Masjid masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris
© pexels

Mengintip Masjid Masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris. Beragam masyarakat, budaya, bahasa dari berbagai etnis yang hidup bersama di London, termasuk kepercayaan dan agama yang mereka anut. Ada lebih dari 600.000 orang muslim yang hidup di london berdasarkan sensus di tahun 2011. Tentu dengan banyaknya orang muslim di london, keberadaan sebuah masjid sangatlah di perlukan. Nah penasaran seperti apa sih wujud masjid masjid yang ada di london ini ? Simak di bawah ini.

Mengintip Wujud Masjid Masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris :

1. East London Mosque

Daftar Masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris
Masjid East London / © Fat Les

Merupakan masjid terbesar di eropa dan di inggris. Masjid East London ini bisa menampung lebih dari 7000 jemaah dan merupakan salah satu masjid pertama yang di izinkan menggunakan pengeras suara untuk menyiarkan adzan di inggris.

Masjid yang melayani komunitas muslim terbesar di inggris ini terletak london timur tepatnya di 82-92 whitechapel road, london. Sebuah masjib besar dan merupakan salah satu masjid yang sedikit di inggris yang melakukan upacara untuk pemandian terakhir.

2. London Central Mosque

Daftar Masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris
Masjid London Central / © thecult.info

Masjib London Central juga di kenal sebagai Islam Culture Centre. Adalah masjid yang terletak di dekat regent’s park london. Di bangun pada tahun 1978 rancangan Frederick Gibberd. Tanah yang berada di dasar masjid tersebut merupakan tanah sumbangan dari Raja George VI tahun 1944 untuk komunitas muslim di london dengan imbalan sumbangan sebuah tanah di kairo oleh raja mesir untuk membangun katedral anglikan.

Aula Masjid London Central ini bisa menampung lebih dari 5000 orang termasuk wanita. Ada sebuah toko buku dan kafe kecil di sekitar masjid. Terletak di 146 Park Road, london. Bulan november kemarin (2017), pemerintah indonesia telah mengunjungi masjid ini untuk mempromosikan kebudayaan indonesia.

Mungkin anda suka :

3. Brick Lane Jamme Mosque

Daftar Masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris
Masjid Brick Lane / © bowlofchalk.net

Terletak di 59 Brick Lane, london timur. Masjid ini bisa menampung lebih dari 3000 orang termasuk wanita. Kebanyakan jemaahnya yang datang ke Masjid Brick Lane Jamme berasal dari keturunan Bangladesh. Dalam hal kepercayaan dan praktek nya, masjid ini mengikuti tradisi sunni islam.

Semua kotbah di sampaikan dengan bahasa bangli, inggris, dan arab. Masjid ini dulunya di kenal dengan masjid agung, namun sekarang di kenal sebagai Brick Lane Mosque karena terdapat masjib yang lebih besar lagi yaitu, Masjid London Central dan East London.

4. Leytonstone Mosque

Daftar Masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris
Masjid Leytonstone / © Leytonstone

Di buka pada tahun 1976 tepatnya di waltham forest untuk di melayani komunitas muslim setempat. Masjid ini bisa menampung sekitar 1000 orang hanya pria. Dulu nya pada tahun 1969 – 1976, tempat ini hanya untuk melayani komunitas muslim setempat dengan menyewa aula untuk tempat sholat.

Namun pada tahun 1976, mereka mampu membeli sebuah gereja dari uang sumbangan dan di jadikan nya sebuah masjid. Masjid Leytonstone ini juga mempunyai banyak kegiatan dan layanan, termasuk sekolah malam untuk anak anak.

5. Fazl Mosque

Daftar Masjid Besar Di sekitar Kota London Inggris
Masjid Fazl / © www.ammagalleryphotos.com

Di resmikan pada tahun 1926 di southfields, wandsworth. Masjid ini sepenuhnya merupakan hasil dari sumbangan wanita muslim ahmadi di qadian, india. Dan telah menjadi kediaman komunitas muslim ahmadiyah tahun 1984. Masjib yang bisa menampung sekitar 150 orang ini sering di kenal dengan Masjid London oleh komunitas muslim Ahmadi.

Mungkin anda suka :

6. Finsbury Park Mosque

Daftar Masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris
Masjid Finsbury / © Binmahmood

Di kenal sebagai masjid pusat london utara. Mempunyai lima lantai dan terdaftar sebagai badan amal di inggris yang melayani masyarakat sekitar london utara. stasiun paling dekat adalah stasiun Finsbury Park dekat dengan Stadion Emirates.

Masjid Finsbury Park ini pernah di tutup pada tahu 2003 karena sebuah alasan dan di buka kembali pada tahun 2005. Pada tahun 1994 masjid ini di buka secara resmi dari pertama di gunakan yaitu di tahun 1988, dan di hadiri oleh Pangeran Charles dan raja dari arab saudi yang telah menyumbangkan dana untuk pembangunan masjid tersebut.

7. Ilford Islamic Centre

Daftar Masjid Indah Di sekitar Kota London Inggris
Masjid Ilford / © ilfordmosque.org.uk

Adalah masjid besar yang tidak hanya terkenal di london saja, melainkan sudah terkenal di seluruh inggris. Juga di kenal dengan masjid E-Da’watul islam dan terdaftar di badan amal inggris. Masjid Ilford ini melayani berbagai fasilitas layanan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim dan masyarakat luas.

Seperti untuk pernikahan, bantuan layanan pemakaman, pengembangan spiritual, dan lain lain. Di bentuk pada tahun 1978 dan sudah berkembang selama bertahun tahun. Alamat nya di 112 Balfour Road, Essex, London.

8. Baitul Futuh Mosque

Daftar Masjid Indah Dan Besar Di sekitar Kota London Inggris
Masjid Baitul Futuh / © dailymail.co.uk

Juga di kenal sebagai Masjid Morden. Termasuk salah satu masjid terbesar di inggris dan terbesar di eropa barat. Bangunan selesai di tahun 2003 dari sumbangan orang muslim ahmadi di inggris. Total masjid ini bisa menampung hingga 10.000 orang.

Pada bulan agustus 2013 masjid ini menampung orang terbesar di inggris pada saat idul fitri. Masjid ini  menerima lebih dari 10.000 pengunjung per tahun dari sekolahan, badan amal, pemerintah daerah dan pusat dan kelompok lainnya.

Mungkin anda suka :

Itula artikel kali ini tentang masjid masjid indah di sekitar kota London Inggris. Jika anda berada di london dan mencari tempat dimana komunitas muslim indonesia berkumpul, datang saja ke Indonesian Islamic Centre London yang berada di 22 Wakemans Hill Avenue, London utara.

Tempat tersebut sudah di gunakan untuk tempat ibadah, pengajian rutin, dan pendidikan agama untuk anak anak. Namun tempat itu sudah tidak lagi cukup karena seiring bertambahnya penduduk indonesia yang ada di london sekarang. Dan mereka sekarang sedang gencar gencar nya menggalang dana untuk mewujudkan pembangunan masjid indonesia sendiri di london. Semoga terwujud secepatnya.