Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit:David Merrett

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames. Jika anda perhatikan, di sekitar sungai Thames anda akan melihat banyak nya jembatan yang membentang di atas sungai Thames. Mereka mempunyai sejarah sendiri sendiri dan kegunaan. Mulai dari jembatan paling terkenal di dunia ” Tower Bridge ” Sampai jembatan terbaru yang cantik dan mewah. Di bawah ini adalah rangkuman nya.

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames

1. LONDON BRIDGE 

Jembatan London ini telah ada di lokasi yang hampir sama selama hampir 2000 tahun yang lalu pada jaman romawi bermukim di daerah tersebut. London Bridge sering roboh karena badai, api dan oleh musuh mereka. Seperti nyanyian lagu anak TK itu ” London Bridge Is Falling Down”

Jembatan pertama yang melintasi sungai Thames di london ini dulu terbuat dari kayu oleh orang romawi dan membangun pemukiman di sekitar jembatan. Namun jembatan dan pemukiman hancur oleh pemberotak. Tidak lama setelah itu orang romawi mengalahkan pemberontak itu dan membangun kembali kota dan jembatan yang telah hancur dan membangunnya dengan dinding baru dan lokasi nya terdapat di lokasi yang sekarang.

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Old London Bridge Photo by Claes Visscher 1616 ( Kepala menancap di tombak )

Pada tahun 1176 akhirnya London Bridge di bangun dengan batu oleh pemerintahan raja John dan selesai di bangun pada tahun 1209. Total memakan waktu 33 tahun untuk membangunnya. Di jembatan baru ini, toko toko dan rumah berdiri membentang di atas jembatan dan menjadikan jalan yang sibuk. Di pintu gerbang sebelah selatan terdapat kumpulan kepala para penghianat yang di menacap pada tombak dan di pajang untuk kesenangan dan peringatan untuk kerajaan.

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
London Bridge di London / Credit :siddhu2020

Pada tahun 1831 jembatan London ini di ganti dan akhirnya di bongkar pada tahun 1967 dan di rakit kembali sebagai jembatan London Bridge Lake Havasu City, Arizona, Amerika dan menjadi daya tarik wisata yang sukses sejak di buka pada tahun 1971. London Bridge yang baru di london ini telah di buka secara resmi oleh ratu Elizabeth II pada tahun 1973 untuk akomodasi kendaraan umum dan pejalan kaki.

2. WESTMINSTER BRIDGE 

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit :Laura Berdasco

Merupakan jembatan di peruntukan untuk kendaraan dan pejalan kaki yang melintasi sungai Thames. Menghubungkan kota Westminter dan Lambert timur. Warna dari jembatan ini bercorak hijau yang menyesuaikan House Of Commons yang terdapat di sisi istana Westminter paling dekat dengan jembatan. Jembatan yang di pakai sekarang di buka pada tahun 1862 yang menggantikan jembatan buatan dulu yang di buka pada tahun 1750 yang goyah dan bahaya. Pemandangan jembatan Westminter ini sering di gabungkan dengan bangunan gothic istana Westminster dan Big Ben itu.

3. TOWER BRIDGE

Jembatan paling populer di dunia dan merupakan simbol ikon kota london. Dan sering sekali orang berasumsi bahwa jembatan ini adalah London Bridge yang terkenal dengan lagu anak anak tk itu. Padahal jembatan ini namanya Tower Bridge. Nama Tower Bridge di ambil karena dekat dengan Tower Of London ( Menara London ) yang ada di sebelahnya.

Karena bertambah nya populasi di london timur dan sering terjadi nya macet dan padat, akhirnya jembatan Tower Bridge pun di bangun dan mulai beroperasi pada juni tahun 1894 untuk mengurai populasi.

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit:Garry Knight

Jembatan atas terdiri dari dua jembatan untuk wisawatan yang ingin melihat cakrawala london. Dan jembatan bawah di gunakan untuk kendaraan dan pejalan kaki. Dan 2 menara kembar yang menghubungkan jembatan itu, terdapat mesin yang bergaya victoria. Namun ada biaya untuk memasukinya. Jembatan bawah bisa di angkat dan membuka untuk memberi jalan pada kapal tinggi yang ingin melewatinya.

Mungkin anda suka :

4. HUNGERFORD BRIDGE

Jembatan Hungerford terletak di antara jembatan Waterloo dan jembatan Westminter yang melintasi sungai Thames. Merupakan jembatan untuk penyeberangan kereta atau Charing Cross Bridge karena dekat dengan stasiun Charing Cross. Dan di apit antara dua jalan setapak untuk pejalan kaki.

