Pengalaman, Cara Membuat Visa Inggris Sendiri Dan Langsung Jadi
Kota London, Inggris

Pengalaman, Cara Membuat Visa Inggris Sendiri Dan Langsung JadiProses hanya 18 Hari. Ini adalah pengalaman saya sendiri saat akan membuat Visa Inggris dan tanpa bantuan agent alias proses sendiri. Kalaupun minta bantuan agent, mereka tidak bisa menjanjikan visa akan di dapat. Jadi sama saja sebenarnya jika ingin proses sendiri atau pun lewat bantuan mereka.

Tentu dengan cara memproses sendiri, akan lebih irit  dan tidak perlu membayar ongkos jasa. Tetapi jika kamu tidak punya waktu, tentu jasa pembuatan visa akan membantu kamu. Di bawah ini adalah dokumen dokumen yang saya sediakan untuk membuat visa inggris dari pengalaman saya sendiri saat mendapatkan visa inggris hanya dalam 18 hari.

 Baca juga :

Pengalaman, Cara Membuat Visa Inggris Sendiri Dan Langsung Jadi :

A. Menyiapkan Dokumen Persyaratan Visa  

Untuk mebuat  visa ke UK kita diharuskan membuat akun dan mendaftarkan diri kita di website resmi  mereka. Namun sebelum itu, kita sediakan dulu dokumen dokumen yang kita butuhkan : 

 

1. Paspor

Paspor yang yang masih berlaku minimal 8 bulan terakhir. Jika ada paspor lama di dilampirkan saja biar mereka tahu riwayat perjalaanmu sebelumnya. Paspor yang baru, make sure ada lembar yang kosong untuk menempelkan stiker visanya.
 

2. Foto Paspor ukuran 3,5 x 4,5 cm latar belakang putih

Sebaiknya cek di website mereka jika ada perubahan dalam hal photo.

3. Fotokopi Ktp , Akte kelahiran , Kk ( Translate ke bahasa inggris )
Dulu saya sertakan aslinya juga untuk meyakinkan mereka saja kalau dokumen itu semuanya asli dan benar.
Lebih baik kita lampirkan semua dokumen semaksimal mungkin jika ada.
 

4. Slip gaji dari kantor selama 6 bln

Sudah tahu kan slip gaji? Yaitu sebuah kertas yang menyerupai  seperti cek dengan adanya cap dan label label dari perusahaan yang isinya tentang informasi tentang gajihan bulanan kamu.

Baca juga :

 5. Surat keterangan dari Boss. (Translate ke bahasa inggris)

Yang isinya menyatakan bahwa, anda bekerja di perusahaan ini dan mengijinkan anda liburan ke UK dari tanggal sekian dan meyakinkan bahwa anda akan kembali bekerja di tanggal sekian.
 

6. Bukti rekening koran 6 bln print out

Kalau saya dulu pengeluaran pas di london di ratakan per  1 hari mengeluarkan £10 – £15 ( 180.000 – 272.000 ) itu pun hanya untuk makan 3 kali saja dan belum transportasinya. Jadi £10 ( 180.000 ) x berapa lama kamu disana. Transportasi yg dekat dekat aja pulang pergi, sekitar £6 ( 109.000 ) itu pun sudah memakai  Oyster Card karena lebih irit biaya perjalanan.

7. Surat referensi dari bank

Mintalah surat referensi ini ke bank yang kamu punya. Semua Bank yang kamu punya jika ada.
Biasanya mereka akan dengan senang hati membantu kamu. Dulu saya mendaftarkan salah satu bank saya di jakarta. Tapi karena pas saya  di bali, kantor cabang disini tidak bisa membantu untuk mengeluarkan surat referensi. 
 
Mereka menyarankan saya minta ke asal bank yang membuatkan account saya itu. Lalu saya telpon mereka ( Bank di jakarta ) dan mereka menyuruh saya membuat surat permintaan referensi ke bank tersebut dan mengirim nya ke email mereka. Alhamdulilah ternyata mereka juga bisa pos surat referensinya ke bali tanpa saya harus terbang kesana. Hanya bayar ongkir JNE sama bayar surat tersebut.
Tidak lama sekitar 5 hari surat nya pun datang. Isinya yang menyatakan bahwa nasabah tersebut adalah  nasabah mereka dan mempunyai saldo sekian. Menurut informasi yang saya dapat, liburan ke london minimal kamu mempunyai 60juta ke atas. Tetapi itu semua tergantung berapa lama kamu akan di sana. Jika lama dan berbulan bulan, tentu tabungan harus lebih dari itu.
 

