Legenda Tanah Lot, Kunjungan Dan Tips Menuju Ke Pura Indah Bali
Salah satu pura yang ada di tanah lot. Yaitu di atas Tebing yang menjorok ke tengah tengah laut

Legenda Tanah Lot, kunjungan dan tips menuju ke pura indah bali. Satu lagi obyek wisata yang ada di bali yang harus di kunjungi, yaitu pura Tanah Lot dengan ombak yang menakutkan dan penuh legenda.

Kunjungan Ke Tanah Lot

Pura ini berada di atas bongkahan batu karang yang terdapat di tengah tengah laut. Jika air sedang pasang, batu karang besar ini terlihat seperti perahu yang mengambang. Jika pada saat air laut surut, kami para pengunjung bisa mendekati batu karang ini.

Pura yang ada di Tanah Lot di bangun pada dua tempat. Yang satunya di atas batu karang besar ini, dan yang satunya di bangun di atas tebing yang letaknya menjorok ke tengah tengah laut. Tebing ini menghubungkan daratan dengan pura. Para pengunjung boleh jalan jalan di atas tebing menuju pura yang letaknya di ujung tebing.

Tetapi pengunjung tidak di perbolehkan masuk ke dalam puranya. Pengunjung hanya boleh di depan pintu puranya saja. Dan uniknya, tebing tersebut mempunyai lubang di bawahnya dan bentuknya melengkung seperti jembatan jika di lihat dari samping.

Obyek wisata tanah lot yang penuh legenda di bali.
Salah satu pura yang ada di Tanah Lot. Yaitu di atas Tebing yang menjorok ke tengah tengah laut

Dari pintu masuk belok ke kanan, kami menemukan tebing yang berlubang di bawahnya itu. Deburan ombaknya saat itu kencang sekali! Sepertinya memang ombak di sekitar Tanah Lot selalu besar.

Setelah kami puas foto foto dan melihat sekeliling tebing yang berlubang itu, kami lalu melanjutkan dengan berjalan kaki di sekitar tebing. Dari tebing belok kiri, di sana kami menemukan spot yang bagus untuk foto.

Obyek wisata tanah lot yang penuh legenda di bali.
Obyek wisata tanah lot yang penuh legenda di bali. Spot yang bagus untuk foto ini lokasinya di sebelah tebing yang menjorok ke tengah tengah laut

Lalu kami jalan balik ke arah tebing yang menjorok itu menuju ke pura berikutnya. Yaitu pura yang ada di atas batu karang besar itu, dengan berjalan menelusuri jalan setapak yang di sediakan di tepi laut.

Obyek wisata tanah lot yang penuh legenda di bali.
Jalan setapak tepi laut yang menghubungkan dua pura di Tanah Lot

Terlihat banyak sekali pengunjung domestik maupun mancanegara yang lalu lalang menyesaki jalan setapak yang sempit itu. Taman hijau yang terawat nan rindang pun tersedia di sekitar obyek wisata Tanah Lot. Beberapa orang berjualan makanan atau minuman di sekitar jalan setapak, namun masih beraturan.

Obyek wisata tanah lot yang penuh legenda di bali.
Salah satu pura yang ada di Tanah lot. Yaitu di atas Tebing yang menjorok ke tengah tengah laut di lihat dari samping

Untuk menuju ke pura Tanah Lot yang satunya ini, kita harus menuruni sebuah tangga yang mudah di lewati. Disanalah bongkahan batu karang raksasa tersebut berada dengan pura di atasnya. Dengan di tumbuhi beberapa pohon di atasnya membuat batu karang tersebut seperti pulau mungil. Saat kami disana air belum pasang, jadi kami masih bisa berjalan mendekatinya.

Obyek wisata tanah lot yang penuh legenda di bali.
Batu karang Tanah lot ini yang di tunggui oleh seekor ular milik pendirinya.

