Buckingham Palace, Fakta dan Cara Mengetahui Ratu Inggris di Istana
Buckingham Palace London

Buckingham Palace, fakta dan cara mengetahui ratu Inggris di istana. Buckingham palace adalah rumah resmi dan istana kerajaan Ratu Inggris yang berada di london. Istana ini telah menjadi kediaman resmi monarki inggris sejak tahun 1837. Ratu Victoria adalah Ratu pertama yang menempati Buckingham Palace london.

Dari kejauhan, terlihat gedung besar bercat putih itu, berdiri megah di sekitar jalan raya yang sibuk dengan kendaraan. Terdapat juga taman cantik yang penuh dengan bunga dan rumput rumput hijau di sekitar jalan raya sebelum menyebrang jalan ke arah istana.

Buckingham Palace Tempat Kediaman Ratu Inggris di London | Fakta Unik

Cuaca saat itu sangat panas dan cerah. Maklum memang pada saat kami mengunjunginya, di London saat itu sedang musim panas. Dan banyak sekali turis turis di sekitar Buckingham Palace yang sedang berfoto foto dan melihat lihat sekeliling.

Akhirnya kami sampai di depan Buckingham Palace tempat kediaman Ratu Inggris yang kita kenal dengan Ratu Elizabeth  dan Pangeran Philip. Terlihat pintu gerbang istana terbuka lebar. Beberapa polisi lengkap yang sedang berjaga berjalan kesana kemari di halaman istana yang di gerbang besi hitam dan emas itu.

Buckingham Palace Tempat Kediaman Ratu Inggris di London | Fakta Unik

Tidak ketinggalan juga Penjaga Ratu / Queens Guard yang kita kenal dengan topi rambutnya yang tebal itu berdiri di pos khas nya persis di depan istana namun masih di dalam gerbang.

Fakta Buckingham Palace

Fakta unik nya adalah ternyata Istana Buckingham bukan hanya tempat kediaman Ratu Inggris saja lho! Melainkan tempat kediaman Duke of York yaitu Pangeran Andrew dan Earl and Countess of Wessex yaitu Pangeran Edward, istri dan putrinya.

Istana Buckingham juga di jadikan sebagai kantor untuk mengurusi pekerjaan administrasi kerajaan. Dan di tempat inilah dimana Ratu menyambut tamu tamu negara dan peristiwa peristiwa kenegaraan.

Buckingham Palace Tempat Kediaman Ratu Inggris di London | Fakta Unik

Juga di jadikan tempat pariwisata tetapi harus di book dahulu. Dan Buckingham Palace juga di jadikan sebagai pusat nya untuk para penduduk inggris untuk berkumpul. Entah itu dalam masa kegembiraan, berkabung, atau krisis.

Tempat tinggal Ratu Elizabeth bukan hanya di Istana Buckingham saja, tetapi kastil windsor juga tempat tinggalnya Ratu yang ada di london. Dan Kastil Balmoral yang ada di skotlandia. Jadi ada 3 tempat di mana ratu tinggal.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui Ratu berada di istana atau tidak?

1. Dengan Bendera 

Cara yang paling gampang adalah melihat bendera di sekitar Istana Buckingham, Kastil Windsor, dan tempat tinggal lainnya. Jika di sekitar istana berkibar bendera inggris ( Union Flag ) berarti yang mulia ratu tidak ada di tempat. Lalu jika Royal Standard berkibar (semacam bendera) di sekitar istana, berarti Ratu sedang di tempat.

Buckingham Palace Tempat Kediaman Ratu Inggris di London | Fakta Unik
Union Flag berkibar di atas istana / © port promotions
Buckingham Palace Tempat Kediaman Ratu Inggris di London | Fakta Unik
Royal Standard berkibar di atas Buckingham Palace / © Daily Mail

 

 

 

 

 

 

2. Berapa jumlah Penjaga Ratu

Cara lain untuk mengetahui bahwa Ratu di tempat atau tidak (tetapi hanya di Buckingham Palace) Yaitu melihat berapa jumlah Penjaga Ratu ( queen’s Guard ) yang berdiri di depan pintu masuk Istana Buckingham.

Jika hanya ada dua yang bertugas, dan dua pos tanpa pengawasan, berarti ratu tidak ada di istana. Jika ada empat Penjaga Ratu yang berjaga, dan menempati 4 pos semunya, berarti Ratu berada di istana.

Buckingham Palace Tempat Kediaman Ratu Inggris di London | Fakta Unik
Penjaga Ratu satu pos tanpa pengawasan berarti Ratu tidak di tempat saat kami di sana

3. Bendera yang di bawa Penjaga Ratu

Jika anda tidak bisa melihat bendera atau Penjaga Ratu di depan istana, ada cara lain. Yaitu pada saat pergantian Queen’s Guard, lihat lah warna latar belakang dan design bendera (warna dan design resimen mereka ) yang di bawa oleh penjaga.

Jika yang di bawa penjaga mempunyai latar belakang merah polos berarti Ratu ada di tempat. Jika warna latar belakang berbendera inggris berarti Ratu tidak berada di istana.

Baca juga :

Unik kan? Bahwa tradisi kerajaan inggris masih di jaga sampai sekarang. Selain tradisi yang di sebutkan tadi, di kerajaan juga memberlakukan peraturan ketat berpakaian dan etika untuk anggota keluarga kerajaan. Di depan Buckingham Palace tempat kediaman Ratu Inggris ini juga terdapat monumen. Yaitu Victoria Memorial untuk Ratu Victoria. Dengan tinggi hampir 25 meter bercat putih dan di kelilingi oleh patung patung lainnya.

Buckingham Palace Tempat Kediaman Ratu Inggris di London | Fakta Unik
Victoria Memorial di depan Istana Buckingham

Itulah tadi tentang Buckingham Palace, fakta dan cara mengetahui Ratu Inggris di istana. Saat kami mengunjungi nya kami berharap saat itu bisa melihat ratu secara langsung. Tapi ternyata di lihat dari jumlah penjaga ratunya yang menjaga post nya, terlihat kosong di salah satunya. Jadi sudah pasti ratu tidak di tempat. Hmm bad luck! but at least bisa melihat tempat tinggalnya sekarang 🙂