QUEEN'S GUARD /© Reza

Tentang London, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik dan hal hal penting yang perlu anda ketahui tentang London sebelum melakukan travel ke negara Ratu Elizabeth. Apakah anda seorang pemula yang akan melakukan liburan atau travel ke London? Atau akan melakukan perjalanan ke London untuk pertama kalinya? Di sini akan di jelaskan hal hal yang harus di perhatikan sebelum sampai di kota london.

Tentang London, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik yang Perlu di Ketahui
Tempat shopping lokal / © Reza

Tentang London, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik Yang Perlu di Ketahui :

1. Mata uang 

Tentang london, fakta yang perlu anda ketahui
Pound sterling / © Reza

Walaupun negara Inggris termasuk negara di Eropa, namun mata uang negara Inggris bukan lah Euro. Namun mereka mempunyai mata uang sendiri yaitu Pound sterling (£). Walaupun pada kenyataan nya uang British Pound yang biasanya stabil dan paling tinggi di dunia, namun karena beberapa alasan, baru baru ini uang British Pound sedang jatuh.

Rekomendasi :

2. Transportasi

Berbagai macam transportasi yang bisa di gunakan saat di berada di London. Seperti, kereta (Tube), Bus, Black Cab ( Taxi ), Tram. Tetapi Tram hanya berada di beberapa tempat saja. Harga pun masih masuk akal jika anda membeli kartu namanya Oyster Card. Dan perlu di ketahui bahwa di Bus tidak memakai cash melainkan hanya menggunakan Oyster Card. Baca tips tips liburan ke london untuk pemula dan cara menggunakan Oyster Card.

Kalau bisa, hindari perjalanan di saat waktu puncak. Yaitu di mana orang orang pergi ke tempat kerja dan pulang dari tempat kerja. Karena semua stasiun biasanya sangat penuh dan sibuk. Yaitu dari pagi jam 07.00 – 09.30 dan sore jam 16.00 – 19.30. Baca juga hal buruk yang di lakukan di london dan salah satunya pada waktu rush hour ini.

Tentang London, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik yang Perlu di Ketahui
Antri panjang di Underground pada saat waktu puncak / © Reza

3. Inggris menyetir di sisi kiri

London atau UK mereka mengemudi mobil di sisi kiri. Sama seperti kita indonesia. Kebanyakan negara negara di Eropa, mereka mengemudi di sisi kanan. Jadi kita sebagai orang Indonesia tidak perlu bingung karena kita sama dengan yang ada di UK.

Tentang London, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik
© Reza / indobritpedia

4. Saat di restoran

Saat kita di restoran, dan saat tagihan datang atau kita mau membayar makanan, jika di daftar tagihan tidak ada tulisan untuk membayar layanan, sebaiknya tinggal kan tip setidaknya 10% – 15 % dari seberapa kita spent di restoran itu. Tetapi jika bill sudah termasuk dengan layanan, anda tidak perlu menambahkan tip lagi.

Mungkin anda suka :

5. Bahasa slang

Di setiap negara pasti mempunyai bahasa slang sendiri. Nah di London juga banyak bahasa slang untuk sehari hari. Beberapa di antaranya  :

  • Kalau mau menyebutkan Pence, mereka menyebut Pee. Seperti 10p, 20p, 50p, dan seterusnya (Pence adalah seperti Cent di uang Dollar)
  • Mungkin anda akan mendengar ” Quid ” itu juga slang dari Pound.
  • 5 pounds, mereka bilang A “Fiver”
  • 10 pounds, mereka bilang A “Tenner”
  • Thanks, mereka bilang Cheers
  • Atm, mereka bilang Cashpoint
  • Gas mereka bilang Patrol

6. Hidup berdampingan

Di London anda akan melihat atau bertemu dengan orang orang dari belahan dunia yang tinggal atau bekerja di London. Bukan hanya indonesia saja yang hidup berdampingan walaupun berbeda. Di London juga mereka hidup saling menghormati. Terbukti banyaknya masjid masjid yang tersebar di london.

