Koleksi Dari museum Victoria Dan Albert | Seni Dan Design di London
Suit of armour in Victoria and Albert Museum. Copyright © Indobritpedia.com

Koleksi dari Museum Victoria dan Albert adalah merupakan koleksi paling komprehensif dari barang seni dan design yang ada di London. Letak museum ini tidak jauh dari Science Museum. Ada sekitar 4,5 juta barang yang di pamerkan di museum yang di sebut juga V&A. Barang Barang yang dipamerkan mencangkup kesenian dari budaya eropa, budaya amerika utara, afrika utara dan asia. Bahkan barang kesenian dari dunia islam pun ada di museum yang berlokasi di distrik brompton royal borough kensington dan chelsea ini.

Koleksi Dari museum Victoria Dan Albert | Seni Dan Design di London
Bangunan Victoria and Albert Museum dari luar. Copyright © Indobritpedia.com

Salah satu Koleksi dari Museum Victoria dan Albert sebagai berikut :

1.British Galeri

Koleksi di ruangan ini antara lain tempat tulis Henry VIII tahun 1525 yang terbuat dari kayu kenari dan ek, sebuah Spinet di buat untuk Elizabeth I pada tahun 1570 – 1580. Dan juga buku cetak dan karya seniman pengrajin eropa yang di pekerjakan di inggris pada jaman Tudor. The Great Bed of Ware adalah sebuah tempat tidur terkenal, karena ukurannya yang besar dan sudah terkenal lebih dari 400 tahun.

Koleksi Dari museum Victoria Dan Albert | Seni Dan Design di London
The Great Bed of Ware. © Rowetopia

2. Fashion

Barang utama yang ada di koleksi fashion meliputi gaun gaun langka pada abad 17, gaun Mantua pada abad 18, gaun malam pada tahun 1930 dan banyak lagi. Kebanyakan koleksi fashion eropa untuk pria dan wanita dan koleksi aksesoris dari abad 18 dan seterusnya. Koleksi ini juga mencangkup aksesoris dari seluruh dunia seperti topi dan alas kaki. Serta barang barang penting dari abad 19 untuk kalangan elit dari negara asia yaitu Cina, jepang  dan india.

Koleksi Dari museum Victoria Dan Albert | Seni Dan Design di London
Fashion di V&A / © Patrick Frauchiger

3. Patung

Mempunyai koleksi sekitar 22.000 barang dan koleksi patung patung klasik eropa yang lengkap. Koleksi patung dari italia seperti renaissance , baroque, dan neoclassicism dari yang asli maupun yang cetakan. Namun barang terbesar dari italia adalah Chancel chapel dari santa chiara florence. Patung Anglo Saxon, patung abad pertengahan inggris, prancis dan spanyol. Patung samson yang sedang membunuh seorang philistine yang di ciptakan oleh giambologna dari italia.

Koleksi Dari museum Victoria Dan Albert | Seni Dan Design di London
Patung samson yang sedang membunuh seorang philistine. Copyright © Indobritpedia.com

4. Fotografi

Merupakan museum pertama paling penting di dunia yang mempunyai pameran foto foto international. Karya karya fotografi yang terdapat di museum ini melibatkan banyaknya fotografer dunia seprti julia margaret cameron, david bailey, jim lee dan banyak lagi. V&A mulai mendapatkan gambar gambar pada tahun 1852. Dan mempunyai lebih dari 400 rb gambar yaitu dari gambar tahun 1839 sampai sekarang.

5. Koleksi keramik dan kaca

Koleks porselen inggris pada abad 18 seperti porselen Chelsea dan Worcester merupakan yang terbaik di dunia. Koleksi keramik dari china dan jepang seperti barang Kakiemon. Mempunyai objek lebih dari 50rb kolesi keramik dan kaca yang datang dari seluruh dunia yang di pajang di dalam museum.

6. Barang Seni Asia

Meliputi lebih dari 160 ribu objek. Barang barang seni di antara dari negara cina adalah yang paling lengkap dan penting. Serta barang barang dari himalaya yaitu patung perunggu nepal. Dari india yaitu kain kunyit yang kaya dengan benang emas dan perak. Dari korea yaitu sulaman sutra dari jubah pejabat. Barang dari dunia islam yaitu banyaknya contoh alquran yang mempunyai kaligrafi indah yang di pajang dari berbagai periode. Dan dari jepang yaitu Suit of Armour.

Koleksi Dari museum Victoria Dan Albert | Seni Dan Design di London
Suit of armour. Copyright © Indobritpedia.com

7. Lukisan

Koleksi lukisan yang terdapat di V&A adalah berupa british dan lukisan minyak eropa. Lebih dari 5ribu cat air inggris dan miniatur. Salah satu lukisan paling besar yang terdapat di museum ialah Tempera spanyol pada kayu berukuran 670x 486. Lukisan perancis seperti potret Francois, potret Madame de Pompadour tahun 1758.

8. Buku

Lebih dari 500rb koleksi seperti buku, gambar, lukisan yang tersimpan di perpustakaan umum yang ada di dalam museum V&A. Merupakan perpustakaan terbesar di dunia yang mencangkup seni dan dekoratif. Buku buku langka merupakan salah satu koleksi dari perpustakaan ini. Seperti beberapa buku catatan Leonardo da Vinci, Codex Forster yang terdiri dari 3 naskah antara tahun 1490 – 1505.

9. Tekstil

Merupakan koleksi tekstil terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 40ribu lebih koleksi dari abad 1 sampai sekarang. Meliputi Kain sutra, renda, permadani eropa, bordir gereja pada abad pertengahan inggris. Contoh Quilting Eropa pertama di abad 14 ialah Sicilian Tristan Quilt.

Teknik nya meliputi renda, tenun, percetakan,karpet. Semuanya meliputi style dari negara masing masing. Mantel untuk mengelilingi gulungan torah, berbahan sutra beludru yang di sulam dengan benang perak. Merupakan objek paling suci untuk orang yahudi yang di buat di amsterdam.

Koleksi Dari museum Victoria Dan Albert | Seni Dan Design di London
Torah mantle 1675. Copyright © Indobritpedia.com

10. Perhiasan

Memiliki lebih dari 3.000 permata tentang perhiasan di eropa dari jaman kuno sampai sekarang terlengkap di dunia. Mulai dari potong potongan perhiasan ternama cartier, andrew grima, lalique. Perhiasan berlian yang di buat untuk Catherine The Great. Kalung Zamrud Beauharnais yang di presentasikan oleh Napoleon kepada anak angkatnya Hortense de beauharnais tahun 1806. Dan koleksi perhiasan tradisional afrika dan asia.

Itulah beberapa koleksi koleksi dari museum victoria dan albert di kota london. Terdapat banyak koleksi koleksi langka dan barang barang yang sulit di temui di museum manapun. Salah satu museum yang wajib di kunjungi!

Baca juga :