Ciri Ciri kosmetik Kadaluarsa Yang Sudah Membahayakan Kesehatan Kulit
Credit : Maria Morri

Ciri Ciri kosmetik Kadaluarsa Yang Sudah Membahayakan Kesehatan Kulit. Apakah kamu inget kapan barang kosmetik kamu itu pertama kali di buka? Kebanyakan dari kita lupa akan hal itu. Dan kita tahu bahwa produk kosmetik mempunyai masa simpan atau kadaluarsa. Dan sering kita tidak menyadarinya apabila kosmetik kita itu sudah melewati batas waktu simpan. Padahal sangat berbahaya sekali untuk kesehatan kulit kita apabila kita terus terusan menggunakannya secara tidak sadar. Nah apabila kamu ingin mengetahui ciri ciri kosmetik yang sudah kadaluarsa, dan menemukan ciri ciri di bawah ini, segeralah di buang dan ganti yang baru.

Ciri Ciri kosmetik Kadaluarsa Yang Sudah Membahayakan Kesehatan Kulit

1. Foundation : Coba lah kamu ambil foundation dan taruh di pergelangan tangan. Jika warna tidak sesuai seperti semula, berarti sudah waktu nya di ganti dengan yang baru. Jika tekstur berubah seperti berpisah dan seperti gumpalan, itu tandanya sudah kadaluarsa. Foundation tekstur seharus nya selalu halus dan menyatu bersama dengan lembut.

Ciri Ciri kosmetik Kadaluarsa Yang Sudah Membahayakan Kesehatan Kulit
Credit:Heidi Uusitorppa

Hirup foundation, jika mempunyai bau seperti bensin atau cuka buang segera. Biasanya foundation mempunyai bau yang enak walaupun tidak semuanya mempunyai bau seperti bunga. Jika berbau aneh, sudah saat nya masuk ke tempat sampah. Baca 6 Jenis dan bentuk kuas untuk aplikasi foundation.

2. Maskara : Kemasan nya selalu berbentuk tabung di mana di dalamnya selalu lembab dan itu surganya bakteri untuk tumbuh. Ciri ciri maskara kadaluarsa, apabila formulanya mengering, susah untuk di ambil, apabila di oleskan ke bulu mata fomula menggumpal dan bau seperti gas atau bau tidak enak dan aneh. Segeralah buang supaya tidak mengiritasi mata. Cara mengambilnya jangan di pompa jika ingin bertahan lebih lama karena udara akan masuk dan bisa membuat maskara cepat kering. Ambil dengan cara melingkar / seperti adukan.

3. Lipstik : Lipstik biasanya mempunyai bau yang khas, namun jika lisptik mempunyai bau yang aneh dan tidak segar ini pertanda bahwa bakteri sudah tumbuh di dalam lipstik. Selain itu warna lisptik pun pudar dan tekstur lebih kering dari pada aslinya. Buang segera dan waktu nya ke toko untuk membeli yang baru. Tips, gunakan kuas bibir untuk mengurangi kontaminasi bakteri.

Ciri Ciri kosmetik Kadaluarsa Yang Sudah Membahayakan Kesehatan Kulit
Credit :pomo mama

4. Eyeliner, pensil bibir , pensil alis: Eyeliner cair yang sudah kadaluarsa biasanya formula nya kering apabila di ambil dengan kuasnya dan menggumpal. Untuk melihat tanda eyeliner pensil, pensil bibir, pensil alis sudah kadaluarsa apabila terdapat putih putih di ujung pensil dan mengeras susah untuk di aplikasikan. Selalu asah eyeliner pensil untuk menghilangkan bakteri yang sudah tumbuh di lapisan atas supaya tidak menyebar.

5. Blusher : Biasanya blush powder bisa bertahan lama dari pada blush jenis krim. Jika melihat terdapat warna abu abu di permukaan produk, tekstur nya mengeras dan susah untuk di ambil dengan kuas, saat nya untuk di buang. Tidak ada gunanya untuk masih memakainya karena selain sudah di penuhi oleh bakteri, di aplikasikan pun susah. Produk jenis powder biasanya gampang untuk di ambil dengan kuas. Jika kita membutuhkan tenaga hanya untuk mengambilnya, itu adalah ciri ciri sudah tidak layak pakai lagi.

