12 Peraturan Ketat Kode Berpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr / Michael Garnett

12 Peraturan Ketat Kode Berpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris. Ternyata di dalam kerajaan inggris, banyak sekali peraturan peraturan yang harus di patuhi sekalipun ratu sendiri. Aturan itu yaitu dari cara berpakaian, cara penghormatan kepada ratu dan tata cara pada saat di meja makan. Penasaran? Di bawah ini adalah daftarnya.

Peraturan Ketat Kode Berpakaian Dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris

1. Ratu inggris Elizabeth selalu memakai topi 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr / Irish Defence Force

Sering kita melihat sang ratu selalu memakai topi di acara acara tertentu. Sebenarnya ada alasan kenapa Ratu Elizabeth selalu mengenakan topi. Menurut sumber, karena tradisi lama dulu tidak memperbolehkan seorang wanita memperlihatkan rambut mereka.

Dan sang ratu masih setia mengenakannya walaupun sekarang peraturan itu sudah tidak berlaku lagi. Sekarang topi di gunakan untuk di acara acara resmi saja. Perlu di ketahui bahwa pada jaman dahulu hingga tahun 1950, sangat jarang para wanita di inggris terlihat tanpa memakai topi.

Rekomendasi :

2. Tidak memperbolehkan memakai cat kuku berwarna 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr / The look of kate middleton

Pernahkah anda melihat para anggota ( wanita )kerajaan inggris menggunakan cat warna kuku berwarna mencolok? Tentu tidak, itu adalah salah satu peraturan ketat yang di terapkan oleh kerajaan terhadap anggota keluarga kerajaan inggris.

Mereka di larang memakai cat kuku yang terlihat tidak alami, terutama Ratu Elizabeth sendiri, Kate Middleton, dan sekarang Meghan Markle calon istri pangeran pangeran Henry. Itu lah sebabnya mereka para wanita lebih memilih atau sering terlihat dengan cat warna nude atau taupe.

3. Alasan pangeran George selalu memakai celana pendek 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr / The look of kate middleton

Putra pertama pasangan pangeran William dan Kate Middleton, pangeran George selalu terlihat dengan celana pendeknya walaupun di saat musim dingin. Ternyata ada alasan di balik itu. Menurut seorang pakar etika kerajaan inggris, William Hanson bahwa celana untuk anak laki laki di anggap sebagai “Pinggiran Kota” Namun celana pendek mempunyai indikasi kelas yang lebih tinggi.

Pangeran george boleh mengenakan celana jika ia sudah berumur 8 tahun. Ini adalah peraturan dari abad 16 untuk anak laki laki anggota keluarga kerajaan inggris untuk memakai baju tertentu dari kerajaan, namun di abad 20, di ganti menjadi celana pendek.

4. Ratu Inggris selalu mengenakan pakaian berwarna terang 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr / LeStudio 1

Ratu Elizabeth terkenal dengan gaun nya yang berwarna warni seperti pelangi. Sering terlihat di acara acara, ratu selalu mengenakan baju baju yang berwarna terang benderang. Menurut asisten pribadi ratu, ia menyarankan ratu untuk memakai baju dengan warna yang mencolok.

Dan uniknya, bukan hanya saran dari asisten pribadinya saja, namun memang ratu juga menyukai warna warna terang untuk baju baju nya. Ada beberapa alasan kenapa ratu memakai warna warna tersebut. Ini agar sang ratu selalu terlihat di depan publik atau di dalam kerumunan orang banyak.

Kadang orang orang terlalu jauh untuk melihatnya langsung, jadi memakai baju terang akan memberi kesempatan lebih banyak terlihat. Dan alasan lain agar bisa membedakan mana ratu dan mana orang biasa.

5. Aturan mengenakan pakaian santai 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr /木木 曉儀

Pernah kan anda memperhatikan bahwa mereka anggota keluarga kerajaan tidak pernah terlihat memakai celana jeans? Celana jeans menurut mereka masih terlihat sangat santai. Dan anggota keluarga kerajaan di larang untuk memakainya. Namun jika mereka ingin mengenakan pakaian santai, kerajaan memberi aturan tertentu.

Untuk wanita mereka harus memakai gaun smart untuk harian atau celana panjang dengan kardigan atau jaket. Untuk pria memakai celana chino dan atasan berkerah. Itu kenapa pangeran william sering terlihat mengenakan celana chino dan atasan berkerah dan kate selalu terlihat memakai dresses untuk harian atau kardigan atasan saat bersantai.

6. Alasan ratu memakai sarung tangan 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr /The Commonwealth

Selain sang ratu sering terlihat mengenakan topi di depan publik, ratu juga sering terlihat mengenakan sarung tangan. Selain untuk fashion asesoris, sang ratu memakainya karena untuk melindungi ratu dari kuman dan bakteri saat beliau bersalaman dengan banyak orang di acara acara hari itu. Namun sebenarnya ratu tidak selalu memakainya, itu tergantung di acara apa, bertemu dengan siapa dan apa yang di kenakan saat itu.