Banyak orang yang berpakaian putih khas bali yang berjaga di sekitar Pura Tanah Lot. Di sisi depan batu karang raksasa tersebut, terdapat seperti gua yang di jaga oleh beberapa orang bali. Tapi kami tidak boleh memasukinya.

Kami hanya boleh menelusuri pinggiran batu besar tersebut yang juga di jaga oleh beberapa orang yang berpakaian bali. Namun sebelum pengunjung menelusuri pinggiran batu karang tersebut, para pengunjung harus di beri seperti cipratan air dulu  yang akan di beri oleh salah satu menjaganya.

Obyek wisata tanah lot yang penuh legenda di bali.
Terlihat seperti perahu

Legenda Tanah Lot

Konon pura Tanah Lot ini ada penunggunya lho! Yaitu seekor ular laut di sekitar batu karang raksasa ini sampai sekarang!! Ular ini mempunyai ciri ciri berekor pipih seperti ikan, dan berbelang kuning warna hitam. Ular ini mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular kobra. Ular ini adalah milik pendiri Pura Tanah Lot, yang bernama Danghyang Nirartha. Yang konon ular berbisa ini adalah jelmaan dari selendangnya untuk menjaga Pura Tanah Lot ini.

Danghyang Nirartha adalah seorang brahmana dari jawa yang mengembara ke bali yang berhasil menyebarkan agama hindu di bali. Penguasa Tanah Lot saat itu yaitu Bendesa Beraben merasa iri kepada Danghyang Nirartha, karena para penduduk di sekitar pergi untuk mengikuti ajarannya. Lalu di usirlah beliau dari desanya dan Danghyang Nirartha pun menyanggupinya.

Menurut sejarah Tanah Lot, Dang Hyang Nirartha memindahkan bongkahan batu karang tersebut ke tengah pantai dengan kekuatan spiritualnya dan membangun pura di sana sebelum meninggalkan tanah lot dan mengubah selendangnya menjadi ular untuk menjaganya. Batu karang tersebut adalah batu yang kita kenal dengan nama Tanah Lot, yang mempunyai arti batu karang yang berada di tengah laut.

Tips mengunjungi Tanah Lot

Hari semakin gelap kami pun berencana untuk pulang. Sebelum pulang, kami mampir melihat lihat sekeliling dan menemukan lokasi dimana kita bisa belanja dan membeli oleh oleh. Banyak sekali toko toko berjejer menjualkan dagangan mereka. Seperti baju baju, souvenir, pernik pernik dan sejenisnya. Tidak jauh dari supir kami yang sudah menunggu di tempat parkiran.

Baca juga tempat wisata di Bali lainnya :

Saat itu kami pesan mobil dengan supirnya sekalian untuk mengantarkan kami ke Tanah Lot. Sangat di rekomendasi sekali sebelum melakukan perjalanan ke tempat wisata ini, kamu menyewa mobil dengan supirnya. Atau sewa motor kalau kamu Adventurous.

Karena di lokasi Tanah Lot jarang sekali ada taxi taxi umum bertebaran seperti halnya di daerah sentral. Kalau kamu naik taxi seperti biasa ke tempat wisata pura ini, kamu akan mendapatkan kendala untuk pulangnya nanti.

Semua taxi dan mobil yang berparkir di sekitar tempat wisata Tanah Lot ini, adalah pesanan. Jadi bukan transportasi umum yang kamu bisa naiki kapan saja. Jadi rekomendasi saya, pesanlah kendaraan private untuk menuju ke obyek wisata tanah lot ini.

Itulah tadi singkat cerita tentang Legenda Tanah Lot, kunjungan dan tips ke tempat wisata yang berlokasi di Jalan Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Kalau kamu masih ada waktu di sekitar tempat wisata ini, mampir saja ke Pura Taman Ayun yang berada di desa mengwi, Kabupaten Badung. Hanya berkendara 40 menit dari tanah lot.

Baca juga tips :