7. Gelandangan

Di kota besar seperti London, masih ada orang gelandangan yang pergi dari rumah mereka dengan berbagai alasan. Anda boleh memberikan uang kepada orang yang meminta uang di jalan tersebut. Namun jika memang orang tersebut benar benar homeless. Biasanya mereka duduk di luar stasiun kereta.

Namun jangan pernah sekali kali memberikan uang kepada anak anak muda yang sepertinya tidak layak untuk mendapatkan bantuan dari orang lain. Karena anak anak muda ini, biasanya uang yang mereka dapat, akan di gunakan untuk membeli obat terlarang.

Biasanya mereka berdiri di depan supermarket atau minimarket dan meminta kepada orang yang baru saja belanja. Mereka biasanya bilang ” Boleh tidak saya mendapatkan beberapa pee ( pence ). Sebaiknya hindari dan cuek saja.

8. Hampir semua museum free di kunjungi

Hampir semua museum museum yang ada di London gratis untuk di kunjungi. So anda wajib menyisihkan waktu untuk mengunjungi museum museum yang ada di London. Misalkan British Museum. Museum paling besar di dunia, dan ini letaknya ada di london!

Mungkin anda suka :

9. London mempunyai 4 musim

  • Musim Semi jatuh di bulan Maret, April, Mei
  • Musim Panas jatuh di bulan Juni, Juli, Agustus
  • Musim Gugur jatuh di bulan September, Oktober, November
  • Musim Dingin jatuh di bulan Desember, Januari, Februari
penting untuk mengenal orang orang dan culture negara tujuan.baca selngkapnya
Musim gugur daun daun sudah menguning dan berjatuhan / © Reza

Letak peta London berada di tenggara dan cenderung lebih hangat dan jarang ada hujan salju. Kadang ada namun tidak banyak. Memiliki curah hujan yang banyak namun ringan dan dingin. Langit  hampir selalu gelap dan gray all year kecuali musim panas.

Saat musim dingin, kadang bisa sampai di bawah nol derajat celcius. BTW, walaupun pada saat musim semi dan gugur, London tetap selalu dingin terutama bagi kita orang asia ;D

Klik di sini untuk melihat waktu dan musim yang cocok untuk mengunjungi london ).

10. Banyaknya gedung atau rumah tua

Kota London di penuhi dengan gedung gedung tua yang masih sangat terawat dan masih di gunakan. Seperti banyaknya istana istana besar yang masih berdiri megah di kota London. Rumah rumah tua jaman victoria yang di renovasi berkali kali dan masih di gunakan untuk tempat tinggal.

Tentang London, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik yang Perlu di Ketahui
Memang dari luar terlihat bangunan tua, namun di dalam biasanya mewah / © Reza

Akhir akhir ini juga banyak bangunan bangunan baru yang berdiri megah di kota London. Seperti bangunan baru untuk shopping mall, yang merupakan terbesar di eropa. Bangunan baru paling banyak yaitu di daerah Canary Wharf. Tempat ini terkenal dengan banyaknya bangunan bangunan tinggi untuk kantor kantor bank dunia.

11. Publik service 

© Flickr /MaxVT

Publik service di London sangat bagus. Jika mereka sakit, mereka bisa menjenguk dokter secara gratis, dan state school yang gratis pula. Ini berlaku hanya untuk orang yang tinggal di UK saja. Haha tentu saja gratis, lha orang bayar pajaknya saja hampir separuh dari gaji mereka ;D

Namun untuk transportasi umum di london terutama kereta, mereka sering sekali terlambat dan sering tidak beroperasi terutama di luar central london. Ini sering terjadi di hari sabtu, minggu dan publik holiday. Itu di karenakan kereta kereta london yang usianya sudah sangat tua, jadi sering di lakukan perbaikan.

Perlu di ketahui bahwa kereta di london merupakan kereta tertua di dunia. Jadi masuk akal bila mereka sering melakukan service. Namun kereta kereta ini bila tidak ada kendala, mereka selalu datang tepat waktu sesuai yang di jadwalkan. Di central, kereta kereta london ini datang setiap 3-4 menit.

