batu caves, gua suci umat hindu
Patung dewa Murugan di Batu Caves
Batu Caves, Gua Suci Umat Hindu dan patung murugan di Kuala Lumpur. Salah satu tempat wisata yang popular yang kamu ” Must Visit”  saat berada di kuala lumpur. Tempat wisata Batu Caves ini juga gratis untuk di kunjungi.


Lalu apa itu Batu Caves, gua suci umat hindu yang di maksud ?

Adalah bukit batu kapur yang mempunyai beberapa gua di dalamnya. Lokasi nya ada di Gombak, Selangor, Malaysia. Di dalam gua dan sekitarnya ini, ada beberapa kuil yang sudah berusia 100 tahun yang menampilkan patung patung hindu. Dan di tempat wisata Batu Caves ini terdapat patung dewa murugan tertinggi di dunia!

 

Batu Caves, gua suci umat hindu ini bisa di jangkau dengan naik kereta, caranya di bawah ini : 

Dari train terdekat menuju ke Sentral Station. Ini adalah station dimana hampir semua train, melewatinya

  • Saat berada di KL Sentral, cari KTM Komuter train untuk beli tiketnya ke Batu Caves station
  • Setelah mendapatkan tiketnya, lalu pergilah ke platfom untuk Pelabuhan Klang ( Port Klang ) Lalu cari train yang ke arah Batu Caves line directly. Bukan yang ke Pelabuhan Klang itu nanti salah arah.


Pertama yang saya lihat saat tiba di lokasi adalah sebuah patung dengan ukuran yang sangat tinggi dan besar. Dengan warna mencolok nya bercorak emas, berdiri di sebelah tangga untuk menuju ke gua. Adalah Patung murugan yang merupakan tertinggi di dunia. Dengan tinggi kira kira sekitar 40 m an dari dasar tanah.

Tempat Wisata Batu Caves di Kuala lumpur, Malaysia
Patung dewa Murugan tertinggi di dunia
Di depan area bukit, terdapat banyak bangunan bangunan dengan atapnya yang berhias kan patung patung hindu seperti patung yang ada di kuil kuil. Tak hanya patung patung nya yang di ukir dengan indahnya, namun warna nya pun tidak kalah menarik.


Sebelum menuju ke bukit, kami di sambut oleh banyak burung burung merpati di sekitarnya. Banyak wanita, laki laki, maupun anak anak yang memakai baju  tradisional indian di sekitaran Batu Caves.

Tidak kalah interestingnya, banyak monyet monyet berlarian di sekitar patung tinggi bercorak emas itu. Ada yang lagi duduk di atas atap bangunan sekitar, ada juga yang lagi bermain main di sekitar tangga jalan menuju ke gua.

Baca juga :


Sebelum menaiki tangga untuk menuju ke gua, di sekitar tangga terdapat tulisan tentang dress code yang harus di penuhi oleh para visitor yang ingin memasuki Batu Caves, gua suci umat hindu tersebut.


Begini kira kira isi dari Dress Code nya :

  • Jangan terlalu mengekspos tubuh anda. Maksudnya jangan pakaian yang terlalu terbuka
  • Pakailah tshirt atau kaos dengan lengannya
  • Jangan pakai celana pendek atau hot pants
  • Jangan memakai rok pendek atau rok mini di atas lutut
  • Celana panjang are fine
Jika kamu memakai pakaian di luar dari dress code tersebut, di sana mereka menyiapkan kain untuk menutupi bagian yang kira kira tidak di perkenankan. seperti halnya di tempat wisata yang di sucikan di bali. Mereka juga menerapkan dress code yang serupa.
Sebenarnya di tempat wisata Batu Caves ini terdiri dari tiga gua utama. Gua yang paling besar namanya Gua Katedral, di sebut juga Gua Kuil. Untuk mencapai gua ini, para pengunjung  harus menaiki  tangga yang sedikit curam dengan hampir 100m dari dasar tanah.


 

 

Tempat Wisata Batu Caves di Kuala lumpur, Malaysia
Patung hindu di depan mulut gua

Gua terbesar ini mempunyai langit langit nya yang sangat tinggi! Tidak hanya tinggi kubahnya, tetapi juga luas dan lebar. Ada beberapa tempat seperti kuil di dalamnya. Dengan patung patung hindu berwarna warni menghias di atas kuilnya. Beberapa orang berpakaian indian sedang bersembahyang di kuil kuil itu.

Di sekitar tepi gua, ada beberapa meja dengan bunga yang sudah di bikin sedemikian rupa di atasnya. Kemungkinan untuk keperluan sembahyang. Patung patung hindu pun tidak ketinggalan. Terlihat orang orang sedang melakukan perbaikan atau mungkin sedang membangun sesuatu di dalam gua itu.
Setelah jalan lurus terus, di sana di suguhkan tangga ke dua yang tidak begitu susah untuk di turuni atau naiki. Di ujung gua ini, ada salah satu langit gua yang  terbuka lebar dan bisa melihat langit dari dalam gua.
Tempat Wisata Batu Caves di Kuala lumpur, Malaysia
Gua katedral di Batu Caves
Di bawah gua kuil sebelah kanan ada gua namanya Dark Cave. Yup dari namanya sudah kebayangan kan seperti apa gua ini? Tentu tidak seperti gua kuil, yang cukup terang untuk sebuah gua. Para visitor akan di suguhkan pengalaman untuk memasuki nya dengan kegelapan. Tetapi untuk memasuki gua ini kamu harus membayar tiket masuknya dan peralatan yang ada.