Rekomendasi artikel :

6. Lip gloss : Jika aroma lip gloss berubah menjadi asam seperti cuka, waktunya di ganti dengan yang baru. Seiring bertambahnya usia produk, kandungan yang ada di dalamnya pun berubah dan aromanya tidak seperti aslinya. Selain itu ciri ciri lip gloss kadaluarsa apabila di lihat teksturnya berair dan kasar seperti pasir.

7. Eyeshadow : Jika tekstur mengeras, warna terdapat abu abu di permukaan, retak, dan bau, tandanya eye shadow sudah harus di buang. Walaupun itu adalah produk kesayangan, namun demi kesehatan kulit agar tidak terinfeksi karena bakteri, lebih baik di buang. Saran saya, selalu beli produk yang kira kira akan di pakai setiap hari agar produk kesayangan tidak terbuang sia sia. Baca Jenis kuas eyeshadow fungsi dan rekomedasi kuas.

Ciri Ciri kosmetik Kadaluarsa Yang Sudah Membahayakan Kesehatan Kulit
Credit :Franklin Park Library

8. Hand Body Lotion: Tanda hand body lotion sudah kadaluarsa apabila terdapat warna kuning dan bau nya sudah bukan seperti aslinya yang biasanya wangi dan harum. Hand body di buat untuk kulit agar tetap sehat dan lembut dengan berbagai kandungan baik untuk kulit yang ada di dalam nya. Namun apabila sudah kadaluarsa, bukan lagi menyehatkan, namun akan membuat kulit sebaliknya. Jadi hindari dan selalu cek terkstur dan bau dari hand body di meja dandan kamu.

9.  Lip balm : Jika lip balm terlihat ada perubahan warna dan tekstur nya lengket, ini berarti lip balm sudah kadaluarsa dan waktunya di buang. Lip balm dan lipgloss mempunyai umur simpan lebih pendek karena kandungan cairnya dari pada lipstik. Jadi selalu habis kan segera setela di buka sebelum bakteri menghampirinya.

Ciri Ciri kosmetik Kadaluarsa Yang Sudah Membahayakan Kesehatan Kulit

10. Sabun muka : Kemungkinan jika memakai sabun cuci muka kadaluarsa untuk beberapa hari, tidak banyak perbedaan. Namun seiring bertambah nya waktu dari tanggal kadaluarsa, maka kemungkinan kamu sedang menyakiti kulit kamu sendiri pelan pelan. Apabila kamu mencium bau sabun cuci muka kamu yang tidak biasanya dan menjadi busuk, berhati hati lah.

Perubahan bau yang tidak biasanya itu berarti bakteri sudah berkembang biak. Apabila sabun terlihat mencair atau berminyak, ini artinya kandungan di dalam nya sudah rusak dan sudah berpisah. Selain itu buang segera apabila warna berubah dan tekstur tidak seperti semestinya.

Sebelum nya kamu juga wajib untuk mengatahui batas waktu kadaluarsa kosmetik dan kapan harus menggantinya agar kamu mengetahui kira kira kapan produk kosmetik untuk waktu nya di buang sebelum kadaluarsa. Atau jika tidak, baca cara membaca masa kadaluarsa kosmetik di kemasan setelah di buka.

Itu tadi ciri ciri kosmetik kadaluarsa yang sudah membahayakan kesehatan kulit. Sebenarnya ada cara agar kosmetik sedikit tahan lama. Yaitu selalu simpan di tempat yang sejuk dan hindari sinar matahari, udara dan tempat kelembaban. Apabila terkena sinar matahari itu akan menghancurkan bahan pengawet yang ada di dalamnya. Apabila di simpan di tempat lembab, itu akan memicu tumbuh nya bakteri lebih cepat. Sering sering lah cuci kuas make up kamu dan biarkan mengering dengan sendirinya. Jangan di keringkan dengan handuk karena akan memicu adanya jamur.