Dan ini penting, apabila anda sebagai turis, jangan menjadi turis yang menyebalkan mereka. Maksudnya di sini that, anda harus bersikap di dalam tempat umum terutama di transportasi umum (tube). Mereka paling tidak suka dengan turis yang tidak bisa mematuhi peraturan sebagai sesama pengguna transportasi umum. Mungkin bukan karena mereka tidak mau mematuhi, tetapi mereka tidak menyadari dan tidak tahu akan hal itu. Untuk itu saya anjurkan untuk membaca artikel tentang hal yang seharusnya tidak di lakukan di tempat umum pada saat di london agar anda sebagai turis tidak di lihat buruk oleh mereka.

Mungkin anda suka :

12. Banyak taman hijau dan wisata gratis

Terdapat banyak taman taman hijau di london yang lebar dan terawat untuk publik. Kalau di musim panas, taman taman ini penuh dengan orang orang yang sedang berjemur, atau sekedar berkumpul bersama teman teman di bawah terik matahari. Dan kabar gembira nya  ada puluhan tempat wisata gratis di london juga lho….Jadi tidak melulu uang untuk berwisata di london. Atau jika ingin kencan bersama kekasih atau suami, di london juga terdapat tempat kencan romantis yang gratis pula. Asyik kan ? ;DD

Tentang London, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik yang Perlu di Ketahui
Taman hijau dan playground / © Reza

13. Aksen

Bahasa Inggris nya orang orang di London, gampang di mengerti karena cara mereka berbicara terdengar lebih jelas dari pada orang orang Inggris dari bagian lainnya seperti Manchester, Newcastle ( Menurut pribadi 😀 )

14. Sering di juluki “Murung “

Banyak orang bilang bahwa mereka orang London biasanya selalu terlihat murung. Entah di jalan maupun di transportasi umum. Ada alasan kenapa mereka terkenal dengan sebutan murung. Karena cuaca di sana selalu dingin, gelap, gray dan hujan! Masuk akal kan? ;D Jika ingin tahu lebih bagaimana mereka? Baca budaya orang inggris dan kebiasaan yang di lakukan sehari hari nya.

Mungkin anda suka :

15. Perilaku orang London

Hmm, perilaku orang orang london, mereka selalu bilang thank you, sorry, untuk sesuatu sekecil apapun. Sebaiknya anda pun juga demikian dengan orang orang di sana. WAJIB BACA :  panduan cara beretika di inggris agar untuk menyesuaikan budaya setempat agar anda nanti bisa menyesuaikan lebih cepat di sana.

Kalau mau naik Tube ( kereta ), mereka selalu berbaris antri teratur tidak tergesa gesa untuk memasukinya. Dan mereka selalu mendahulukan orang orang yang ada di dalam kereta untuk keluar dari kereta dan menunggu sampai tidak ada orang lagi yang akan keluar. setelah itu giliran mereka yang masuk ke kereta.

Lakukan hal yang sama seperti kebiasaan orang orang di sana, kalau anda tidak mau di lihat jelek. Sama halnya di supermarket, atau minimarket, atau di any shop. Mereka selalu berbaris teratur dan mendahulukan orang yang di depannya.

16. Air dari kran 

Tentang London, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik
Ilustrasi / © Flickr / C Keigher 

Air yang berasal dari kran tempat anda mencuci piring, di London anda boleh meminumnya langsung dan tidak perlu di rebus. Memang tidak seenak seperti air yang kita beli, namun air dari kran itu aman untuk di konsumsi. Jadi kalau anda kehabisan air botol, anda bisa langsung ke dapur dan meminumnya dari kran. Rasanya ok dan tidak bikin tenggorokan sakit atau rasa yang aneh. Just seperti air biasa.

Itulah tentang london, 16 Hal Penting dan Fakta Menarik yang perlu anda ketahui sebelum melakukan perjalanan ke London. Mengenal adat orang orang di negara tujuan sangatlah penting untuk di ketahui sebelum kita sampai di negara tujuan.

Gunanya untuk menyiapkan diri kita untuk menyesuaikan dengan orang orang di negara tersebut. Dan penting untuk mengetahui kapan waktu dan musim terbaik berkunjung ke London sebelum melakukan perjalanan ke London.