Stonehenge
Stonehenge, Keajaiban Dunia di Inggris dan jalur di perjalanan. Stonehenge adalah salah satu keajaiban dunia yang ada di Inggris yang penuh misteri. Merupakan Batu batu besar yang berdiri secara melingkar seperti cincin yang terdapat di dataran salisbury yang kosong dan merupakan bangunan megalitik tertua di bumi.
Kami berencana untuk drive saja karena saya malas harus naik train dan harus ganti beberapa stasiun. Tapi jangan takut kalau kamu tidak pemales kaya saya, cara paling gampang naik kereta dari london, yaitu kereta dari Waterloo langsung ke jurusan salisbury, terus naik Stonehenge tour bus dari sana, dan langsung ke Stonehengenya.

 

Dan jangan lupa, pakailah Oyster Card supaya ongkos kereta lebih murah, daripada membelinya single tiket. Masalah tiket lebih baik kita beli online sebelum kita melakukan perjalanan jadi kita terjamin bisa masuk ke area Stonehenge. Karena saya dengar mereka melakukan tiket limited jika ingin membelinya langsung di counter sana.

Stonehenge, Keajaiban Dunia di Inggris ini  tepatnya ada di Amesbury, salisbury, Inggris Sekitar dua jam lebih drive dari london.

Semakin jauh tempat yang kami lewati semakin berkabut. Maklum karena tempatnya memang melewati perbukitan. Perkebunan gandum dan peternakan domba? (not sure) sering terlihat di jalur perjalanan. 
Stonehenge, Keajaiban Dunia di Inggris Dan pemandangan di Perjalanan
Perkebunan gandum
Akhirnya sekitar dua jam lebih kami memasuki daerah Stonehenge. Cuaca tidak begitu mendukung tetapi lumayan lah karena tidak sampai hujan. Terlihat kosong tanpa bangunan apapun di sekitar Stonehenge, keajaiban dunia di inggris ini.
Stonehenge, Keajaiban Dunia di Inggris
Memasuki wilayah Stonehenge
Sesampai  di sana, kami di arahkan naik bus mini, seperti yang ada di kebun kebun binatang menuju ke kumpulan batu besar Stonehenge karena letaknya di tengah tengah padang rumput.

 

Terdapat jalan setapak ukuran sedang yang berbelok belok kira kira lebar 2 meteran yang disediakan untuk para pengunjung mengelilingi batu besar Stonehenge. Dipagar dengan  tali supaya orang orang tidak bisa mendekat terlalu dekat. Mungkin di buat seperti itu tujuannya agar batu ini tidak rusak oleh sentuhan para pengunjung.

STONEHENGE keajaiban dunia di inggris batu besar penuh misteri. wajib baca
Jalan setapak menuju Stonehenge yang berada di tengah tengah padang rumput
Akhirnya mereka ada di depan mata saya!! Saya terdiam dan kagum melihat batu batu besar Stonehenge ini. Di waktu yang sama, saya teringat pas waktu kecil masih duduk di SD dan guru saya mengajarkan sejarah tentang batu Stonehenge, keajaiban dunia di inggris ini.
Kenapa Stonehenge, keajaiban dunia di inggris ini sangat populer? Karena lingkaran batu ini di selimuti banyak misteri. Belum ada ahli arkeolog yang bisa memecahkan misteri bagaimana batu batu ini datang dan di tata melingkar seperti matahari. Di bangun secara bertahap antara 3000 BC dan 1500 BC yang mencangkup periode neolitik sampai ke jaman perunggu.
STONEHENGE. batu besar penuh misteri. wajib baca
Me, lagi action di depan Stonehenge ;P

Para ahli bilang 1 batu saja beratnya  24 tons besar. Ada dua jenis batu utama yang di gunakan, yaitu batu yang besar namanya Sandstone, dan batuan beku yang kecil namanya Bluestones. Batu batuan ini di ketahui di abad 16 yang berasal dari marlborough 30 km dari letak Stonehenge. Jadi para ahli mengirakan mereka membawa batu batuan ini dari marlborough.

Stonehenge, keajaiban dunia di inggris dan jalur perjalanan
Batu Stonehenge yang sudah berantakan
 Lingkaran batuan Stonehenge sekarang sudah tidak lagi melingkar rapi seperti dulu. Sekarang sudah sedikit berantakan namun masih terlihat melingkar.

Di sekitar lingkaran batu Stonehenge, disana juga ada batu misterius lainnya. Namanya Batu Tumit atau inggrisnya the Heel Stone. Ada cerita rakyat tentang batu ini. Konon batu ini di bawa oleh setan dari seorang wanita irlandia. Dia membungkusnya dan membawanya ke dataran salisbury. Dan salah satu batu tersebut jatuh ke sungai Avon, lalu yang tersisa dibawa ke dataran ini. Setan itupun berteriak,” Tidak seorang pun akan tahu bagaimana batu ini ada di sini!”

Lalu seorang pendeta pun menjawab setan itu, ” Itu yang kau pikirkan!” Mungkin karena setan itu marah, setan itu melemparkan salah satu batu itu ke arah pendeta itu dan mengenai tumitnya. Lalu batu itu menancap di tanah ini dan berada di tempat ini  hingga saat ini.

Batu Besar Stonehenge di Inggris yang Penuh Misteri.
The Heel Stone
Menurut penelitian, The Heel Stone menancap ke bawah tanah dengan kedalaman 1,2 meter lebih. Dan berdiri secara miring dengan 27 derajat ke arah barat daya.
Baca juga :