Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya. Banyak di antara kita sebagai wanita yang suka sekali mengoleksi make up di meja dandan kita yang kadang kita sayang untuk memakainya dan menghabiskannya karena alasan. Dan akhirnya hanya di pajang sampai berbulan bulan bahkan kadang bertahun tahun menghiasai meja dandan kita. Namun apakah kita pernah berpikir bahwa, produk produk make up kesayangan kita itu masih aman di gunakan untuk kulit kita?

Seperti halnya makanan, kita harus selalu makan dengan makanan yang masih fresh dan segar. Dan ini adalah produk di mana kita mengaplikasikan nya langsung ke kulit kita. Dan bahan kimia yang ada di kosmetik itu mulai memburuk dan ini tentu sangat membahayakan kulit kita.

Memang memakai produk yang sudah lama tidak akan membunuh kita, namun bila di teliti dengan cermat, bisa kita bayangkan berapa bakteri yang sudah berkembang biak dan menghinggapi nya ? Kita masih bisa terinfeksi karena nya. Hasilnya akan terjadi pembekakan di kulit, kemerahan, ruam, dan paling parah kulit bisa lecet. Baca cara membaca masa kadaluarsa kosmetik setelah di buka.

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya
Credit:Emma Jane Hogbin Westby / ilustrasi

Jika kita mengingat tentang make up seperti lipstik yang sudah kadaluarsa, ini bisa mengakibatkan bibir bisa menjadi bengkak dan blister. Pemakaian make up mata seperti eyeshadow, maskara, eyeliner itu juga bisa mengakibatkan infeksi bakteri yang membuat mata menjadi gatal. Dan foundation, blush, dan produk produk wajah bisa mengakibatkan wajah merah, ruam dan berjerawat karena bakteri pindah ke kulit kita pada saat di oleskan. Baca kuas make up untuk pemula wajib punya.

Begitu juga dengan perawatan kulit dan perlengkapan kamar mandi. Jika kita masih menggunakan krim, serum, sunscreen, shampoo, sabun, pasta gigi, obat kumur dan sejenisnya yang sudah kadaluarsa, itu sangat membahayakan kesehatan kita. Apalagi seperti perawatan kulit yang sering terdapat bahan aktif di dalam nya dan tidak boleh terpapar bakteri sekalipun. Oleh karena itu, kita di wajib kan untuk menggunakan spatula untuk mengambilnya dari jar dari pada menggunakan langsung dengan jari di mana kita bisa memasukan bakteri dari jari setiap mengambil produk.

Mungkin anda suka :

Lalu agar kita terhindar dari bahaya bakteri dan bahan bahan kimia ini, apa yang kita harus lakukan ? Well, tentu kita harus selalu menggunakan produk produk kosmetik yang fresh dan baru. Dan selalu ganti produk jika kira kira sudah lama tersimpan. Untuk mengetahui aturannya di bawah ini adalah rangkuman.

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya

# PERALATAN MAKE UP

1. Foundation cair dan Concealer : Berkisar antara 6 sampai 1 tahun. Dua produk ini kita langsung aplikasikan ke kulit kita, jadi apabila produk sudah kadaluarsa, otomatis bakteri akan hinggap di kulit kita langsung. Buang dan ganti yang baru setelah melewati 1 tahun. Baca jenis dan bentuk kuas untuk aplikasi foundation.

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya
Credit :Heidi Uusitorppa

2. Maskara dan Eyeliner cair : Baik di gunakan sampai 3 bulan. Dua barang ini sangat berbahaya sekali untuk mata kita apabila sudah kadaluarsa karena 2 produk ini adalah produk yang paling dekat dengan mata kita. Dan bakteri bisa saja masuk ke mata. Gantilah setiap 3 bulan sekali untuk yang baru. Pada saat yang sama, produk pun sudah mulai mengering.

3. Lipstik dan Lipgloss : Bertahan hingga 1 sampai 2 tahun. Jika masih memakai dua produk kadaluarsa ini, kemungkinan kita juga bisa menelan bakteri bakteri yang ada di lipstik itu.

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya
Credit:Maria Morri

4. Make up berdasar powder ( Blusher, bronzer, eye shadow ) : Mempunyai masa 2 tahun. Susah untuk melihat produk powder yang sudah kadaluarsa. Selalu cek simbol PAO di kemasan untuk melihat berapa lama produk aman di gunakan setelah di buka. Atau bisa cek di check cosmetic bila tidak ada di kemasan.

