Sawah Terasering Jatiluwih Wisata di Pegunungan | Pemandangan Indah
Sawah Terasering Jatiluwih yang berundak undak nan sejuk

Sawah Terasering Jatiluwih Wisata di Pegunungan dengan pemandangan indah nya. Kita sebagai orang indonesia, pemandangan persawahan nan hijau tentunya sudah tidak asing lagi bukan? Namun sawah yang bertekstur dan berudak undak seperti nya jarang kita jumpai. Tentu di tempat tempat tertentu pasti ada pemandangan sawah seperti ini.

Tempat Wisata Sawah Terasering Jatiluwih di bali
Sawah Terasering Jatiluwih yang berundak undak

Salah satunya ada di bali, yaitu di Jatiluwih. Sawah Terasering Jatiluwih wisata di pegunungan ini sangat terkenal sekali di bali. Tempat wisata ini menampilkan pemandangan persawahan yang luar biasa indahnya. Dengan tanahnya yang berundak undak dan sawahnya yang luas dan lebat.

Kami mampir ke tempat wisata Sawah Terasering Jatiluwih ini, di hari berikutnya setelah kunjungan kami dari tempat wisata Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul pada saat menuju pulang ke Denpasar. Jalan untuk menuju ke Sawah Terasering Jatiluwih ini tentu berlika liku karena lokasinya di daerah pegunungan. Jadi siapkan obat anti mabuk untuk kamu yang gampang mabuk di perjalanan yang berbelok belok di pegunungan.

Sawah Terasering Jatiluwih berlokasi di ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Untuk memasuki Sawah Terasering Jatiluwih, pengunjung di kenakan untuk membayar karcis masuk. Untuk pengunjung domestik seharga 15 rb, untuk mancanegara 40 rb saat itu. Tetapi kemungkinan harga bisa berubah ubah.

Baca juga tips traveling :

Kami pun parkir tepat di depan bangunan restoran yang bertingkat 2 yang menghadap

Tempat Wisata Sawah Terasering Jatiluwih di bali
pemandangan Tempat wisata Sawah Terasering Jatiluwih dari atas restaurant

langsung ke persawahan. Ada beberapa restoran yang menyediakan buffet di sini. Tetapi kami memilih restoran yang ada di lantai 2, karena lebih jelas untuk menikmati pemandangan persawahannya sambil menyantap makan siang.

Tidak lama setelah kami selesai dengan makan siang kami, kami langsung turun menuju ke persawahan. Terlihat terdapat jalan setapak yang di cor untuk mengitari persawahan. Jadi tidak perlu takut sepatu akan kotor.

Ternyata Tempat wisata Sawah Terasering jatiluwih ini lebih luas hamparan sawahnya di bandingkan dengan Sawah Terasering Tegallalang yang ada di Ubud. Kami kurang beruntung saat kami datang kesini, karena para petani sudah memanen padinya. Jadi tidak terlihat lebat atau pun terlihat hijau atau kuning lagi. Tetapi saat itu para petani baru saja menanam padinya, jadi masih terlihat sedikit hijau walaupun tidak lebat.

Tempat Wisata Sawah Terasering Jatiluwih di bali
Sawah Terasering Jatiluwih berundak undak dan baru di tanami padi

Waktu yang tepat untuk datang kesini sebenarnya pas di bulan antara februari sampai april. Karena pada bulan ini, padi pas tumbuh tinggi dengan warna yang hijau atau kuning. Dan bulan juni dan juli, waktunya mereka memanennya.

Namun pemandangan masih terlihat menakjubkan di lihat dari tengah tengah persawahan. Sungai sungai kecil mengalirkan air jernihnya di sekitar persawahan untuk irigasi. Pohon pohon kelapa banyak berdiri menyebar di persawahan.

Tempat Wisata Sawah Terasering Jatiluwih di bali
Gunung Batukaru yang membuatnya sempurna

Rumah rumah kecil untuk para petani istirahat pun, terlihat di beberapa lokasi. Dan dengan Gunung Batukaru sebagai latar belakangnya, membuat pemandangan Sawah Terasering Jatiluwih terlihat lebih indah.

Udara di sekitar persawahan pun sejuk. Tetapi tidak sesejuk di sekitar tempat wisata Pura Ulun Danu Beratan atau sekitar Gunung Batur yang letaknya lebih tinggi dari tempat wisata ini.

Tempat Wisata Sawah Terasering Jatiluwih di bali
Sediakan juga jalan untuk trekking supaya pengunjung bisa lebih ke tengah tengah persawahan

Sawah Terasering Jatiluwih adalah salah satu sawah yang paling terkenal dan terindah di bali bersamaan dengan Sawah Terasering Tegallalang, dan Sawah Terasering Munduk. Lokasi tempat wisata Sawah Terasering Jatiluwih ini yaitu ada di desa Jatiluwih, kecamatan Penebel, kabupaten Tabanan.

Jarak tempuh dari Denpasar sekitar 1 jam 30 menit. Sekitar 50 km dari Denpasar. Dan Sawah Terasering Jatiluwih wisata di pegunungan ini juga sudah di tetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO lho! So kamu “must” datang untuk melihat nya sendiri. Bisa menyewa mobil beserta supirnya atau sewa motor.

Baca juga Obyek wisata di Bali lainnya :