Big Ben Menara Jam Lonceng | Great bell Ikon kota London
Big Ben ikon kota London Lnggris

Big Ben menara jam lonceng dengan nama aslinya Great Bell sebagai ikonnya kota London, Inggris. Apakah kamu seperti saya, kalau sedang mengingat tentang kota london, dan gambar menara jam ini yang muncul di kepala? Haha itu saya ;0 Menara jam ini sering di tayangkan di film film hollywood. Seperti di film “The Foreigner” dengan aktor Jackie Chan, film film “James Bond”, “Greenwich” dan masih banyak lagi.

Di bangun pada tahun antara 1843 dan 1858. Big Ben di bangun sebagai menara jam Istana Westminster. Istana Westminster yang sekarang lebih di kenal sebagai gedung Parlemen Inggris.

Big Ben Jam | Menara Lonceng | Ikon kota London, Inggris
Big Ben terlihat dari seberang sungai thames dan jembatan untuk menjangkaunya

Terletak di dekat sungai Thames dan bisa melihatnya dari seberang sungai Thames. Untuk menjangkaunya sangat gampang, kita hanya perlu berjalan kaki menyeberangi sungai di atas jembatan jalan raya yang di sediakan. Jalan raya ini pun cukup lebar dan tidak terlalu banyak kendaraan saat itu, jadi masih bisa terlihat dari kejauhan.

Big Ben Jam | Menara Lonceng | Ikon kota London, Inggris
Big Ben terlihat dari kejauhan / di atas jembatan

Di tengah tengah perjalanan saat kami menyeberangi sungai, kami melihat seorang laki laki tua berdiri di tepi jalan dengan memakai rok layaknya perempuan. Dengan mulutnya memainkan musik semacem terompet, dia melirik saya saat saya ambil photo dia ;DD

Kostum dengan memakai rok ini namanya Kilt. Memang Kilt semacam ini, di pakai untuk laki laki Scottish biasanya. Karena Kilt ini adalah pakaian tradisional orang orang Scottish. Scottish adalah julukan untuk orang Skotlandia. Dan Skotlandia masih bagian dari United Kingdom ( UK ).

Big Ben Jam | Menara Lonceng | Ikon kota London, Inggris
Laki laki tua dengan kostum Kilt nya, kostum tradisional Scottish sedang memainkan musik nya di tepi jalan

Orang Scottish ( pria ) atau orang yang mempunyai darah Scottish yang mempunyai last name Scottish, jika mereka menikah kelak, mereka harus memakai costum Kilt ini di acara pernikahan mereka, begitu pula dengan Groomsman nya atau di sebut juga dengan Usher di inggris Isle.

Tidak lama setelah melewati laki laki berpakaian seperti perempuan itu, akhirnya sampailah kami di sekitar Big Ben. Letak menara jam ini terlihat berdempetan dengan Istana Parlemen persis di sebelahnya. Di gerbang dengan besi berwarna hitam mengeliling seluruh bangunan bergaya gothic itu.

Big Ben Jam | Menara Lonceng | Ikon kota London, Inggris
Big Ben dan gedung Parlemen Inggris atau istana Westminster

Terlihat beberapa polisi lengkap dengan senjata senjatanya sedang berjaga di sekitar gedung pemerintahan itu. Beberapa bendera Inggris pun terlihat berkibar di atas Istana Westminster. Dan tidak ketinggalan juga Big Bus London pun terlihat lalu lalang di sekitar.

mungkin anda suka :

Big Ben Jam | Menara Lonceng | Ikon kota London, Inggris
Istana Westminster dengan bendera inggris berkibar di atasnya dan Big Bus London

Orang orang London sering menyebutkan Big Ben menara jam lonceng ini dengan sebutan The Clock, Clock Tower, dan Great Bell. Jadi secara kolektif orang orang menjulukinya sebagai Big Ben. Namun nama Big Ben ini sebenarnya berasal dari nama julukan Great Bell.

Big Ben Jam | Menara Lonceng | Ikon kota London, Inggris
BIG BEN menara jam

Big Ben ini sering berbunyi setiap saat. Terkadang setiap jam, terkadang tiga puluh menitan. Tetapi sekarang menara jam ini sedang dalam perbaikan. Dan dengar dengar jam ini akan berhenti berdentang selama 4 tahun lamanya dan akan kembali berdentang di tahun 2021.

Warga london pun pasti akan kehilangan sosok suara Big Ben, yang selalu membisikan dentanganya di sela sela waktu sibuknya mereka, dalam waktu yang lama. Tanpa suara Big Ben, London pun jadi lebih sepi dan sunyi.

Namun sebelum sebelum nya, jam rancangan Admund Beckett ini memiliki keakuratan yang sangat tinggi, dan jarang gagal selama rentang waktu yang sangat lama. Tepat pada tanggal 31 mei 1859, Big Ben mendetangkan loncengnya untuk pertama kalinya.

Jadi si lonceng ini sudah berdentang selama lebih dari 150 th! Walaupun saat itu sedang perang dunia ke II dan bangunan sebelahnya hancur di bom dengan dahsyatnya, this guy masih berdentang.

Big Ben Jam | Menara Lonceng | Ikon kota London, Inggris
Taman hijau di depan big ben

Di seberang menara jam, terdapat taman hijau untuk kita duduk duduk. Di kelilingi oleh bangunan bangunan tua di sekitarnya dan jalan raya. Di sini lah titik lokasi pusat nya kota london. Sangat ramai dan sibuk.

Big Ben Jam | Menara Lonceng | Ikon kota London, Inggris
Bangunan sekitar menara jam

Dan Big Ben menara jam lonceng ini sayangnya tidak di buka untuk umum. Kalau ingin mengunjunginya, pengunjung harus meminta ijin kepada petugas yang bersangkutan. Jadi Big Ben bukan lah layaknya tempat tempat wisata yang bisa di kunjungi kapan pun kamu mau.

Baca juga :