Tips Liburan ke Bali Khusus Untuk Pemula
Adat istiadat Bali

Tips Liburan ke Bali Khusus Pemula Agar jalan jalan menyenangkan. Kenali sedikit tentang Bali Sebelum liburan ke Bali. Pulau Bali juga sering disebut sebagai pulau Dewata. Dengan berbagai macam tempat wisata, hampir semuanya kamu bisa nikmati nya di pulau satu ini. Mulai dari pantai pantainya yang indah, seperti pantai Kuta, pantai Seminyak, pantai Double six, Pantai Pandawa tempat wisata terbaru di bali.

Pura pura indah yang bisa kamu kunjungi seperti Pura Ulun Danu Beratan yang terkenal sebagai ikon nya pulau Bali. Berbagai macam Watersport, Zoo, Waterpark, sampai kegiatan Trekking ke gunung berapi pun bisa di lakukan di bali! Seperti ke gunung berapi, Gunung Batur yang letaknya di Kintamani.

Tak heran, bukan hanya pelancong domestik saja yang mengagumi keindahan Bali, para pelancong dari mancanegara pun tidaklah sedikit yang datang untuk liburan ke Pulau Bali.

Bagi kamu yang tinggal di luar Bali dan ingin melakukan perjalanan liburan ke Bali untuk pertama kalinya, di sini saya mau berbagi tips liburan ke Bali khusus buat kamu yang pemula.

Tips liburan ke Bali khusus pemula agar jalan jalan menyenangkan :

1. Cari waktu yang tepat

Sebelum melakukan rencana liburan ke Bali, kita harus tahu musim dan waktu yang tepat untuk mengunjungi Bali. Ini penting untuk di research sebelum membeli tiket perjalanan. Karena semua ini juga bisa mempengaruhi harga akomodasi seperti tiket pesawat, hotel dan lainnya.

Antara bulan april dan september adalah waktu yang paling baik karena termasuk musim kemarau. Di bulan bulan ini, biasanya pantai pantai nya bersih dan suhu nya pun hampir  stabil. Terkadang terjadi hujan, namun hanya beberapa kali saja.

Waktu yang paling sibuk atau sering di kenal dengan High Season adalah di bulan juli dan agustus. Karena banyaknya turis mancanegara yang datang di bulan bulan ini. Karena di negara mereka, disana ada budaya yang namanya Summer Holiday yang memungkinkan orang untuk ambil holiday di dua bulan ini. Di dua bulan ini biasanya harga akomodasi pun melonjak tinggi.

Dan di bulan selain itu, seperti april, mei, juni dan september merupakan waktu yang baik dan banyaknya diskon untuk sewa hotel. Restoran pun agak sepi dan banyak promosi yang di tawarkan oleh toko toko.

Bulan oktober sudah mulai hujan namun sedikit di banding di bulan berikutnya. High Season lainnya di Bali selain juli dan agustus adalah saat liburan Lebaran, Paskah, Natalan dan Tahun Baru.

Tips liburan ke Bali yang satu ini, perlu kamu perhatikan agar liburan kamu menyenangkan. Tidak mau kan liburan ke Bali pas di musim hujan? Itu pasti akan mengganggu liburan kamu 🙂

2. Hotel dan Tempat Penginapan.

Pesan hotel atau villa sebelum berangkat. Untuk turis yang pertama kalinya ke bali, biasanya mereka akan menuju ke  daerah selatan Bali. Yaitu daerah seperti, Kuta, Legian, Seminyak dan sekitarnya. Karena di sanalah pusat keramaian wisata Bali.

Di daerah daerah tersebut banyak sekali penginapan. Dari yang mahal ( luxury ) dan yang murah. Sesuaikan dengan budget yang ingin kamu gunakan. Di daerah Kuta, banyak sekali hotel hotel berbintang dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Seperti tersedianya Kolam renang, tempat GYM, Restaurant, hingga Bar, yang siap memanjakanmu di waktu liburan kamu.

Hotel in Kuta
Kolam renang Salah satu fasilitas Hotel di Kuta

Jika kamu mencari budget seharga 400 ke bawah, di daerah poppies 1 dan 2 , daerah Tuban, hingga jalan Bakung sari banyak tersedia. Di daerah ini banyak sekali tempat tempat penginapan ala Guest House.

