Koleksi Barang di British Museum London | Kumpulan Artefak Dunia
Mumi
 Koleksi koleksi Barang di British Museum London adalah koleksi yang paling komprehensif di dunia. Dan merupakan kumpulan barang artefak terbesar di dunia. Hampir semua museum yang ada di london, gratis untuk di kunjungi! Salah satu nya yaitu British Museum. Koleksi yang paling terkenal di British Museum ini adalah benda benda kuno seperti mumi dari mesir, dan batu Rosseta.
kunjungan ke british museum, yang megah di london
Depan British Museum / © Reza
British Museum, Yang Megah di London
Ruang masuk di British Museum / © Reza

Di bawah ini adalah beberapa koleksi barang di British Museum london yang merupakan kumpulan artefak dunia antara lain :

 

1. Patung Maussollos dan istrinya Artemisia

Patung maussollos dan istrinya artemisia. Merupakan penguasa caria yang mempunyai gelar raja. Bersamaan dengan kuil Artemis yunani dari Ephesos. Kuil ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno. Tetapi sayang kuil ini telah hancur karena gempa bumi yang berturut turut di abad 12 sampai abad 15.

British Museum, Yang Megah di London
Patung marmer seorang pria dari Mausoleum, di kenal sebagai Mausolus / © Reza

2. Batu Rosseta

Batu ini hanya bisa di jumpai di museum ini saja. Di ukir di 196 BC dan di temukan pada tahun 1799. Batu Rosseta Adalah batu dengan tulisan di dalamnya dengan dua bahasa, yaitu bahasa mesir dan yunani. Di mesir saat itu menggunakan tiga skrip yaitu :

  • Hieroglyphic, yang merupakan skrip yang di gunakan untuk dokumen penting dan religious
  • Demotic yang merupakan skrip umum mesir
  • Yunani atau Greek merupakan bahasa penguasa mesir saat itu
Koleksi Barang di British Museum London | Kumpulan Artefak Dunia
Batu Rosetta / © British museum
Arti dari tulisan yang ada di batu rosseta adalah ” Batu Rosseta adalah teks yang di tulis oleh sekelompok imam di mesir untuk menghormati firaun mesir tersebut. Ini mencantumkan semua hal yang telah di lakukan firaun yang baik untuk para imam dan orang orang mesir”
3. Mumi
Banyak sekali mumi mumi yang di pajang di British Museum. Usia nya ada yang masih anak anak sampai dewasa, laki laki dan perempuan. Kebanyakan mumi mumi ini berasal dari mesir. Seperti sand dried mumi yang berusia 5000 tahun.
ritish Museum, Yang Megah di Lond
© Reza
British Museum, Yang Megah di London
© Reza

Mumi adalah sebuah mayat yang di awetkan agar tidak membusuk, baik dengan cara alami atau pun buatan. Ada beberapa cara untuk mencapainya yaitu menaruh tubuh di tempat yang kering atau dingin, penggunaan bahan kimiawi atau ketiadaan oksigen.

Di mesir kuno pengawetan mayat adalah dengan cara di balsam dengan tujuan pengawetan tertentu. Kenapa banyak sekali mumi mumi dari mesir? Karena orang mesir percaya bahwa tubuh adalah bagian yang sangat penting dalam masa setelah kehidupan.

4. Baju besi samurai dari jepang

Baju besi terbuat di abad 16, helm terbuat di abad 17, dan bagian lainnya di abad 18 sampai abad 19. Baju besi ini di design untuk melindungi badan dari serangan panah. Helm atau kabuto di buat dari baja, besi russet, dan besi di pernis dengan bahan kulit. Model rok, potongan bahu, dan pelindung leher (seperti yang di gambar), supaya bisa bergerak bebas.

British Museum, Yang Megah di London
© Flickr
 5. Penemuan Sutton hoo

Adalah Helm Anglo Saxon yang di temukan pada tahun 1939 sebelum pecahnya perang dunia kedua, selama penggalian pemakaman di Sutton Hoo yaitu di inggris timur. Merupakan kuburan kapal yang kemungkinan dari abad 7.

Helm ini yang di yakini sebagai helm King Raedwald dari east anglia. Merupakan penemuan arkeologi yang paling spektakuler yang pernah di temukan. Selain helm, di temukan juga harta karun seperti perhiasan, koin, pedang dan banyak lagi.

Koleksi Barang di British Museum London | Kumpulan Artefak Dunia
© Flickr

Barang barang dari Arkeolog, Antropolis, Seni Visual, dan Sains, adalah koleksi Barang di British Museum ini. Museum yang letaknya di bloomsbury london ini di dirikan pada tahun 1753 oleh Sir Hans Sloane. Dengan koleksi permanennya yaitu lebih dari 7 juta barang yang di pamerkan dari seluruh dunia.

                   

Baca juga :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here