di inggris. Ini adalah budaya mereka yang sangat menonjol. Jangan pernah melangkahi barisan di antrian. Apabila anda sedang terburu buru, mereka biasanya akan memberikan jalan untuk anda apabila anda meminta nya dengan cara baik baik dan sopan. Untuk lebih jelasnya baca hal yang seharusnya tidak di lakukan di tempat umum di london.

9. DI DALAM PERCAKAPAN 

Orang orang inggris sering sekali menggunakan kata sorry, thank you, please dalam percakapan sehari hari mereka. Ini sudah menjadi kebiasaan mereka sehari hari. Gunakan kata kata sopan ini apabila berbicara dengan orang inggris di sana karena mereka akan lebih nyaman.

  • Contoh 1. Apabila mereka menabrak secara tidak sengaja di jalan, mereka berdua biasa nya akan bilang “Sorry”
  • Contoh 2. Apabila mereka akan bertanya kepada orang yang tidak di kenal  “Sorry, are you in the queue?”

Hindari untuk bertanya tentang hal pribadi seperti umur, gaji, agama, politik, berat badan. Mulailah bercakap cakap tentang cuaca, berita, sepak bola jika laki laki.

Baca : Tempat kencan romantis di london gratis dan murah. Suka yang mana?

10. TEPAT WAKTU

Jika anda mempunyai janji pertemuan dengan siapapun itu, jangan pernah terlambat karena mereka menganggapnya tidaklah sopan untuk membiarkan mereka menunggu. Apabila anda akan datang terlambat, beritahu mereka dan meminta maaf. Orang orang inggris selalu tepat waktu jadi usahakan untuk mengikuti budaya mereka.

Itu dia panduan cara beretika di inggris untuk menyesuaikan budaya setempat. Dan tentu masih banyak peraturan etika lainnya yang harus kita ikuti di inggris. Dan tentunya kadang itu semua tergantung situasi, lokasi, jenis kelamin, dengan siapa kita bertindak dan lain lain. Namun setidaknya kita mengetahui dasar etika yang ada di inggris agar kita terlihat lebih baik.