Chinatown London, Pusat Kuliner Cina dan Belanja Bahan Makanan Asia
Chinatown London pusat kuliner cina

Chinatown London, pusat kuliner cina dan belanja bahan bahan Makanan asia di london. Tempat ini sekilas seperti kampung cina kecil yang ada di tengah tengah kota london yang hampir semua bangunannya bergaya ala barat. Terletak di Central London antara Leicester Square dan Shaftesbury atau Soho. Tidak jauh dari restoran restoran indonesia yang hanya bisa di jangkau dengan berjalan kaki seperti restoran Bali Bali dan Nusa Dua.

Saat kami mengunjunginya, kami merasa seperti bukan di kota london melainkan seperti di negara cina seperti hong kong. Banyak sekali orang orang asia terutama orang orang cina yang lalu lalang sibuk dengan kegiatan mereka sendiri sendiri.

Ada yang sedang berjualan sayur di pinggir jalan, ada juga yang ada di dalam restoran sedang melayani tamu, ada juga yang sedang membawa barang barang berat, dan turis turis asia, orang orang putih di sekitar yang sedang belanja untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sudah tahu tempat dimana kita belanja bahan makanan orang asia di london? Baca di sini jika anda ingin tahu.
Orang oarng sedaNg belanja memenuhi kebutuhan di Chinatown London / © Reza

Bangunan bangunan khas cina dan barang barang khas cina juga terlihat banyak meramaikan Chinatown yang unik ini. Kampung cina ini di penuhi dengan banyaknya restoran restoran cina yang tersebar di areal. Menurut informasi, total restoran yang tersebar ada 80 restoran.

Cukup banyak dan besar di bandingkan dengan restoran indonesia yang hanya terdapat beberapa saja yang ada di london. Sudah pasti donk, karena populasi orang indonesia sangat sedikit di bandingkan dengan populasi orang cina di london.

Chinatown, London Pusat Kuliner Cina dan Belanja Bahan Makanan Asia
Salah satu restoran di Chinatown London, pusat kuliner cina / © Reza

Terdapat juga toko toko suvenir yang menjual oleh oleh khas lokal atau cina, toko toko roti, dan supermarket kecil yang menyediakan bahan bahan makanan orang asia termasuk sayur sayuran dan buah buahan.

Dan bahan bahan makanan kering juga banyak di jual di toko toko kecil itu. Seperti bahan makanan untuk orang cina tentunya, indonesia, vietnam, thailand, jepang, hk, dan korea. Mereka juga menjual bumbu bumbu indonesia yang sudah jadi itu lho! Seperti bumbu bubu kari, soto, rendang dan rawon dan sejenisnya.

Chinatown, London Pusat Kuliner Cina dan Belanja Bahan Makanan Asia
Suasana di Chinatown London, pusat kuliner cina / © Reza

Tempat ini sangat populer untuk turis turis dan orang orang lokal di london karena tempatnya yang sangat strategis. Komplek Chinatown ini dekat sekali dengan tempat tempat untuk shopping, restoran restoran international, termasuk restoran indonesia yang menyediakan masakan khas tanah air. Tidak ketinggalan juga tempat hiburan malam seperti bar, club dan kasino.

Kalau siang, lokasi ini sibuk dengan turis turis yang sedang shopping, makan atau jalan jalan di sekitar. Kalau malam ,lokasi ini sangat sibuk dengan kehidupan malam nya seperti bar dan clubbing. Karena itu lah daerah ini tidak pernah sepi entah itu di siang atau di malam hari. Tidak jauh pula dengan tempat tempat wisata terkenal lainnya seperti British Museum dan Trafalgar Square

Chinatown, London Pusat Kuliner Cina dan Belanja Baha
Orang orang bule juga suka dengan makanan cina / © Reza

Di bulan februari setiap tahun, terdapat tahun baru imlek yang di rayakan di seluruh dunia. Di Chinatown ini biasanya di adakan panggung pertunjukan seperti tarian naga dan parade untuk imlek. Semua pertunjukan gratis untuk di kunjungi. Banyak pernak pernik warna merah khas cina terpasang di mana mana. Petasan khas cina itu juga banyak yang di permainkan saat perayaan tahun baru imlek.

Mungkin anda suka :

Chinatown London, Pusat Kuliner Cina dan Belanja Bahan Makanan Asia
Dekorasi tahun baru imlek di Chinatown London / Credit : Garry Knight

Sejarah Chinatown london, pusat kuliner cina 

Ada sejarah kenapa Chinatown bisa berdiri di tengah tengah kota london dan menjadi tempat paling ramai dan popular di london. Pada abad 20 populasi imigran cina berbasis di East End london, daerah yang terkenal sebagai Limehouse, yang bangun di sekitar dermaga london yang kumuh dan menjadi sarang opium dan kriminal. Ini berlangsung sampai perang dunia II akibat Limehouse hancur total karena di bom.

Setelah perang dunia II berakhir, terdapat gelombang imigran dari Hongkong yang berdatangan secara masif ke london. Dan tentu populasi cina langsung meningkat pesat saat itu.

Selain itu tentara inggris yang pulang ke rumah dari perang di luar negeri, mereka sudah mengembangkan  makanan asia. Dan membuka restoran cina pertama yang ada di Gerrard Street untuk melayani tentara inggris yang pulang dari perang yang ingin mencari makanan asia.

Chinatown London, Pusat Kuliner Cina dan Belanja Bahan Makanan Asia
Gerrard street di Chinatown / © Reza

Setiap kali kami ke daerah central seperti di daerah Leicester Square dan Piccadilly Circus untuk shopping, kami tidak pernah untuk tidak mengunjungi Chinatown untuk membeli bahan bahan makanan untuk stok di rumah. Kadang kami pergi ke central hanya untuk bisa mendapatkan bumbu bumbu dan bahan bahan makanan di sekitar kampung cina ini.

Mungkin anda suka :

Karena supermarket lokal jarang sekali, bahkan tidak ada yang menjual bahan makanan orang asia. Dan kampung cina ini tidak pernah sepi oleh penunjung dan turis turis. Lebih ramai dan meriah lagi di saat tahun baru imlek tiba. Jadi jika anda berada di london di bulan februari jangan lewatkan untuk melihat pertunjukan dan dekorasi dekorasi imlek di Chinatown.

Itulah tadi ringkasan tentang Chinatown London, pusat kuliner cina dan bahan bahan makanan asia lainnya yang wajib anda kunjungi saat berada di london. Dan jangan bingung lagi jika anda ingin mencari bahan makanan indonesia di negara barat ini. Karena di chinatown mereka menyediakannya walaupun memang tidak sekomplit yang ada di supermarket di indonesia. Tetapi setidaknya kita masih bisa mengolah makanan khas kita sendiri.