8. Tiket PP ( print out )

Dulu saya belum mempunyai tiket nya karena saya takut visa di tolak biar tidak mubasir. Jadi saya hanya menggunakan Flight Itinerary. Apa itu? Sebuah kertas yang berisikan informasi tanggal pesawat mu pulang pergi. Ini bukan tiket yang sebenarnya ya! Gratis kok kamu bisa minta ke agent agent travel mintalah itinerary tiket pesawat. Mereka pasti akan memberikannya.
Mungkin anda suka :
 

9. Asuransi perjalanan

Inget asuransi seharusnya di sesuaikan berapa lama kamu rencana disana dan sebaiknya kamu lebihi masa nya sedikit, untuk jaga jaga mungkin pesawat delayed atau apa. Dulu saya pakai AIG
Cara Membuat Visa Inggris Sendiri Dan Proses 18 Hari Langsung Jadi
Asuransi dari AIG

10. Surat pernyataan pribadi

Di sini saya tuliskan tujuan saya  kesana mau apa. Bisa di jelaskan sedikit detailnya tapi yang mudah mudah aja ya seperti sightseeing, ingin mengunjungi keajaiban dunia seperti Stonehenge  atau museum di london  seperti museum British Museum
dan visit friends. Lampirkan alamat mereka juga. Jangan bilang mau kerja atau yang aneh aneh ya! Juga  saya menyertakan pekerjaan saya saat itu
 

11. Fotokopi Ktp orang tua

Takutnya mereka pikir saya ke UK buat melarikan diri dari family  or mau jadi imigran gelap, jadi saya  sertakan Ktp orang tua saya.

12. Surat pernyataan dari orang tua

Dan surat pernyataan dari ibu menyatakan bahwa anak ini akan kembali ke indonesia berkumpul dengan keluarga lagi dan menjamin akan kembali ke tanah air. Di beri tanda tangan mereka ya jangan lupa.

13. Tanda booking hotel ( Print out )
Saya tinggal di tempat tinggal teman saya yang ada di london jadi saya lampirkan alamat UK mereka. Juga saya sebutkan alamat tersebut dan nomor tlp mereka di UK di surat pernyatan pribadi saya.
Mungkin anda suka :
14. Ini dokumen tambahan bila ada teman atau keluarga yang menjadi sponsor di london
–  Surat pernyataan dari sponsor
 Menyatakan kamu  akan visit temen / keluarga mu di london dan menjamin kamu selama di london ( tidak akan menjadi imigran gelap setelah visa habis )
–  Fotokopi paspor  sponsor 
–  Surat dari perusahaan 
–  Rekening koran ( 6 bulan )
–  Slip gaji ( 6 bulan ) 
–  Bukti alamat sponsor dan bukti pembayaran bill di alamat tersebut.
 
 Rekomendasi :
Penting !
 
Semua dokumen yang belum berbahasa inggris, harus di translate ke bahasa inggris. Maklum mereka kan tidak bisa bahasa indonesia 😀 Harus pakai jasa penerjemah tersumpah yang biasanya di namakan sworn translator. Pada saat itu saya pakai jasa 2 sworn translator
 
Yang pertama di jakarta yaitu di worldnet translation service 
(worldnet.andrew@gmail.com). Cukup kirim dokumen yang perlu di translate ke email mereka. Pembayaran transfer. Setelah mereka selesai mereka akan kirim  by pos. Mereka juga kirim lewat email.
 
 Yang  ke dua ada di bali, saya pake Sworn and Certified Translator. Karena dulu saya pas tinggal di bali, aku kirimkan saja dokumen yang perlu di translate ke whatsaap mereka.
Saya pakai yang biaya biasa sekitar 1 mingguan. Harga sekitar 90rb an per lembar. Lalu saya ambil sendiri di kantor mereka di denpasar. 

B. Mengajukan Permohonan Visa Online 

Setelah semua dokumen di atas sudah ready, sekarang waktunya buka web mereka di Visa4UK Lalu klik Register an Account > Personal Details >Address Details> Buat password with ur email. Setelah itu tunggu and check email kamu pasti ada email verifikasi yang kamu daftarkan tadi.
 
Setelah  itu balik ke website mereka, log in di Visa4UK Pake email dan pasword yang kamu buat tadi. Isi semua pertanyaan pertanyaan di form itu dengan jelas. Tidak ada yang kosong ya
Kalau sudah selesai, tanda tangani  di akhir form tersebut.
 

