Tempat Wisata Pantai Pandawa Bali
Pantai Pandawa atau secret beach

Tebing Kapur di Pantai Pandawa dan wisata terbaru di Bali. kita semua tahu kalau bali mempunyai banyak tempat wisata pantai yang sangat menakjubkan, seperti pantai Kuta, pantai Legian, pantai Seminyak, pantai Batubelig dan masih banyak pantai indah lainnya.

Namun ada juga lho pantai yang dulu di juluki sebagai Pantai Rahasia. Itu di karenakan  letak pantai nya susah di jangkau dan letaknya di belakang tebing tebing kapur besar. Pantai itu namanya Pantai Pandawa dan merupakan tempat wisata terbaru di bali.

Tebing tebing kapur tersebut sekarang sudah di bongkar dan di jadikan jalan untuk menuju ke pantai pandawanya. Dengan di bentuk jalan seperti itu, tentu memudahkan para pelancong untuk mengunjunginya sekarang. Dan itu kenapa pantai pandawa merupakan tempat wisata terbaru di bali.

Tebing Kapur Di Pantai Pandawa Dan Wisata Terbaru Di Bali
Jalan ke Pantai Pandawa Bali

Letak tebing kapur di Pantai Pandawa dan wisata terbaru di Bali ini yaitu ada di desa Kutuh, Kuta selatan Badung Bali. Pantai Pandawa ini sebelumnya di juluki sebagai Pantai Rahasia oleh turis mancanegara terutama oleh turis australia. Karena letaknya itu tadi.

Jalan aspal yang bersih dan baru, dengan di apit oleh dua tebing batu kapur, mengantarkan perjalanan kami ke pantai rahasia ini. Sesaat, kami serasa seperti di tempat asing karena di jalan ini, hanya di kelilingi oleh tebing tebing kering yang tinggi. Kadang hanya beberapa pohon tumbuh di atasnya.

Jalan ke Pantai Pandawa
Jalan ke Pantai Pandawa

Pantai birunya mulai terlihat sedikit dari celah tebing yang mengapit jalan aspal yang kami lalui. Tidak lama setelah itu, kami melihat tulisan besar PANTAI PANDAWA yang  menyambut kedatangan kami. Yang letaknya pas di belokan jalan sebelah kanan, dimana letak pantainya.

Pantai Pandawa Bali
Pantai Pandawa

Setelah melewati tulisan itu, lalu di sebelah kiri jalan tepat nya di dinding tebing, di sana ada patung Lima Pandawa yang berdiri secara berurutan. Di tempatkan di tempat nya masing masing yang terdapat di pinggiran batu kapur. Patung Lima Pandawa ini antara lain patung Dewi Kunti, Dharma wangsa atau di kenal denga Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

BIMA ,Salah satu patung di pantai Pandawa Bali
BIMA ,Salah satu patung di pantai Pandawa Bali

Tempat parkir pun tersedia luas. Banyak lahan parkir yang kosong saat kami di sana. Deburan ombak sudah mulai terdengar saat kami di area parkiran. Pasir putihnya yang bersih dan halus bertebaran di mana mana.

Tidak kalah halusnya dengan pasir yang ada di Pantai Kuta. Tapi ombak di Pantai Pandawa tidak sebesar ombak yang ada di Pantai Kuta. Ombak nya lebih kecil dan sedikit lebih tenang. Dan uniknya, terdapat juga ombak ombak yang terdapat di tengah tengah lautnya. Jadi bukan hanya di tepi pantainya saja, namun di tengah lautnya pun ada ombaknya.

Banyak warung warung kecil yang berjualan makanan, berjejer di pinggir tempat wisata Pantai Pandawa. Seperti Nasi goreng tentunya, Mie goremg, Ayam bakar, hidangan Laut bakar dan beberapa makanan khas Barat.

Di depan warung warung kecil itu berjejer rapi tempat duduk untuk pengunjung yang ingin berjemur beserta payungnya. Tidak lama setelah kami disana, beberapa orang menawarkan kami tempat duduk tersebut beserta payungnya dengan harga 50 ribu. Kami pun memilih salah satunya.

Pantai Pandawa Bali
Pantai Pandawa Bali

Di sekitar tempat duduk itu, juga ada beberapa tempat untuk kamu yang ingin pijat refleksi. Tapi kami tidak tahu harga nya berapa karena kami tidak memesannya. Tidak hanya untuk aktifitas berenang, di Pantai Pandawa juga tersedia jasa sewa Kano untuk pengunjung yang ingin, rekreasi air. Mereka juga menyediakan jaket pelampung jika kamu takut tenggelam.

Ternyata tidak banyak turis turis mancanegara di sini. Tetapi lebih banyak turis turis domestik. Jadi jika kamu ingin ke pantai dengan turis turis bule yang banyak, Pantai Pandawa bukan lah tempatnya. Di daerah Kuta tentu di sana lebih banyak turis turis mancanegaranya. Harga makanan di sini pun terbilang lebih murah di banding di daerah kuta.

Baca juga tempat wisata populer lainnya di Bali :