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit:Simon Smiler

Pertama di buka pada tahun 1845 dan sebagai jembatan penyangga. Namun di namai jembatan Hungerford Market karena menghubungkan dari South Bank ke Hungerford Market. Pada tahun 1859 jembatan di beli oleh perusahaan kereta api untuk memperluas menuju ke stasiun Charing Cross yang baru di buka.

5. WATERLOO BRIDGE

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit :Tom Arthur

Jembatan Waterloo pertama di buka pada tahun 1817. Terletak di antara jembatan Blackfriars dan jembatan Hungerford dan melintasi sungai Thames. Merupakan jembatan untuk kendaraan dan pejalan kaki yang mempunyai lokasi yang sangat strategis. Dari jembatan Waterloo bisa melihat pemandangan terbaik untuk melihat bangunan indah di london seperti pemandangan South Bank, Westminster, London Eye, dan Canary Wharf. Nama dari jambata Waterloo adalah untuk memperingati kemenangan penting inggris pada perang Waterloo pada tahun 1815.

6. BLACKFRIARS BRIDGE 

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit:Matt Brown

Terletak di antara jembatan Waterloo dan jembatan kereta Blackfriars. Jembatan yang awal nya mempunyai nama jembatan William Pitt ini pertama di buka pada tahun 1769 yang merupakan jembatan ketiga yang melintasi sungai Thames di daerah london yang baru di bangun. Jembatan Blackfriars yang terdapat di sungai Thames sekarang itu di buka oleh ratu Victoria pada tahun 1868 dan gunakan untuk kendaraan dan pejalan kaki.

7. BLACKFRIARS RAILWAY BRIDGE

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit:Hugh Llewelyn

Jembatan Kereta Api Blackfriars terletak di antara jembatan Blackfriars dan jembatan Millennium. Jembatan pertama di buka pada tahun 1864. Namun tidak cukup untuk mengoperasikan kereta kereta baru. Lalu di bangunlah jembatan ke dua dan di buka pada tahun 1886. Nama dari jembatan ini sebelumnya adalah jembatan Kereta api st. paul. Namun di ganti dengan nama Blackfriars pada tahun 1937 ketika  stasiun st paul, mengubahnya dengan stasiun Blackfriars.

8. MILLENNIUM BRIDGE

Adalah jembatan gantung baja yang di khususkan untuk pejalan kaki yang melintasi sungai Thames. Jembatan ini menghubungkan Katedral St. Paul dengan Tate Modern di South Bank atau daerah City Of London dan Bankside. Sering di kenal juga dengan Millennium Footbridge.

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit :Mabel Lu

Di buka pada tahun 2000 dan memakan waktu 2 tahun untuk membangunnya. Terletak di antara jembatan Southwark and jembatan kereta Blackfriars. Oleh orang london jembatan ini di juluki “Jembatan Wobbly” Setelah seorang pejalan kaki merasakan goyangan di jembatan itu pada saat menyeberanginya. Lalu mereka menutup selama 2 tahun dan di buka kembali pada tahun 2002.

9. SOUTHWARK BRIDGE

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit:Matt Buck

Pertama di buka pada tahun 1819 yang pada saat itu di kenal dengan jembatan Queen Street Bridge. Namun di hancurkan dan di bangun kembali pada tahun 1921 oleh raja George V. Di bawah jembatan sisi selatan terdapat tangga batu di mana dulu oleh orang dulu di gunakan untuk pemberhentian kapal dan menunggu penumpang untuk menyeberang sungai Thames.

Mungkin anda suka :

10. CANNON STREET RAILWAY BRIDGE

Nama Dan Gambar Jembatan Di London Yang Melintasi Sungai Thames
Credit:Jungle Jack

Merupakan jembatan yang melintasi sungai Thames di kota london untuk jembatan kereta. Dulu jembatan ini mempunyai nama Alexandra Bridge yang merupakan istri dari raja Edward VII. Jembatan yang di rancang oleh John Hawkshaw dan John Wolfe Barry di buka pada tahun 1866 selama 3 tahun untuk South Eastern Railway. Namun di perlebar oleh Francis pada tahunn 1886 – 1893 dan di renovasi lagi oleh British Rail tahun 1979- 1982.

10 Nama dan gambar jembatan di london yang melintasi sungai Thames yang di sebutkan di atas tadi, semua lokasi nya tidak berjauhan satu sama lain. Merupakan jembatan jembatan utama yang sibuk di kota london yang menghubungkan kota kota di london.