Daftar Bandara International di London
Photo © Pexels

Daftar Bandara International Di London, Mana Yang Harus Anda Pilih ? London mempunyai 6 bandara international yang aktif dengan fungsi dan kelas masing masing. Entah anda berada di sekitar Inggris Raya atau di London, Eropa, Asia dan Amerika sekalipun, sebaiknya anda cek bandara mana yang cocok untuk melakukan perjalanan dari, dan ke london untuk kenyamanan perjalanan anda sendiri. Seperti di bawah ini adalah daftar daftar nya.

Daftar Bandara International Di London :

1. Bandara London Heathrow 

Lima bandara international di London
Bandara Heathrow London / © Flickr

Adalah bandara international paling sibuk dan besar yang ada di london. Bandara yang terletak 23 km dari central london ini, merupakan bandara paling sibuk nomor dua di dunia setelah di kalahkan oleh dubai international menurut daftar penumpang international tahun 2014. Dan tersibuk nomor satu di inggris dan eropa menurut lalu lintas penumpang.

Bandara Heathrow di gunakan lebih dari 80 maskapai, menuju ke 185 destinasi di 84 negara. Ada 93 % merupakan penumpang international dan hanya 7% penumpang domestik. Jadi hampir setiap pesawat dari international, mendarat di bandara Heathrow.

Merupakan pusat pertama pesawat British Airways dan Virgin Atlantic. Bandara ini sekilas seperti shopping mall karena banyaknya toko toko dan restoran yang tersebar d bandara ini, namun masih seperti bandara besar. Menyediakan tempat ibadah untuk anglikan, katolik, muslim, hindu, yahudi, sikh dan gereja bebas di setiap terminal.

Terdapat kereta Express non stop dari bandara Heathrow yang melayani ke stasiun Peddington. Dan kereta berangkat setiap 15 menit. Kemudian kereta Underground menuju ke Central London (jalur Piccadilly) yang melayani empat stasiun di bandara yaitu di terminal 2 dan 3, 4, dan 4. Semua memakan waktu sekitar 50 menit menuju ke Central London.

Mungkin anda suka :

2. Bandara London Gatwick 

Lima bandara international
Bandara Gatwick / © Flickr by Mic

Juga di kenal dengan Bandara London Gatwick. Merupakan bandara international utama di inggris tenggara tersibuk ke dua di london setelah Heathrow, dan nomor 35 tersibuk di dunia. Terletak di 47,5 km dari central london. Bandara tersibuk nomor 10 di eropa ini termasuk bandara untuk maskapai berbiaya murah di dunia dan hanya rata rata £930 round trip dari amerika. Melayani eropa dan karibia serta merupakan bandara basis ke dua untuk British Airways.

Bandara ini mempunyai dua terminal, yaitu terminal selatan dan utara. Kedua terminal ini mempunyai fasiltas seperti restoran dan toko toko. Terdapat stasiun kereta api bandara sendiri di terminal selatan ke central london dan gatwick express yang menuju ke stasiun victoria

3.  Bandara London Stansted 

Lima bandara international di London
Bandara stansted / © Flickr by Nick Challoner

Adalah bandara international tersibuk ke tiga di london dan 26 di eropa. Merupakan basis untuk penerbangan maskapai berbiaya rendah terbesar di eropa bersamaan dengan bandara Gatwick. Terletak di essex 48 km dari central london. Bandara ini kebanyakan melayani tujuan terutama ke seluruh eropa dari pada penerbangan di inggris sendiri, dengan lebih dari 170 penerbangan. Serta melayani penerbangan ke amerika tengah, amerika utara dan afrika utara.

Landasan bandara Stansted juga di gunakan oleh perusahaan swasta dan melayani penerbangan pribadi, penerbangan charter dan penerbangan kunjungan kenegaraan di london. Untuk layanan ke central london menggunakan Stansted Express dari stasiun liverpool street ke bandara dengan waktu tempuh kira kira 45 menit.

4. Bandara London Luton 

Lima bandara international di London
Bandara Luton / © Flickr by Robert Camp

Adalah bandara international nomor empat terbesar di london namun masih dekat dengan ibukota yaitu di perbatasan Bedfordshire. Dan merupakan basis besar untuk maskapai murah seperti Easyjet dan Thomson, TUI airways, Ryanair, dan wizz air. Serta bandara untuk maskapai tanpa tanpa embel embel lainnya. Hampir semua maskapai yang di bandara ini melayani rute ke seluruh eropa. Bisa di jangkau hanya 22 menit dari stasiun St. Pancras dengan kereta midlands.

Mungkin anda suka :

5. Bandara London City 

Lima bandara international di London
Bandara London City / © Flickr by Neil Pulling

Merupakan bandara udara paling dekat dengan central london, yaitu terletak di Royal Docks, Borough of Newham london. Dan hanya 11 km dari sebelah timur pusat london. Adalah bandara paling sibuk nomor lima di london. Hanya mempunyai satu landasan pacu yang pendek dan hanya bisa menampung maskapai kecil.

Namun masih mengoperasikan pesawat British Airways jurusan new york yang berukuran lebih kecil. Pesawat terbesar hanya Bombardier cs100. Bandara London City sering di gunakan oleh para pembisnis traveler dan melayani eropa utara dan inggris. Merupakan satu satu nya bandara yang tidak beroperasi di malam hari di london. Bisa di jangkau dengan railway light docklands.

6. Bandara London Southend

Daftar 6 Bandara International di London
Bandara Southend / © Flickr

Pernah menjadi bandara paling sibuk di london pada tahun 1960 an. Terletak di essex 68 km dari central london. Bandara Southend baru baru ini telah selesai memperluas tempat operasi transportasi nya. Seperti membangun menara baru, runway, dan terminalnya. Dan menambah rute ke irlandia dan eropa dengan pesawat Easyjet yang beroperasi di terminal baru nya.

Serta operasi kereta api regular ke pusat london, dan hanya membutuhkan waktu 45 menit antara stasiun bandara Southend  dan stasiun liverpool street london. Mempunyai layanan untuk pelanggannya yang unik dan tidak mengantri panjang seperti bandara lainnya. Mereka klaim hanya membutuhkan 15 menit jalan dari pesawat ke tempat arrival dan sebaliknya. Dan mereka sudah mendapatkan penghargaan karena hal ini.

Jadi sudah tahu kan sekarang? Daftar bandara international di London yang anda bisa gunakan untuk melakukan perjalanan di london. Entah mau transit, dari dan ke london, anda bisa menggunakan 6 bandara ini terutama di sekitar eropa. Dan perlu di ketahui bahwa tidak semua bandara international london melayani penerbangan  langsung dari asia. Sebaiknya cek lebih teliti. Dan inget selalu, setelah anda tiba di london, segeralah membeli Oyster Card di sekitar bandara agar perjalanan dengan kereta, bus, lebih hemat dan lebih simple.