Baca juga :

7. Kate Middleton sudah terlihat memakai mahkota 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr / LeStudio 1

Pemakaian mahkota adalah sebuah tanda bahwa wanita tersebut sudah menikah dan sudah di miliki oleh seseorang. Mahkota, tiara dan sejenisnya hanya di sediakan untuk wanita yang sudah menikah dan untuk anggota keluarga kerajaan yang sudah menikah saja.

Itu lah kenapa Kate tidak pernah terlihat mengenakan tiara sebelum menikah. Tiara dan sejenisnya hanya di gunakan untuk acara formal saja dan hanya boleh di pakai setelah jam 6 sore dan di padukan dengan gaul malamnya. Sedangkan topi, hanya di gunakan di siang hari di acara formal.

8. Di wajibkan untuk membawa baju hitam saat bepergian 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr / The Look Of Kate Middleton

Jika anggota keluarga kerajaan akan melakukan perjalanan, mereka harus mengemas baju hitam pekat. Alasannya, jika ada anggota kerajaan meninggal dunia, dan mereka yang di perjalanan bisa langsung kembali ke inggris dengan memakai baju hitam yang sesuai.

Aturan tersebut muncul setelah kematian ayah Ratu Elizabeth meninggal. Dan pada saat itu ratu dan pangeran Philip sedang berada di kenya. Ratu tidak membawa baju hitam yang tepat saat itu, dan harus menunggu di dalam pesawat sampai baju hitam itu di kirimkan kepadanya. Aturan ini menjamin tidak akan ada lagi yang akan terjebak di situasi yang sudah pernah terjadi.

9. Cara memberi penghormatan saat bertemu Ratu 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr

Pada saat anggota keluarga kerajaan bertemu dengan ratu, tentu mereka harus memberi hormat kepada ratu. Adapun cara penghormatan untuk perempuan dan laki laki pun berbeda. Untuk anggota laki laki mereka cukup menundukan kepala. Dan untuk perempuan, mereka melakukan dengan cara kaki di taruh di belakang kaki yang satunya, tekuk lutut, dan tundukan kepalanya sedikit.

Namun untuk anggota keluarga kerajaan, mereka tidak perlu menekukan lutut sampai ke tanah. Semakin lama mereka menekuk lutut nya, semakin tinggi rasa hormat yang di tunjukan kepada ratu. Seperti photo kate ini, ia masih menekukan lututnya saat berhadapan dengan ratu.

10. Tata cara duduk seperti royal family 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr

Anggota keluarga kerajaan tidak boleh duduk dengan pose sembarangan. Posisi yang di perbolehkan yaitu dengan cara merapatkan lutut dan menyilangkan pergelangan kakinya. Salah satu pose yang populer dan di sebut ” Duchess Slant ” Di ciptakan oleh Beaumont Etiquette dan di namai the Duchess of Cambridge, Kate Middleton.

Posisi duduk yang lainnya untuk perempuan anggota kerajaan yaitu mendekatkan kedua lutut dan pergelangan kaki bersama dan miringkan kaki ke kanan atau ke kiri.

Mungkin anda suka :

11. Memakai baju dengan belahan dada yang tertutup 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
© Flickr /Sebastian Freire

Tentu sebagai anggota kerajaan, mereka harus selalu memperhatikan cara mereka berpakaian. Salah satunya yaitu, mereka tidak boleh mengenakan baju dengan belahan dada yang terlalu terbuka.

Walaupun terlihat terbuka sedikit, mereka ada cara lain untuk menutupinya terutama almarhum putri diana. Putri Diana selalu menggunakan clutch nya untuk menutupi dadanya saat keluar dari mobil agar dadanya tidak di sorot oleh paparazi terlalu banyak.

Putri diana terkenal dengan cleavage bags nya karena pada saat ia keluar dari mobil, Putri Diana selalu menutupi belahan dada nya dengan clutch kecilnya. Sampai ia harus menyewa designer untuk membuatkan clutch nya untuk ini.

12. Pada saat royal family ingin meninggalkan meja makan 

12 Peraturan Ketat Kode Perpakaian dan Etika Keluarga Kerajaan Inggris
ILUSTRASI

Jika ada anggota keluarga kerajaan ingin menggunakan kamar kecil pada saat acara makan, mereka hanya bilang ” Permisi ” lalu pergi begitu saja tanpa di umumkan niat mereka ke orang orang. Jika mereka belum selesai makan, mereka menyilangkan utensil dan menunggu pelayan untuk mengetahuinya untuk tidak mengambil piringnya. Namun bila selesai makan, mereka meletakan utensil di bawah piring sebelah kanan.

Mungkin anda suka :

Peraturan Ketat Kode berpakaian dan etika Keluarga Kerajaan Inggris ini harus di patuhi oleh semua anggota keluarga kerajaan. Tentu sebagai bangsawan mereka mempunyai peraturan peraturan yang kadang tidak masuk akal. Namun tidak ada yang bisa bilang tidak jika ratu berkehendak, karena ratu adalah pemimpim tertinggi di negara itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here