3. Transportasi

Untuk mengunjungi Bali terdapat beberapa transportasi yang bisa di jangkau. Yaitu melalui darat dan udara. Jalur yang paling cepat dan mudah tentu nya dengan menggunakan pesawat. Jalur darat bisa menggunakan bus.

Untuk keterangan harga silahkan di cek di website website jasa transportasi. Saya tidak bisa menerangkan semuanya karena harga nya semuanya berbeda beda. Untuk pesawat dari jakarta kira kira paling murah 600 Ribu 1 arah tergantung pesawat mana.

kalau untuk bus dari jakarta biaya sekitar 450 Ribu. Akan lebih baik bila kamu mau naik pesawat, pesanlah tiket pesawat dari jauh jauh hari, kemungkinan harga pun akan lebih murah.

4. Sewa Motor atau Mobil 

Saat ini, banyak sekali motor maupun mobil yang memenuhi jalan jalan di bali. Macet di jalan pun sering tak terhindarkan. Apalagi saat saat jam istirahat maupun orang orang yang pulang kerja. Maka dari itu, para pelancong bila ingin jalan jalan di Bali, sebaiknya menyewa motor supaya lebih mudah dan cepat untuk mengekspore pulau dewata ini.

Tetapi jika datang dengan family atau grup, sewa mobil pribadi akan lebih baik. Atau menyewa mobil sekaligus dengan supirnya itu juga akan lebih baik lagi. Karena supir lebih tahu jalan di Bali dan di jamin tidak akan tersesat. Dan juga para supir bisa merekomendasi tempat tempat pariwisata dan rumah rumah makan yang cocok dengan selera dan keinginan kamu.

Banyak sekali tempat tempat untuk menyewa  mobil atau motor di bali. Biasanya sekitar penginapan kamu, juga banyak menyediakan rental mobil dan motor. Atau menggunakan kendaraan umum seperti Taxi, juga banyak bertebaran di Bali.

Itu semua adalah pilihan pilihan yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu selama berlibur di Bali.

5 Kuliner

Berbagai macam khas makanan seperti khas lokal, nusantara, atau asing juga tersedia disini. Dari yang mahal maupun yang murah. Bila kamu ingin mencari makanan yang halal, sarankan saya carilah warung warung seperti restoran masakan Padang, Baso, dan mie ayam, dan restoran umum yang berjualan makanan khas jawa misalnya.

Seperti daerah Tuban, banyak sekali tempat tempat yang menyediakan makanan halal dan nusantara. Plus,  di daerah daerah ini harga makanan pun lebih murah di banding kamu makan di daerah kuta dan daerah yang biasanya  para turis mancanegara berada. Anda hanya perlu berjalan kaki, keluar dari daerah kuta menuju ke tuban.

Baca juga :

6. Adat di Bali

Di Bali, kamu bakal menjumpai banyak sesajen berupa bunga dan sejenisnya yang di taruh di atas kotak yang terbuat dari janur kuning. Biasanya di letakan di depan pintu masuk, depan gerbang, di tepi jalan raya, atau area area yang sering di lalui banyak orang orang.

Karena sesajen ini sering terlihat di taruh di area area yang sering kita lalui, banyak pertanyaan bagaimana jika kita menginjak nya dengan cara tidak sengaja atau merusaknya? Mereka orang bali biasanya mentolerir jika kamu tanpa sengaja menginjaknya.

Sesajen
Sesajen yang ditaruh di jalan

Namun jika menginjaknya tanpa sengaja di depan orang yang menaruh sesajen, kamu cukup bilang “Maaf” saja. Orang bali mempunyai sifat toleransi yang sangat tinggi. Dan saat kamu berada di Bali, hargailah adat istiadat setempat.

Jika kamu mau  mengunjungi seperti pura atau tempat yang di sucikan, selalu pakailah baju yang sopan. Atau jika memakai celana pendek, pakailah kain atau sarung. Biasanya di sediakanan di tempat tempat wisata yang di sucikan. Khusus untuk perempuan, jika kamu sedang datang bulan, janganlah masuk ke pura atau tempat yang di sucikan.

Itulah tips liburan ke Bali khusus pemula agar jalan jalan menyenangkan yang perlu kamu diperhatikan. Eits, jika kamu ingin mengucapkan terima kasih dengan bahasa bali, bilang saja “Suksme” Sekian 🙂

Mungkin anda suka :