mengunjungi pura Ulun Danu Beratan
Obyek wisata Pura Ulun Danu Beratan di bali yang memukau dan paling populer

Mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan Di Tepi Danau Bratan Bali. Di Bedugul, di mana letak obyek wisata Pura Ulun Danu Beratan berada, udaranya sangat fresh dan sejuk. Bahkan bisa di bilang dingin walaupun di siang hari. obyek wisata Pura Ulun Danu Beratan terletak di atas dataran tinggi Bedugul dengan ketinggian 1200m dari permukaan air laut. Tepatnya di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Untuk mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan area, para pengunjung harus membeli tiket dengan harga pengunjung domestik 10 rb dan mancanegara 30 rb per adult saat itu. Banyak sekali pengunjung saat kami di sana, entah itu pengunjung domestik atau mancanegara. Sampai sampai kami harus mengantri panjang untuk mendapatkan tiketnya.

Taman Pura Ulun Danu Beratan
Memasuki area

Jalan setapak beraspal dengan rumput nan hujau di sekitar nya, mengantar kan kami ke arah Danau Beratan. Di mana lokasi Pura Ulun Danu Beratan berada.

Setelah memasuki gerbang dengan design khas bali itu, terdapat beberapa pura. Di sekitar lokasi taman tersebut,  ada sebuah gerbang berbentuk seperti candi  dengan design khas balinya, yang  menghadap ke taman. Di balik candi tersebut, ada sebuah komplek pura dengan beberapa pura di dalamnya. Pura ini bisa di lihat dari samping jalan menuju ke Pura Ulun Danu Beratan.

Taman Pura Ulun Danu Beratan
Komplek Pura Ulun Danu Beratan

Akhirnya sampailah kami di Pura Ulun Danu Beratan yang terkenal dengan ikonnya pulau dewata Bali. Berdiri di tepi Danau Beratan yang memukau, dengan air danau nya  yang cukup tenang. Hanya angin spoi spoi seringkali menyapukannya dan menciptakan riak riak kecil di permukaan danau. Dengan latar belakang pegunungan nan hijau itu, menambah keindahan nya.

Beruntung saat  kami mengunjungi pura ulun beratan, air danau saat itu sedang naik, dan membuat Pura Ulun Danu terlihat seperti mengambang di atas air. Beda kalau air sedang surut, pemandangan Pura Ulun Danu akan seperti biasa biasa saja.

Pura Ulun Danu Beratan
pura Tengahing Segara

Pura yang mempunyai tingkat 11 itu namanya Pura Tengahing Segara. Pura ini di sebut sebagai istana Dewa Wisnu dan Dewi Danu. Pura yang bertingkat 3 namanya Pura Lingga Petak. Di dalam pura itu, terdapat sebuah sumur keramat yang menyimpan Tirta Ulun Danu.

Saat kami berjalan mengikuti jalan setapak yang mengarahkan kami ke sebuah tepi danau, terlihat kabut tebal putih yang menggantung di udara, persis di atas

Pura Lingga Petak
Pura Lingga Petak

Danau Beratan itu. Jarak di antara  permukaan danau dan kabut yang menggantung itu pun tidak terlalu jauh. Pegunungan hijau yang tadinya terlihat, walaupun tidak semuanya, tiba tiba tertutup oleh kabut tebal. Kabut tipis pun terlihat mengelilingi Pura Ulun Danu. Menurut saya, ini serasa  seperti di dunia khayal.

Kabut tebal menghampiri Pura Ulun Danu Beratan
Kabut tebal menghampiri Pura Ulun Danu Beratan
Kabut tebal menggantung di atas Danau Beratan
Kabut tebal menggantung di atas Danau Beratan

Tidak lama setelah kami melihat pemandangan yang surreal itu, kami melihat kabut kabut tebal itu menghampiri kami. Bersamaan dengan angin nya yang dingin menyapukan nya ke arah kami.

Pura Ulun Danu Beratan yang tadi nya masih terlihat jelas, tiba tiba hampir menghilang tidak terlihat karena tertutup kabut tebal itu. Akhirnya kami memutuskan untuk beranjak dari sana. Entah berapa lama kabut kabut tebal itu bertahan di sana, karena kami langsung pergi ke sebuah taman di sekitarnya.

Di sekitar obyek wisata Pura Ulun Danu Beratan, terdapat taman yang terawat, indah nan rindang. Ada banyak pohon pohon menjulang tinggi, tertata rapih mengikuti jalan setapak. Pohon yang interesting! Karena hanya batangnya saja yang berdiri dengan daun daun nya yang tumbuh di batang pohonnya tanpa ranting.

Tidak jauh dari pohon pohon yang interesting itu, berdiri sebuah Stupa Buddha. Letaknya tidak jauh dari pura Pura yang lainnya tetapi sudah di luar komplek utama pura. Dengan keberadaan Stupa Buddha di sini, bisa di gambarkan bahwa keselaran dan harmoni antar agama sudah di lakukan dari jaman dahulu di bali. Stupa Buddha ini pun terlihat terawat.

Mungkin anda suka :

Bukan hanya taman nya yang hijau, rindang nan sejuk saja, tetapi taman bermain anak anak pun tersedia disini. Cocok untuk menikmati liburan bersama keluarga tercinta.

Tempat parkiran pun tersedia banyak. Dari Mobil, Motor, Bus besar pun masuk. Di sekitar area juga banyak toko toko yang berjualan pernik pernik dan oleh oleh yang bisa kita beli untuk kenang kenangan. Restoran dan warung makan pun tersedia di sekitar sini..

Setelah kami puas mengunjungi pura ulun danu beratan area, kami langsung pergi ke tempat wisata lainnya yaitu ke Kebun Raya Bali. Kami jalan kaki dari komplek pura ini  menuju ke Kebun Raya Bali.