menaiki kereta gantung london di atas sungai thames
© Reza

Menaiki Kereta Gantung London di atas Sungai Thames | Cable Car. Objek wisata kereta gantung yang mempunyai nama Emirates Air Line yang di sponsori langsung oleh maskapai Emirates. Selain London Eye, dan The Shard, anda juga bisa menaiki Kereta Gantung london di atas sungai Thames untuk melihat pemandangan kota london dari ketinggian.

Harga nya juga lumayan friendly di kantong. Kereta Gantung Emirates ini melintasi sungai Thames dan membentang di atasnya dengan ketinggian sekitar 50 meter lebih. Anda bisa menaiki Kereta Gantung london di atas sungai Thames ini dari Greenwich Peninsula ke Royal Docks atau sebaliknya. Dengan panjang lebih dari 1 km dan akan memakan waktu 10 menit.

Karena saat itu kami sedang berada di O2 Arena London (Tempat konser artis dunia), kami pun menaiki Kereta Gantung dari Greenwich Peninsula dan menuju ke Royal Docks. Stasiunnya tidak jauh dari O2 arena dan hanya sekitar tujuh menit berjalan kaki.

Cara membayarnya bisa membeli tiketnya langsung di counter yang tersedia. Atau pakai Oyster Card jika anda ingin mendapatkan diskon langsung. Kami pun langsung ikut ke barisan antrian. Dan satu per satu kereta Gantung pun datang dan pergi, mengantar dan membawa penumpang hanya selang 30 detik.

Akhirnya giliran Kereta Gantung kami pun datang. Mempunyai tempat duduk sofa berwarna merah dan saling berhadapan, dan kira kira bisa muat sampai 10 orang. Saat itu kira kira 8 orang yang ada di Kereta Gantung kami. Posisi saya sendiri duduk di pojok jadi bisa menikmati pemandangan tanpa terhalang orang lain di sebelahnya.

Menaiki Cable Car London Di Atas Sungai Thames | Kereta Gantung
© Reza

Tidak lama Kereta Gantung kami pun meluncur ke atas udara dan siap untuk melintasi sungai Thames dari ketinggian. Dari Kereta Gantung, terlihat kapal kapal yang sedang berlayar dan berhenti di sebuah dermaga.

Bangunan bangunan tinggi pun terlihat mengecil di lihat dari atas Kereta Gantung. O2 arena juga terlihat menjauh dan bentuk nya terlihat seperti kura kura di lihat dari atas. Sesekali Kereta Gantung kami berpapasan dengan Kereta Gantung lainnya yang akan menuju ke Greenwich Peninsula.

Menaiki Cable Car London Di Atas Sungai Thames | Kereta Gantung
Sungai Thames di lihat dari atas cable car © Reza
Menaiki Cable Car London Di Atas Sungai Thames | Kereta Gantung
Kereta gantung saat di atas sungai Thames © Reza

Cetral London dan London Eye juga terlihat dari Kereta Gantung kami walaupun tidak begitu jelas. Namun bisa melihat bagunan bangunan tinggi yang ada di canary wharf dengan jelas dan indah. Serta sungai Thames yang berliku yang menyusuri kota london dengan air nya yang terlihat tenang.

Menaiki Cable Car London Di Atas Sungai Thames | Kereta Gantung
Sungai Thames © Reza

Tak terasa sekitar 10 menit duduk di dalam Kereta Gantung dan melintasi sungai Thames akhirnya kami sampai di Royal Docks. Satu per satu penumpang di dalam Kereta Gantung pun turun. Bahkan anda pun juga bisa balik lagi ke stasiun asal dan itu ada biaya tambahan sendiri.

Menurut saya, pengalaman ini tidak begitu WOW tapi sepadan dengan harga yang relative murah yaitu Hanya £4.5 ( Rp 88.500 )per person, satu arah. Dan dengan harga segitu, anda masih bisa melihat cakrawala london dari ketinggian. Bagus untuk di coba saat jalan jalan di london.

Baca juga :