7 Tips Menghindari Jet Lag Secara Ampuh Agar Terlihat Fresh Dan Segar
Ilustrasi jam photo: Pixabay

Tips Menghindari Jet Lag secara ampuh agar terlihat fresh dan segar. Melakukan perjalanan seperti liburan memang, sudah mejadi favorit banyak orang. Walaupun itu semua kadang kita harus melaluinya dengan duduk berjam jam di pesawat, bahkan sampai menginap semalaman.

Terutama jika akan melakukan perjalanan antar benua yang akan memakan waktu yang cukup lama di pesawat. Dan pada saat bersamaan, kita tidak akan bisa menghindari yang namanya Jet Lag. Itu karena perbedaan waktu yang cukup jauh di antara tempat yang satu ke yang lainnya. Namun untung nya ada cara untuk menghindari hal itu terjadi.

Di bawah ini adalah tips menghindari Jet Lag secara ampuh agar terlihat fresh dan segar :

1.  Sesuaikan waktu seperti di tempat tujuan

Setidaknya tiga hari sebelum keberangkatan, geserlah waktu makan dan tidur kamu bersamaan dengan waktu tempat atau negara yang akan kamu di tuju secara bertahap. Jadi, setelah nanti tiba di tempat tujuan, kamu bisa menyesuikan  rutinitas kamu dengan waktu setempat.

2.  Pilihlah pesawat dengan penerbangan malam

Memilih waktu penerbangan malam akan jauh lebih baik karena kamu kemungkinan akan tidur di pesawat yang hanya bersandarkan kursi, dari pada memilih waktu penerbangan sore hari. Tapi ini tergantung panjang penerbangan dan perbedaan waktu yang kamu lewati. Dan kamu akan sampai di tujuan di pagi hari atau sore. Di waktu ini lah, kamu bisa lebih mudah untuk mengatur ulang jadwal jam di tempat  baru dan meniru jadwal normal kamu.

3.  Jangan minum minuman yang mengandung kafein

Hindari minum kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein sebelum melakukan perjalanan atau selama di pesawat. Memang kafein biasanya bisa membantu kamu terjaga lebih lama, tapi kafein akan membuat kamu bangun lebih sering di dalam jam istirahat kamu di pesawat.

4. Konsumsi cukup air

Minumlah air secukupnya selama di pesawat, walau saat kamu tidak haus pun. Setidak nya tiga liter atau lebih itu akan lebih baik. Tujuanya agar kamu tidak dehidrasi karena di pesawat udara sangatlah kering dan mencegah DVT Deep Vein Thrombosis.

Mungkin anda suka :

5. Cobalah tidur di pesawat

Cobalah untuk tidur di pesawat. Ini sangat penting di lakukan bila kamu akan bepergian semalaman di pesawat. Contoh saja akan melakukan perjalanan dari indonesia ke eropa. Yang bisa memakan waktu minimal 10 jam. Tergantung eropa bagian mana. Dengan berlama lama di pesawat, akan membuat tubuh kita kelelahan. Maka di sarankan untuk tidur dan istirahat yang banyak.

Dengan istirahat yang banyak, maka tubuh kamu akan siap untuk menghadapi tekanan Jet Lag. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela dan sediakan bantal atau sejenisnya untuk menopang tubuh kamu saat istirahat. Akan lebih baik jika kamu memilih penerbangan bisnis atau first class. Karena akan jauh lebih nyaman dan mudah untuk istirahat.

6. Minum obat tidur dengan bijak

Jangan minum pil tidur yang kamu belum pernah mencobanya di pesawat. Minimal kamu sudah tahu pil tidur tersebut sebelumnya dan bukan pertama kalinya menggunakannya di pesawat. Aturlah dosis pil tidur bila kamu ingin mengunakannya. Dengan pil yang mempunyai siklus pendek, bisa membantu kamu istirahat lebih bagus di pesawat.

7. Keluarlah dari ruangan

Setelah tiba di tempat tujuan, keluarlah dan habiskan waktu sebanyak banyaknya di bawah sinar matahari. Karena dengan cara ini, akan membantu tubuh kamu untuk bisa mengatur ulang waktu, yang bertepatan dengan waktu setempat.

Itulah tips tips menghindari Jet Lag secara ampuh agar terlihat fresh. Jangan biarkan Jet Lag mengganggu perjalanan kamu.

Baca juga :