Komplek Pura Pura Indah Di Taman Ayun Mengwi Bali
Obyek Wisata di Bali Pura Taman Ayun. Salah satu Pura utama di bali

Komplek Pura Pura Indah Di Taman Ayun Mengwi Bali. Banyak sekali pura pura yang berusia ratusan tahun di Bali, salah satu nya adalah Pura Taman Ayun. Merupakan taman dan pura peninggalan bersejarah dari kerajaan mengwi dan di bangun oleh raja Mengwi I Gusti Agung Putu pada tahun 1634. Taman Ayun artinya taman yang indah.

Salah satu pura yang indah dan pura utama yang ada di bali. Lokasinya  di dekat desa Mengwi, Badung, Bali. Taman ini terkenal dengan komplek meru meru nya yang menjulang tinggi. Dan menjadikan salah satu obyek wisata di bali yang harus di kunjungi.

Untuk memasuki wisata Taman Ayun, kita di haruskan menyeberangi sebuah sungai dengan satu satu nya jembatan beton yang telah di sediakan. Dan satu satunya gerbang dengan design khas balinya untuk memasuki Taman Ayun.

obyek wisata di bali pura taman ayun
Depan Pura Taman Ayun

Setelah memasuki gerbang itu, di sebelah kanan ada sebuah loket tiket yang harus kita beli untuk memasuki Taman Ayun. Dari balik kaca loket tiket, ada beberapa petugas duduk melayani para pengunjung yang akan membeli tiket.

Di kaca depan loket terdapat tulisan tentang harga yang di tetapkan. Untuk pengunjung domestik hanya membayar 10rb, tapi untuk pengunjung mancanegara harus membayar 20rb. Cukup murah untuk mengunjungi sebuah tempat wisata di Bali.

Setelah mendapatkan tiket, kami langsung jalan jalan mengelilingi taman pertama yang ada beberapa air mancur itu. Sebelah kanan taman, terdapat bangunan luas seperti balai dan saat itu sedang di adakan acara. Entah acara apa kami tidak terlalu memperhatikannya.

Baca juga tempat wisata populer  :

Di sebelah bangunan yang ramai orang itu, ada juga bangunan luas terbuka  dengan Barongan bali berdiri di tengah tengah balai.

Setelah kami puas jalan jalan di taman pertama, lalu kami menuju ke taman yang ke dua. Sebelum ke taman yang ke dua, di sana ada gerbang dengan design khas balinya. Tapi gerbang itu di tutup, tidak untuk di lewati oleh pengunjung. Tapi untuk memasuki taman yang ke dua, kami  melewati jalan di sebelah kirinya.

Taman yang ke dua ini tekstur tanahnya lebih tinggi dari taman pertama. Di taman yang kedua, pertama yang kami lihat adalah sebuah komplek Bale Aling aling yang mempunyai ukuran dan bentuk berbeda beda. Di pojok sebelah  barat terdapat sebuah Balai Kulkul menjulang tinggi. Komplek pura pura indah di Taman Ayun ini, di kelilingi oleh pagar beton dengan kolam air di sisi kirinya mengalir  seperti sungai.

Pura Taman Ayun
obyek wisata di bali pura taman ayun
Pura pura di Taman Ayun

Setelah kami jalan lurus megikuti jalan yang tersedia di sebelah komplek pura pura indah itu, di sana ada beberapa Meru yang berdiri menjulang tinggi dengan berbagai ukuran.

Mungkin anda suka :

obyek wisata di bali pura taman ayun
Banyak Meru dengan berbagai ukuran

Di samping taman itu terdapat komplek pura yang lebih sedikit  yang harus di lalui dengan menyeberangi kolam. Setelah melewati komplek Pura pura itu, di sana terdapat taman yang banyak di kelilingi oleh pohon pohon besar, yang membuat taman ini rindang nan sejuk. Di sediakan juga jalan  setapak untuk para pengunjung untuk mengitarinya. Taman Ayun ini ternyata di apit oleh sebuah sungai di kanan dan kiri nya.

obyek wisata di bali pura taman ayun
Terdapat banyak meru di Pura Taman Ayun

Komplek Pura pura indah di Taman Ayun sebenarnya  merupakan pura Keluarga bagi Kerajaan Mengwi. Didirikan nya pura ini oleh raja, karena pada jaman dahulu pura pura di bali jaraknya terlalu jauh untuk di jangkau oleh masyarakat Mengwi.

Maka di bangunlah pura pura ini untuk tempat pemujaan. Ada pura lain selain pura Taman Ayun yang di bangun oleh raja Mengwi. Pura ini di sebut sebagai ikonnya pulau dewata bali, yaitu Pura Ulun Danu Beratan yang berlokasi di dataran tinggi bedugul.