5. Cat kuku : Bertahan dari 1 sampai 2 tahun. Jenis ini sering kita mengetahuinya dari  lengket nya cat dan susah untuk di aplikasikan nya. Selain itu, bentuk cairan nya pun berubah dan warna tidak menyatu.

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya

6. Pensil mata dan pensil bibir : Mempunyai kisaran antara 3 sampai 5 tahun. Kemungkinan dua produk ini bisa bertahan paling lama di banding riasan lainnya.

7. Parfum : Ganti setelah 2 tahun dan simpan botol parfum di tempat jauh dari sinar matahari.

kita tahu bahwa akan sulit sekali untuk membuang produk make up kesayangan kita itu ( make up) Namun pikirkanlah lebih panjang tentang akibat nya jika kita terus terusan memakainya. Dan kita tidak akan selalu beruntung terus that tidak akan terjadi apa apa di kulit jika masih di gunakan. Infeksi dan reaksi bahan kimia yang sudah berubah menjadi jahat itu masih akan tetap menghantui kita.

# PERAWATAN KULIT

1. krim mata, krim wajah dan moisturizer : Hanya bisa bertahan 6 bulan sampai 1 tahun. Apabila krim tersebut terdapat di sebuah jar, sebaiknya buang setelah 6 – 9 bulan karena bakteri yang masuk pada saat kita mengambilnya dan membukanya. Namun jika kemasan nya dalam bentuk pompa, itu lebih baik karena tidak terpapar udara dan kita tidak menggunakan alat untuk mengambilnya. Selain itu menggunakan krim kadaluarsa juga keefektifitasnya berkurang.

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya

2. Anti jerawat dan penuaaan : Bisa bertahan sampai 1 tahun namun tergantung kandungan di dalamnya. Krim anti jerawat yang mengandung Benzoyl Peroxide mempunyai kadaluarsa 3 bulan setelah di buka.

3. Sunscreen : Ganti sunscreen setelah 1 tahun. Produk ini biasanya terdapat tanggal kadaluarsa nya di kemasanya karena ini termasuk produk yang di atur oleh amerika FDA ( Food and Drug Administration ) di mana di amerika mewajibkan untuk mencantumkan tanggal kadaluarsanya.

Baca juga :

# PERALATAN KAMAR MANDI

1. Shampoo, kondisioner, produk hair styling : Aman di gunakan dari 1-2 tahun setelah di buka, dan 3 tahun belum di buka. Hindari tercampur dengan air dan terpapar udara, karena kandungan di dalamnya bisa berkurang.

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya
Credit:Marco Verch

2. Sponge dan Loofah : Untuk sponge buang setelah pemakaian 7 minggu, dan 3 minggu untuk loofah. Kamar mandi mempunyai suhu yang lembab dan basah dan suhu seperti ini adalah favorit bakteri untuk tinggal dan berkembang biak. Selalu ganti sponge dan loofah dengan yang baru agar bakteri yang ada di dalam celah celah sponge atau loofah tidak pindah ke kulit kita.

3. Deodoran : Sampai 3 tahun. Namun cek tanggal kadaluarsanya bila ada.

4. Krim pencukur dan Sabun pencukur : Bertahan hingga 2 tahun. Dan bila di simpan di tempat yang baik, produk ini bisa bertahan lebih lama dari 2 tahun.

Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya
Credit:Stuart Conner

5. Sabun : Bertahan hingga 3 tahun untuk sabun berupa cair dan batangan.

6. Obat kumur : Aman di gunakan sampai 3 tahun dari tanggal pembuatan dan biasanya terdapat di kemasan botolnya.

7. pasta gigi : 2 tahun dari tanggal manufaktur. Biasanya terdapat tanggal kadaluarsanya untuk pasta gigi yang mengandung fluoride.

Terkadang cara meyimpan produk produk kosmetik adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu sering di dalam kemasan produk kita melihat tulisan di mana kita di beritahu untuk menyimpan nya di tempat yang sejuk, hindari dari sinar matahari, dan kelembaban. Namun apabila sudah terlihat ciri ciri kosmetik kadaluarsa seharusnya sudah tidak di gunakannya lagi untuk menghindari infeksi bakteri.

Jadi saran kami, jangan membeli banyak banyak produk kosmetik jika kira kira tidak akan di pakai setiap hari. Namun belilah produk yang memang ada rencana akan di pakai setiap hari. Itu agar produk yang kita beli tidak mubazir dan tidak menjadi sarang bakteri.” Batas Waktu Kadaluarsa Kosmetik Dan Kapan Harus Menggantinya”