Trafalgar Square London Dan Tradisi Pohon Natal Setiap Tahun
Alun alun Trafalgar Square / Pixabay

Trafalgar Square London Dan Tradisi Pohon Natal Setiap Tahun Nya. Kedengarannya tentu asing bagi anda yang belum pernah ke london tentang Trafalgar Square. Namun Trafalgar Square adalah tempat yang sangat populer di london untuk turis dan masyarakat london, karena terdapat sebuah monumen. Selain monumen, di Trafalgar Square juga ada sebuah tradisi yang di lakukan setiap tahunnya.

Berikut tentang Trafalgar Square london dan tradisi pohon natal setiap tahun nya.

TENTANG TRAFALGAR SQUARE

Trafalgar Square terkenal dengan sebuah monumen untuk Lord Nelson. Namun sekarang monumen itu di kenal dengan sebutan Nelson’s Column. Adalah sebuah monumen untuk memperingati pahlawan inggris yaitu laksamana Lord Nelson, atas kemenangan angkatan laut inggris pada perang Trafalgar.

Laksamana Lord Nelson di atas monumennya /  pixabay by PhilipBarrington

Perang ini terjadi di lepas pantai tanjung Trafalgar tepatnya di spanyol pada tahun 1805, 21 oktober dalam perang napoleonic dengan spanyol dan perancis. Namun walaupun inggris menang, Lord Nelson gugur dalam perangnya dan mengangkatnya sebagai pahlawan inggris. Lalu di bangunlah Nelson’s Column untuk memperingatinya dan tepat nya di Charing Cross, central london.

Jika anda pernah ke Trafalar Square, sudah pasti anda bisa menemukan Nelson Column ini. Itu karena monumennya yang mencolok berdiri di tengah tengah lapangan yang menjulang tinggi. Dan patung pahlawan inggris Lord Nelson berdiri di puncak tiang monumen yang tinggi tersebut.

Travalgar Square London Dan Tradisi Pohon Natal Setiap Tahun Nya
Nelson Column di Trafalgar Square /  © Reza / indobritpedia

Trafalgar Square adalah salah satu landmark yang paling terkenal di london serta di kenal oleh orang, jutaan turis dan dunia. Dengan ikon Nelson Column nya yang megah, di kelilingi oleh empat patung singa besar di bawahnya, dan patung patung perunggu dan karya seni modern lainnnya yang berada di alun alun ini. Serta air mancur nya yang hidup dan terang di tengah tengah Trafalgar Square.

Mungkin anda suka :

Alun alun umum terbesar di london yang letak nya di pusat london ini sering di gunakan untuk pertemuan masyarakat london untuk berdemonstrasi politik. Selain di gunakan untuk acara pertemuan, lapangan Trafalgar Square juga sering di gunakan oleh para turis atau masyarakat london untuk bersantai dan bermain di sekitar lapangan. Sering terlihat juga para pemain musik band atau pertunjukan di jalan lainnya yang di mainkan oleh orang orang yang berbakat di sekitar lapangan ini.

Travalgar Square London Dan Tradisi Pohon Natal Setiap Tahun Nya
Permainan barongsai meramaikan Trafalgar Square / pixabay Stevebidmead

Serta banyak nya burung burung merpati yang berkeliaran di sekitar Trafalgar Square. Sering terlihat para turis terutama anak anak yang sedang bermain dan memberikan burung burung itu makan. Bukan hanya monumen pahlawan Nelson saja lho yang terkenal di Trafalgar Square, namun di Trafalgar Square juga ada banyak patung patung seni lain nya dan patung patung raja dan patung orang penting yang berdiri di tempat nya masing masing.

Letaknya alun alun umum ini sangat strategis karena dekat dengan tempa tempat terkenal lainnya di london. Seperti Museum National Gallery yang terletak hanya di sebelahnya persis. Dan British Museum yang berjarak kira kira 20 menit berjalan kaki dari Trafalgar Square.

TRADISI

Di Trafalgar Square ternyata ada sebuah tradisi. Yaitu tradisi pohon natal raksasa norwegia yang terdapat di Trafalgar Square setiap tahunnya. Pohon natal ini merupakan pemberian dari masyarakan Norwegia Oslo untuk kado tahunan sejak tahun 1947 sampai sekarang, sebagai ucapan terima kasih atas dukungan inggris pada saat perang dunia ke dua.

Travalgar Square London Dan Tradisi Pohon Natal Setiap Tahun Nya
Kado tahunan pohon natal 2017 di Trafalgar Square © Reza / indobritpedia

Di pamerkan di tengah tengah alun alun Trafalgar Square yang mencolok mulai di minggu pertama desember sampai enam januari. Biasanya pohon raksasa natal yang di pamerkan di Trafalgar Square berusia 50 sampai 60 tahun dengan tinggi lebih dari 20 meter. Pohon cemara ini di datangkan langsung dari norwegia dan di potong di bulan november, dalam sebuah upacara yang di hadiri oleh kedutaan inggris untuk norwegia di Olso dan walikota Westminster. Lalu pohon natal di kirim langsung ke inggris lewat jalur laut oleh kapal setelah di potong.

Mungkin anda suka :

Pohon cemara pemberian masyarakat norwegia ini di hias oleh 500 lampu putih dengan gaya tradisional norwegia. Di dasar pohon natal terdapat tulisan yang berisi ” Pohon ini di berikan oleh kota Oslo sebagai tanda terima kasih dari Norwegia kepada masyarakat London atas bantuan mereka selama tahun 1940- 1945. Sebuah pohon telah di berikan setiap tahun sejak 1947.

Trafalgar Square London Dan Tradisi Pohon Natal Setiap Tahun
Tulisan yang ada di bawah pohon natal pemberian masyarakat norwegia / © Reza

Itulah sekilas tentang Trafalgar Square london dan tradisi pohon natal setiap tahun nya yang berdiri di Trafalgar Square. Jika anda ingin mengunjungi Trafalgar Square sangatlah mudah. Yaitu turun di stasiun Charing Cross, lalu keluar dan jalan ke sebelah kiri lurus terus kira kira memakan waktu empat menit. Dari seberang, anda akan melihat tiang monumen yang menjulang tinggi di tengah tengah lapangan yang biasanya ramai oleh orang orang yang sedang bermain di sekitar.