C. Membuat Perjanjian Pertemuan Dengan VFS Global 

Setelah menandatangi pernyataan tersebut, selanjutnya bikin perjanjian pertemuan dengan pihak VFS Global. Mereka adalah agent resmi yang bekerja sama dengan kedutaan inggris dalam soal pengurusan visa inggris di indonesia. 
Agent VFS Global hanya ada 2 yaitu di Jakarta dan Bali.
Jakarta ada di kuningan city lantai 2
Bali, di benoa square jl. by pass ngurah rai no.21A, kedonganan, kuta.
 

D. Membayar Biaya Visa

Terakhir pembayaran. Hanya bisa di bayar pake credit card visa atau mastercard saat itu.
 
Persyarat dokumen sudah, aplikasi online sudah, membuat perjanjian sudah, pembayaran visa sudah, sekarang waktunya print out semua formulir visa online yang tadi kamu isi.
 
Rapikan dan kumpulkan bersama dokumen dokumen yang lainnya seperti buku agar rapi dan jelas. Agar mereka pun senang ngecek dokumen kita hehehe Mungkin aja karena rapi, visa di pun terima 😃 
 

E. Mendatangi Kantor VFS Global Sesuai Janji

Saya datang 15 min lebih awal saya tidak mau telat karena ini adalah hari penting. Apalagi kita tidak bisa prediksi trafik di jalan. Lebih awal lebih baik agar kita lebih menyiapkan diri disana lebih baik.
Sesampai saya di sana saya lihat security  cewe  pake seragam rapi bersama meja kecil di depan pas kantor nya. 
 
Saya datangi, saya tanya Apakah ini kantor vfs global buat visa inggris
Security  itu mengganguk  Iyalalu dia minta bukti bahwa saya ada perjanjian hari itu dengan VFS Global dan cek dokumen yang akan saya serahkan. Tidak boleh bawa barang apapun ke dalam kecuali dokumen itu.
But, di sana ada locker kok kamu bisa taruh tas kamu di sana dan ada kunci jadi di jamin aman.
 
Setelah itu kamu masuk ambil nomor antrian. Alhamdulilah pas waktu itu hanya saya saja yang ada di kantor jadi tidak perlu menunggu lama. 
Baca juga tempat wisata popular di inggris :
Petugasnya lalu mengecek semua dokumen, make sure semuanya sudah di fotokopi dan di print out. Kalau ada yang belum di foto kopy, di sana di sediakan mesin fotokopi. Tapi kemungkinan harga nya lebih mahal dari pada kita fotokopi di luar.
 
Dan petugas nya pun tanya kalau saya juga akan menyertakan dokumen yang asli, saya bilang iya, lalu di tulis di selembar kertas, dokumen asli apa saja yang saya lampirkan. Saya tanya apakah dokumen itu semua sudah memenuhi persyaratannya, dia bilang tidak tahu. Jadi intinya mereka hanya mengecek dan tidak bisa membantu atau memprediksi.
 
Mereka pun bilang kalau sekarang tidak ada layanan sms or email untuk mengecek keberadaan paspor kita. Dan dokumen akan di kirim ke thailand.
Lalu mereka suruh saya masuk ke ruangan untuk ambil foto sama sidik jari. 10 sidik jari lho ya! Lalu mereka memberikan secuil kertas sebagai bukti untuk keperluan pengambilan paspor nanti.
 

F. Menunggu 

Contoh visa inggris
Contoh visa inggris
 
18 hari setelah hari perjanjian itu, saya dapat tlp dari kantor VFS Global bahwa paspor sudah ada di bali bisa di ambil besok. 
Next day nya saya datangi kantor dengan tangan yang gemetar dan deg degan saya buka pelan pelan paspor.. Tanpa peduli orang di sekitar, saya tersenyum lebar bahwa visa saya di terima yess!😀 😇 
“Kalau ada pertanyaan silahkan kirim lewat email yang ada di blog bagian bawah ini.” Thank you.
Baca juga Travel Tips :
Itulah share saya tentang pengalaman, cara membuat Visa Inggris sendiri dan langsung jadi. Semoga kamu malah mendapatkannya lebih cepat dari pada saya. Dan saya pakai service yang biasa saat itu. Pokoknya kalau dokumen semua lengkap dan jelas, tidak ada alasan mereka untuk tidak memberikan visa ke kita. Enjoy kota london atau inggris di bagian manapun. Negara ini sangat cantik dan ikonik. Jangan lupa kunjungi tempat tempat wisata terkenal di london..