Tower Bridge - Jembatan Populer di London Yang Melintasi Sungai Thames | Fakta
Tower Bridge di lihat dari Cruise

Tower Bridge – Jembatan Populer di London yang melintasi sungai thames dan fakta nya. Banyak orang terutama saya, salah berasumsi tentang jembatan ini. Saya kira nama jembatan ini adalah London Bridge.

Setelah beberapa hari saya di London, saya belajar bahwa jembatan ini bukan lah London Bridge yang sering saya dengar. Nama jembatan ini adalah Tower Bridge. Letak London Bridge ada di sebelahnya Tower Bridge. London Bridge berusia lebih tua dari Tower Bridge.

Tower Bridge - Jembatan Pintu Gerbang Simbol Ikonik Kota London | Fakta
Tower Bridge di lihat dari samping tepi sungai Thames

Merupakan jembatan paling populer di dunia dan sudah menjadi simbol kota London. Jembatan dengan gaya Gothic Victorian ini di bangun antara tahun 1886 sampai tahun 1894. Tower Bridge berdiri melintasi sungai Thames dekat dengan Menara London atau Tower of london

Terdiri dari dua jembatan yaitu atas dan bawah yang membujur secara horisontal. Di cat dengan warna biru dan putih. Jembatan yang bawah bisa di lewati oleh semua kendaraan dan pejalan kaki.

Namun jika anda ingin naik ke jembatan bagian atas, dan memasuki menara kembar yang menggabungkan dua jembatan itu, anda akan di kenai biaya. Entah berapa harga memasukinya karena kami tidak ke atas sana.

Tower Bridge - Jembatan Pintu Gerbang Simbol Ikonik Kota London | Fakta
Terlihat dari dekat

Jembatan yang di atas terbuat dari kaca. Jadi anda bisa menginjakan kaki di atas kaca sambil melihat lalu lintas jembatan yang di bawah nya. Jika anda beruntung, saat anda di atas kaca, jembatan ini akan membuka karena ada kapal yang berukuran tinggi yang akan melewatinya.

Tentu anda bisa melihat pemandangan indah Kota London dari atas jembatan ini. Setiap kali jembatan ini membuka, lalu lintas otomatis berhenti sebentar untuk menunggu jembatan menutup kembali.

Ada Alasan kenapa Tower Bridge ini di bangun melintasi sungai Thames. Karena saat itu London sebelah timur sangat padat penduduk dan saat itu hanya ada satu jembatan yang melintasi sungai Thames yaitu London Bridge yang ada di sebelahnya. Jadi di perlukan untuk membangun jembatan baru untuk kebutuhan penduduk. Lalu di bangunlah Tower Bridge ini.

Baca juga :

Menurut informasi, Tower Bridge – jembatan populer di london yang melintasi sungai Thames ini membuka dan menutup rata rata sebanyak 1000 kali per tahun. Dan rata rata setiap hari nya membuka 3 kali. Biasanya kapal kapal yang akan melewati Tower Bridge, mereka akan memberitahukan ke petugas jembatan sehari sebelum mereka melewatinya. Hm, kira kira semenjak di bukanya jembatan ini, sudah berapa kali ya jembatan ini membuka dan menutup seperti gerbang ?

Di bawah ini adalah photo Tower Bridge yang saya ambil saat kami menyeberangi nya menuju ke Menara London ( Tower Of London). Alasan inilah kenapa jembatan ini di beri nama Tower Bridge karena jembatan ini dekat dengan Tower of London. Terlihat juga pedagang kaki lima di sekitar jembatan.

Tower Bridge - Jembatan Pintu Gerbang Simbol Ikonik Kota London | Fakta
Tower bridge di lihat dari samping menuju saat menuju ke Menara London

Saat kami mengarungi sungai Thames untuk menjelajahi kota London dengan menaiki Cruise, Jembatan ini membuka seperti pintu gerbang. Saat kami cek, ternyata ada sebuah kapal yang akan melewatinya.

Posisi Cruise kami saat itu pas akan melewati Tower Bridge. Tentu semua turis yang ada di Cruise sangat antusias untuk melihat jembatan ini membuka. Tidak lupa kita semua mengabadikan moment yang beruntung ini.

Tower Bridge - Jembatan Pintu Gerbang Simbol Ikonik Kota London | Fakta
Di lihat dari cruise saat kapal akan melewatinya. Semua turis yang ada di Cruise sibuk dengan kamera mereka sendiri 😀

Stasiun stasiun di bawah ini adalah stasiun yang paling dekat dengan Tower Bridge. Hanya berjalan kaki menuju ke arah sungai dan anda akan melihat Tower Bridge – jembatan populer di london yang melintasi sungai thames yang sering anda lihat di televisi dan film film. Stasiun yang paling dekat antara lain :

Masih banyak stasiun stasiun yang lainnya dan jenis kereta yang hanya bisa di jangkau dengan berjalan kaki. Tetapi stasiun Tube ini yang menurut saya paling dekat dan populer. Dan apabila anda jalan terus mneyusuri tepian sungai thames, di sana terdapat tempat turis wajib di kunjungi, South Bank. Anda akan bertemu ribuan turis dan lokal di sini 🙂

Baca juga :